Kamu punya hobi memasak? Ulasan ini cocok sekali untuk kamu yang hobi berkutat di dapur. Ada 11 hal yang sebenarnya sangat sederhana tapi sering kamu abaikan.

Mungkin kamu sadar bahwa hal-hal tersebut membuat suasana dapur tidak nyaman, namun kamu tetap melakukannya. Coba deh, telaah lagi hal-hal berikut agar acara memasak dan segala aktivitasmu di dapur tidak terganggu.

Yuk, simak!

1Kupas Telur yang Masih Panas

gladisberitagar.id

Mengupas telur kelihatannya memang mudah. Tapi, bagaimana jika telur yang akan dikupas itu masih panas?

Tidak perlu bingung, guys. Cukup celupkan telur ke dalam air es, lalu diamkan beberapa saat. Nah, setelah itu cangkang telur nantinya akan mudah terkelupas.

2Tip Menggoreng Cabai

rubeshandayani.wordpress.com

Apakah kamu termasuk orang yang fobia saat menggoreng cabai? Cobalah lukai atau tusuk cabai menggunakan pisau sebelum digoreng. Dijamin, cabai tidak akan meletup-letup ketika digoreng.

3Tips Membilas Sayur

panduanhidupsehat.com

Banyak orang menganggap bahwa membilas sayur cukup dengan menggunakan air saja. Padahal, cara seperti itu belum bisa membasmi binatang-binatang kecil yang bersembunyi dalam sayuran.

Agar sayur bersih sempurna, berikan satu sendok garam pada bilasan pertama. Diamkan sayur tersebut beberapa menit. Setelah itu, baru dibilas seperti biasanya.

Garam ini fungsinya untuk membasmi binatang kecil seperti lintah, cacing, ulat, dan keong.

4Mengawetkan Tahu Secara Alami

dea-diario.blogspot.com

Ingin tahu lebih tahan lama saat disimpan? Cucilah tahu menggunakan air sampai bersih. Lalu siram tahu dengan air panas. Setelah itu, gunakan tisu untuk mengelap tahu.

Masukan tahu ke dalam rantang atau wadah, kemudian tutup rapat. Kalau sudah, simpanlah dalam kulkas. Daya tahan tahu kurang lebih satu minggu jika kualitasnya bagus.

5Mendeteksi Telur Busuk

wikihow.com

Cara mendeteksi telur busuk sangat mudah. Cukup rendam telur ke dalam air. Jika telur mengapung, artinya telur tersebut sudah busuk. Sebaliknya, apabila telur tenggelam, maka telur masih bisa dikonsumsi.

6Suhu Telur Untuk Bahan Kue

firyalt.kblogspot.cim

Hal ini seringkali dilupakan oleh sebagian orang yang ingin membuat kue. Telur untuk bahan kue tidak boleh dalam kondisi dingin.

Pastikan telur berada pada suhu ruangan yang stabil. Kalau kamu menggunakan telur yang dingin, adonan tidak akan mengembang.

7Tips Mencegah Sayur Busuk Dalam Kulkas

nuga.co

Kalau kamu ingin menyimpan sayur dalam kulkas, keluarkan dulu semua sayuran dari dalam pembungkus yang berupa kresek atau plastik. Cara ini dilakukan untuk mencegah genangan embun pada sayur.

Sayur yang mengembun atau lembab ketika di dalam plastik akan mudah busuk. Jika tetap ingin menggunakan pembungkus, kamu bisa memanfaatkan koran atau majalah bekas.

8Menghilangkan Bau Dalam Kulkas

nocamels.com

Kentang ternyata bisa menetralisir bau tidak sedap di dalam kulkas, lho. Caranya gampang, cukup belah kentang dan selipkan di rak kulkas. Hasilnya, kulkasmu jadi bebas bau.

9Wajan Khusus Ikan

youtube.com

Peraturan ini jangan sampai kamu abaikan. Gunakan wajan khusus saat menggoreng ikan. Kalau kamu memakai wajan yang biasa untuk menumis, ikan pasti akan hancur dan lengket ketika digoreng.

10Cara Nyaman Mengiris Bawang

youtube.com

Kamu pasti sering merasakan pedih saat mengiris bawang merah. Bahkan ada yang sampai menangis.

Cobalah meletakan garam dalam sebuah wadah di sebelah talenan. Cara seperti ini dipercaya mampu menghilangkan rasa pedih di mata ketika mengupas dan mengiris bawang merah.

11Membasmi Kutu Beras

agroindonesia.co.id

Kutu beras sangat senang merubungi beras yang sudah lama disimpan namun tidak digunakan. Kamu bisa membasmi kutu ini dengan kopi bubuk. Kopi bubuk sangat tidak disukai oleh kutu beras.

Cara mengaplikasikannya mudah, cukup letakan sebungkus plastik yang isinya kopi bubuk di dalam beras. Berikan sedikit lubang pada plastik agar aromanya keluar.