Astaga, tidak terasa beberapa hari lagi tahun baru! Dari sekian banyak resolusi yang dibuat pada awal tahun 2016, ada berapa yang berhasil kamu capai? Bagi yang berhasil mencapai sebagian besar bucket list tahun ini, selamat ya! Bagi yang belum jangan khawatir, hidup memang tidak bisa diduga maka nikmati saja dan tutup tahun ini dengan penuh syukur. Bicara tentang tahun baru, bagi kamu-kamu yang menjejak di tanah air tercinta berikut adalah 10 tempat terbaik di Indonesia untuk merayakan malam tahun baru:

Jakarta

Cloud Lounge & Dining

Makan malam spesial ditemani pemandangan kota Jakarta yang indah pada malam tahun baru, dilanjutkan dengan bersantai dan berjoget pelan di atas atap hingga countdown. Jika itu terdengar oke buat kamu, maka Cloud Lounge & Dining yang berada di Jalan Thamrin cocok sekali sebagai tempat untuk merayakan tahun baru. Terletak di atap gedung The Plaza, tepatnya lantai 49, sebelum countdown kamu bisa menikmati set fine dining spesial yang terdiri atas 3 course meal dan segelas Moët & Chandon Champagne dengan harga 500 ribu rupiah++. Setelah itu dengan tambahan 350 ribu rupiah kamu bisa bersantai di lounge yang terkenal sebagai salah satu rooftop lounge Jakarta dengan pemandangan terbaik, melihat kembang api dan berjoget hingga puas. Kalau lapar bisa pesan makanan lagi, hehe! Sebagai catatan tambahan, Cloud Lounge & Dining memang tidak punya dress code tapi melihat tempatnya yang high class sebaiknya kamu tidak memakai sandal jepit dan tampil rapi.

Lucy in the Sky

Sempat ditutup oleh gubernur kita Pak Ahok karena mengganggu ketenangan warga khususnya penghuni Sudirman Mansion, entah bagaimana tempat gaul anak muda ini masih beroperasi. Mungkin manajernya sudah memasang peredam suara, syukurlah! Sayang sekali kalau rooftop club yang terletak di SCBD Lot 14 ini tutup, pasalnya tempat ini sangat indah dan teduh bagaikan sebuah hutan di tengah-tengah kota Jakarta yang sumpek dan berpolusi. Lucy in the Sky bagaikan rumah kaca, dekorasinya bernuansa tropis dengan bumbung yang terbuat dari kaca, kalau datang pada malam hari bisa dinner ditemani bintang, apalagi kalau tahun baru. Bisa lihat kembang api juga! Banyak expat datang ke sini karena nuansanya yang eksotis, jadi kalau kamu ingin membawa teman-teman bule yang belum lama sampai di Jakarta untuk countdown 2017, ‘Lucy’s Glitterific Countdown’ adalah salah satu pilihan terbaik. Dress code di sini kasual, untuk tanggal 31 Desember pesta dimulai dari jam 10 malam.

Dragonfly

Nah, bagi kamu-kamu yang mau bebas berjoget dan puas-puasan berpesta hingga subuh saat malam tahun baru, klub yang satu ini sangat terkenal dengan kehidupan malamnya. Dragonfly adalah salah satu klub paling ciamik di Jakarta, di sini kamu bisa menemukan banyak expat dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Hongkong, golongan eksekutif, model dan sosialita. Maklum, klub yang satu ini sering mengundang banyak DJ internasional seperti David Guetta, Dubfire, Steve Angello dan Ingrosso. Untuk masuk ke sini kamu harus berpakaian rapi dan modis, tidak boleh pakai celana pendek, jeans belel, kaos atau sandal. Pada malam tahun baru ini, Dragonfly mengadakan acara khusus ‘Spectrum NYE’17’ ditemani dengan DJ THROTTLE dan in house DJs, tiket masuknya 400 ribu rupiah. Psst, tempat ini juga terkenal dengan prostitusinya, so ladies jaga minuman dan diri kalian baik-baik saat di sana!

