10 Poster Kampanye Cerdas Yang Menyindir Pengguna Transportasi Publik Yang Egois

Posted on

Pernahkah kamu merasa kesal dengan orang yang di kereta mengambil tempat duduk terlalu luas dari yang seharusnya? Atau pernahkah kamu berpapasan dengan sejumlah alay yang jalan secara bergerombol sambil menutup seluruh jalan? Empati, itu tampaknya yang kurang dimiliki oleh orang yang mendzolimi pengguna fasilitas publik lainnya.

Sebuah kampanye cerdas di Prancis baru-baru ini diluncurkan untuk membangun kesadaran pengguna fasilitas umum, khususnya fasilitas transportasi. Kampanye ini berusahan menyadarkan para pengguna fasilitas umum agar sadar bahwa mereka harus punya empati ketika berada di ruang publik. Orang yang tidak punya empati di ruang publik disindir kampanye ini sebagai orang dengan perilaku yang tidak ubahnya seperti hewan.

“Hewan” yang manakah yang paling sering kamu temui di fasilitas umum? Kalau yang nomer 5 sih gak cuma ngerugiin waktu orang lain, tapi juga ngebahayain nyawa sendiri. Setuju gak?

Duduk Makan Tempat Orang Lain

Ini sering banget ditemuin di kereta. Pernahkah kamu ngeliat orang yang pantat nya makan tempat untuk 2 orang? Wah, ngeselin banget tuh ya. Udah gitu kaki diselonjorin, waduh, kasian nanti yang lewat depan dia bisa kesandung tuh.

etika komuter 9
via ratp.fr

Berdiri Bejejer Ngalangin Orang Lewat

Biasanya cuma alay yang ngelakuin hal seperti ini. Kalau kamu jalan bersama teman-temanmu, jangan jadi kaya alay ya. Sediakan cukup ruang untuk orang yang memang ingin jalan cepat dan sedang terburu-buru.

etika komuter 2
via ratp.fr

Menghalangi Orang Mau Turun Kereta

Ingat hukum umumnya, dahulukan orang yang mau turun. Jangan berdiri menghalangi orang yang mau turun dari transportasi umum.

etika komuter 1
via ratp.fr

Bawaan Barang Yang Berlebihan

Bagi anker (anak kereta), tentu hal ini sudah menjadi kesepakatan umum: Tas digembol ke depan. Pertama, untuk keamanan. Bukan rahasia umum lagi, untuk mencegah penyiletan tas oleh para copet maka tas taruh di depan. Selain itu, jika tas tetap digembol ke belakang, maka besar kemungkinan akan menyenggol-nyenggol pengguna kereta yang lain.

etika komuter
via ratp.fr

Mengganjal Pintu Kereta

Ketinggalan kereta kadang sangat mengesalkan. Tapi mengejar kereta yang sudah hampir jalan itu sama dengan membahayakan diri sendiri lho. etika komuter 4

Mengotori Fasilitas Publik

Fasilitas publik itu untuk dijaga kebersihannya, bukan malah dikotori. Kalau orang suka mengotori tempat umum, ya kaya hewan di gambar ini. Hehe..

etika komuter 3Hindari Kebiasaan Nyerobot

Ingat, yang ingin cepat bukan kamu aja. Yang lain juga lho..

etika komuter 5 Suara.. Jaga Suaramu..

etika komuter 6 Meludah di Jalan

Jangankan orang lain, kamu aja segen dengan ludah kamu sendiri. Gak cuma ludah, permen karet dan limbah lainnya harusnya ditempatkan pada tempatnya.

etika komuter 7Betingkah di Fasilitas Umum

Kadang-kadang, alay ingin merasa keren dengan betingkah di fasilitas umum. Misalnya saja seperti orang yang melompati pintu masuk kereta ini.

etika komuter 8 Nah, begitulah kampanye cerdas terkait penggunaan fasilitas umum, khususnya fasilitas transportasi. Media Prancis ini menggarisbawahi satu frasa yang diulang-ulang di tiap posternya “Let’s stay human on public transport”. Tetaplah menjadi manusia saat menggunakan transportasi umum, jangan jadi hewan, apalagi dedemit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *