Masalah para orang tua di era kekinian salah satunya adalah sang anak yang gemar bermain game.

Apalagi kalau sudah kecanduan, bisa menjadi ancaman besar bagi kesehatan fisik dan mentalnya. Anak akan malas bersosialisasi dan cenderung lebih suka bermain game.

Tapi, jangan khawatir. Ada juga game yang mendidik. Justru baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Berikut daftar sepuluh game terbaik yang bikin otak cerdas.

1Asah IQ

play.google.com

Game asah IQ merupakan game yang cocok untuk anak berusia 0-5 tahun atau masa golden age. Pertumbuhan IQ anak pada masa ini mencapai 50%, sehingga dibutuhkan stimulus yang sesuai.

Game asah IQ inilah yang dinilai sesuai bagi perkembangan otak anak. Game tersebut dinilai mampu menstimulus otak secara maksimal.

2Asah Otak

play.google.com

Apakah anak-anak kamu sudah menginjak usia 3-7 tahun? Game asah otak ini pas banget buat mereka. Usia 3-7 tahun merupakan usia preschool. Dimana pada usia tersebut, sang anak sedang mengasah daya ingat dan konsentrasinya.

Salah satu jenis permainannya yakni memasangkan gambar-gambar dalam kotak tertutup, belajar angka, huruf, sampai huruf hijaiyah. Ada juga beberapa permainan yang melatih anak untuk mengenal makanan, buah, dan bangun datar.

3Cerita 25 Nabi

play.google.com

Pelajaran agama Islam sejak dini juga diaplikasikan dalam bentuk game. Game ini berisi tentang kisah 25 nabi.

Kamu bisa memanfaatkan game kisah 25 nabi sebagai pengantar tidur anak-anak. Sedikit banyak mereka akan mengambil hikmah dari perjalanan para nabi dalam menegakkan ajaran Islam.

4Game Panda

play.google.com

Game ini ditujukan untuk anak usia 3-8 tahun. Permainan yang dimainkan yaitu membantu panda menyeberang sungai dengan membuat garis sebagai bambu titian. Inilah tantangan bagi para pemain game.

5Game Anak Lucu

play.google.com

Ingin mengasah daya ingat anak? Cobalah berikan game anak lucu. Game ini dikemas dengan menarik lewat gambar-gambar unik yang sangat mudah diingat oleh anak. Gambar-gambar tersebut diantaranya, gambar hewan, huruf, buah, dan jenis kendaraan.

6Game Anak PAUD

tekpend-production.blogspot.com

Game yang satu ini memang dibuat untuk anak usia PAUD dan TK atau mereka yang usianya sekitar 3-6 tahun.

Dalam game tersebut, kamu akan diajarkan tentang cara menyusun sebuah puzzle. Puzzle itu berupa pecahan yang kemudian harus disatukan menjadi gambar utuh.

7Kid Games

play.google.com

Sama seperti game sebelumnya di atas, Kid Game ini juga mengajarkan bagaimana menyusun pecahan puzzle. Puzzle ditampilkan dalam bentuk gambar menarik dan penuh warna sehingga menyenangkan bagi si anak ketika memainkannya.

8Game Logika

play.google.com

Anak usia 3 sampai 7 tahun cocok memainkan game ini. Game disajikan dalam bentuk potongan puzzle untuk memperkenalkan macam-macam huruf, hewan, angka, dan buah.

Tujuan game logika yakni untuk mengasah otak dan melatih daya ingat anak. Dengan adanya riasan warna yang detil, anak akan lebih mudah mengingat benda-benda yang diperkenalkan kepadanya.

9Game Puzzle

play.google.com

Inilah game yang didesain khusus untuk anak-anak Indonesia. Ada banyak gambar hewan lucu yang dikenalkan dalam bahasa Indonesia.

Imajinasi, kreativitas dan pengetahuan anak akan berkembang ketika bermain game puzzle. Di samping itu, game puzzle juga disajikan dalam dua bahasa lainnya, Inggris dan Jepang.

Si anak bebas memilih bahasa yang mereka kuasai. Bahkan jika kamu ingin melatih kemampuan bahasa Inggris mereka, game ini adalah pilihan tepat.

10Raja Kuis

intaimagazineweb.blogspot.com

Game kali ini bertema kumpulan kuis menarik. Cocok dimainkan anak usia 9 tahun ke atas. Berbagai pertanyaan yang dilontarkan dalam kuisnya akan menambah pengetahuan dan wawasan anak.

Demikian tadi beberapa game yang bisa kamu manfaatkan untuk mengasah perkembangan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat.

SHARE