Ancol

Merayakan malam tahun baru bersama keluarga dengan budget yang terbatas? Ke Ancol saja! Tanggal 31 Desember 2016 ini stasiun televisi SCTV mengadakan ‘Gempita 2017’ di mana kamu bisa menyaksikan pertunjukan musik musisi-musisi besar tanah air seperti Noah, Geisha, Setia Band, Silvy Kitty dan lain-lain. Selain itu, akan ada juga pesta kembang api terbesar dan pertunjukan LED panggung terapung di Pantai Ancol Lagoon Pentas, tar-tari nusantara seperti Tari Reog Ponorogo dan Tari Kecak di Pasar Seni Ancol. Oh ya, bisa jadi kamu ikut tersorot masuk TV karena acara ini adalah siaran langsung!

Bali

Old Man’s

Bali memang terkenal dengan pantai dan kehidupan malamnya, jadi kalau kamu mau merayakan malam tahun baru di sana pastikan kamu pergi ke tempat-tempat gaul yang berada di pinggir pantai, salah satunya adalah Old Man’s. Kalau kamu adalah tipe orang yang artistik, hipster dan suka nongkrong di tepi pantai, Old Man’s yang terletak di Jl.Batu Bolong, Canggu membolehkan kamu masuk meskipun memakai celana pendek dan singlet. Suasana di Old Man’s santai sekali, penuh dengan kanopi berwarna-warni, atap jerami, kursi-kursi meja kayu di pinggir pantai dan tidak ketinggalan DJ dengan musik yang oke! Merayakan malam tahun baru bersama keluarga, teman atau sendiri di Old Man’s memungkinkan kamu untuk bersantai atau berjoget ria. Kalau kamu datang sendiri, jangan lupa untuk berkenalan dengan turis-turis di sana untuk menambah teman baru!

Potato Head Beach Club

Nah, klub yang satu ini rajanya pesta, populer sebagai salah satu tempat yang mengadakan pesta perayaan tahun baru terbaik di Asia Tenggara. Pada akhir tahun ini, Potato Head Beach Club yang terletak di Jl.Petitenget, Seminyak, mengadakan ‘NYE Tropical Fire Dance’ yang dimulai pada jam 4.30 sore dsebagai penanda senja terakhir di tahun 2016 ditemani dengan in house DJs Marc Roberts (UK), Paul T (UK) dan Dean Dixon (Aus). Yang menjadi highlight acara pada tahun ini adalah pertunjukan bass dan drum paling inovatif dari Inggris yang sedang nge-tren saat ini, Rundimental. Rundimental telah memenangkan beberapa penghargaan berharga dan dikutip sebagai “band festival musim panas” oleh BBC.

Drunken Monkeyz

Kalau tahun-tahun sebelumnya kamu merayakan malam tahun baru di kafe, klub atau di rumah, bagaimana kalau tahun ini kamu mencoba sesuatu yang beda seperti pesta tahun baru di atas kapal pesiar? Rasakan sensasi pesta tahun baru di atas kapal pesiar Drunken Monkeyz! Drunken Monkeyz adalah kapal pesiar bintang lima di mana kamu bisa berpesta mengenakan bikini dan celana renang ditemani DJ dan champagne seperti selebriti, dijamin seru dan merupakan sebuah pengalaman yang harus kamu coba! Untuk tahun ini, pesta malam tahun baru diadakan dari jam 1 siang hingga 7 malam. Harga tiketnya mulai dari USD58 (sekitar 750 ribu rupiah) untuk kelas biasa, USD462 untuk VIP dan USD578 untu VIP Deluxe. Dengan tiket kelas biasa kamu sudah mendapatkan jemputan ke dan dari kapal, 1 welcome champagne atau welcome drink, champagne shower, batas waktu 5 jam untuk berpesta, bersiar dengan kapal mengelilingi Bali, shot gratis selama perjalanan, berenang di Serangan (yup, kapal akan berhenti dan  kamu bisa melompat dari atas kapal untuk berenang!), berjoget ditemani DJ-DJ ciamik serta menikmati matahari terbenam dari atas kapal pesiar. Wuiiih, seru sekali ya?

Bandung

Banyak yang bilang kota Bandung pada malam tahun baru sumpek dan macet karena warga Jakarta berbondong-bondong pergi ke sana. Menurut para Bandung-ers, banyak yang menyarankan untuk merayakan malam tahun baru di hotel atau resort supaya tidak terjebak macet. Jadi, inilah beberapa tempat penginapan oke di Bandung yang saya sarankan untuk malam spesial tahun ini:

Sapulidi Sawah Café Resort Gallery

Setelah 365 hari bekerja dan tinggal di kota, bagaimana kalau malam tahun baru kali ini kamu ‘ndeso’ alias masuk kampung? Sapulidi Sawah Café Resort Gallery adalah salah satu tempat penginapan di Bandung yang unik, banyak orang dari luar kota datang ke sini untuk merasakan tinggal di kamar beratap jerami di tengah-tengah sawah atau di atas danau. Kalau kamu memilih kamar yang terletak di tengah-tengah danau, kamu harus naik perahu kecil untuk sampai di sana. Kamar mandi yang disediakan resor ini merupakan kamar mandi terbuka, kamu bisa berendam di dalam bath tub tradisional sambil menikmati langit dan hembusan angina sepoi-sepoi! Sebagai catatan, saat saya bilang ‘ndeso’ artinya resor ini betul-betul ala pedesaan. Danau yang saya sebutkan warna airnya seperti air kali, perabotan di sini terbuat dari kayu dan makanan yang disajikan betul-betul tradisional. Seru juga sih untuk menginap 1-2 malam!

Belle Vue Café (GH Universal Hotel)

Mau menikmati malam tahun baru seperti di Eropa? Tidak usah pergi jauh-jauh, datang saja ke GH Universal Hotel di Bandung! Hotel yang satu ini dibangun dengan arsitektur bergaya Eropa classic Renaissance, sangat cantik dan elegan. Di dalam hotel ini, tepatnya lantai 5, ada café yang menyediakan makanan Italia dan Perancis, namanya Belle Vue Café. Selain menyantap makanan yang enak, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Bandung yang indah seluas 180 derajat ditemani angin sepoi-sepoi. Merasa kedinginan? Jangan khawatir, pelayan di sana sudah menyiapkan selimut jadi kamu akan tetap merasa hangat selama makan di sana. Restoran ini sangat romantis, cocok didatangi bersama pasangan.

Lutung Kasarung (Dusun Bambu)

Restoran yang satu ini sangat unik karena membuat kamu bagaikan berada dalam sebuah sangkar burung di atas pohon. Lutung Kasarung terletak di dalam Dusun Bambu, sebuah ekowisata seluas 15 hektar dalam bentuk konservasi bambu. Kalau di Maldives dan Thailand ada Treepod Dining, yaitu restoran yang setiap mejanya terletak di atas pohon, di Bandung ada Lutung Kasarung. Perbedaannya, untuk mencapai meja di Lutung Kasarung lebih mudah dan aman karena setiap ‘sangkar’ dihubungkan dengan jembatan kayu yang kokoh. Selain itu, ‘sangkar’ di sini dilengkapi dengan atap dan merupakan ruangan berpintu yang terbuat dari kaca, jadi kamu memiliki privasi saat makan dan terlindung dari panasnya matahari atau hujan. Setelah makan kamu juga bisa jalan-jalan di daerah sekitar Dusun Bambu, berfoto-foto ria dan menikmati jajanan tradisional.

Bagaimana, sudah memutuskan ingin ke mana saat malam tahun baru? Gunakan kupon uber ini untuk berhemat. Selamat tahun baru 2017!

 

 

 

 

 

SHARE
Theresia Clara aka Clara adalah seorang gadis petite dengan moto hidup "do what you love to do".