Satu jam pertama di awal memulai pekerjaan adalah waktu krusial yang menentukan kesuksesanmu sepanjang hari. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar satu jam pertamamu benar-benar produktif.

1Hentikan Kebiasaan Mengecek Akun Sosial Mediamu

uceng999.com

Buat kamu yang memiliki akun sosial media, mengecek akun sesaat setelah sampai di tempat kerja merupakan hal yang pantas untuk dipertimbangkan kembali. Membuka akun sosial media kemudian membalasnya satu per satu tampaknya produktif.

Namun hal ini dapat mengalihkan perhatianmu dari pekerjaan utamamu. Bisa-bisa kamu menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk melihat dan membalas setiap pesan yang kamu dapatkan. Yakinlah, jika ada hal penting dan membutuhkan responmu. Orang lain akan segera menelponmu.

2Memanjatkan Rasa Syukur

friendofgodminidtry.wordpress.com

Orang-orang sukses memiliki kebiasaan memberikan waktu antara 10 hingga 30 menit dari satu jam pertama mereka untuk mengucapkan rasa syukur atas segala hal yang telah mereka dapatkan.

Selanjutnya, mereka akan membayangkan tujuan apa yang ingin mereka raih. Kamu pun dapat melakukannya. Dengan cara ini, kamu dapat menjalani sisa hari dengan penuh semangat tanpa dihinggapi rasa malas.

3Memberikan Penghargaan Pagi Diri Sendiri

efektips.com

Apa hal ringan yang kamu sukai? Mendengarkan musik mungkin? Atau minum secangkir kopi seduh panas di pagi hari?

Cobalah untuk melakukan hal yang kamu sukai. Ini merupakan cara memberi penghargaan bagi dirimu sendiri untuk kesuksesan kecilmu. Kamu telah berhasil mengalahkan kemalasanmu untuk berangkat kerja hari ini.

4Menyelesaikan Pekerjaan Tersulit dan Terberat

jobstreet.com

Energi di pagi hari menimbulkan semangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang berat. Hal ini cukup efektif untuk hal-hal yang paling membuatmu malas. Dengan menyelesaikan pekerjaan berat dan tidak kamu sukai di awal hari, membuatmu lebih ringan melewati sisa hari.

Tips yang bisa kamu lakukan. Siapkan bahan yang dapat mendukung penyelesaian pekerjaan tersebut di hari sebelumnya. Kemudian tuliskan pekerjaan tersebut sebagai pengingat di awal hari. Letakkan di meja kerjamu atau di tempat yang mudah terlihat.

5Kontemplasi Atas Pekerjaanmu Sekarang

irvanrahman.wordpress.com

Kontemplasi di awal memulai pekerjaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Bahkan salah seorang konsultan karir ternama pernah mengatakan, jika di setiap awal memulai pekerjaan kamu merasa tidak bahagia. Ada baiknya kamu segera memilih jalan lain menuju kesusksesanmu.

Karena hanya ada dua pilihan dalam pekerjaan agar berdampak optimal pada kehidupanmu. Cintai pekerjaanmu atau kerjakan apa yang kamu cintai.

6Merencanakan Hari

assets.investmentu.com

Pernahkah kamu merasa waktumu berjalan dengan cepat tanpa kamu sadari?

Terkadang kita lupa untuk merencakan dan mempertimbangkan penggunaan waktu dalam satu hari. Maka mulai sekarang kamu perlu membuat perencanaan waktu di awal hari. Tulis rencanamu di hari itu dalam setiap jam. Bila perlu perbaharui jadwalmu di tengah hari.

7Tunda Rapatmu di Pagi Hari

mr-doanx.blogspot.com

Sangat disayangkan jika waktu kerjamu di awal hari kamu habiskan untuk rapat. Sebaiknya energi dan stamina di awal hari dapat kamu manfaatkan untuk pekerjaan yang membutuhkan fokus lebih besar. Kemudian rapat dapat kamu agendakan pada siang atau sore hari.

8Tunda Menyelesaikan Masalah dengan Rekan Kerja

brighterlifeindonesia.file.wordpress.com

Jangan pernah menyelesaikan masalah dengan rekan sejawat atau atasanmu sesaat setelah kamu sampai di kantor. Apalagi di pagi hari. Tahanlah diri terlebih dahulu untuk tidak langsung menyelesaikannya. Membahas persoalan personal dengan rekan kerja menghabiskan energi yang tidak sedikit.

Ditambah lagi orang yang baru sampai di kantor di pagi hari seringkali masih terbebani stress dari rumah atau saat perjalanan menuju kantor. Bisa-bisa kamu yang akan menjadi tempat meluapkan kekesalan rekan kerjamu akibat stress sebelumnya. Bukannya menyelesaikan masalah. Namun justru dapat memperpanjang masalah.

9Menyapa Rekan Kerja

infojakarta.net

Menunjukkan rasa empati terhadap lingkungan dan rekan kerja dapat memberikan pengaruh positif yang berarti bagi karirmu. Menyapa atasan, rekan sejawat, hingga office boy di tempat kerjamu merupakan hal mudah yang akan berdampak baik dalam jangka panjang.

Jika mereka selalu merasa diperhatikan. Maka suatu saat dimana kamu mendapatkan kesulitan. Mereka akan siap membantumu.

10Melakukan Hal yang Membuatmu Rileks

techlife.co.id

Ketenangan dengan bersantai di awal hari bisa menjadikanmu memiliki pikiran yang jernih. Hal itu akan membuatmu lebih siap menghadapi masalah yang mungkin muncul di hari itu.

Kamu bisa jalan santai sembari bercengkerama bersama keluarga di wilayah tempat tinggalmu. Olah nafas atau meditasi sederhana. Bahkan bagi sebagian orang, membaca ayat suci juga dapat menjadi cara efektif untuk menjadikannya rileks.