Jika kamu termasuk tim Boredpanda, kamu akan tahu tentang cara terbaik untuk mengusir rasa bosan dengan menemukan semua hal yang aneh-aneh.

Sekarang, pilihan kamu untuk membaca artikel ini merupakan pilihan tepat. Kebosanan kamu akan hilang seketika.

Apakah kamu menyukai potret arsitektur? Berikut ini adalah koleksi arsitektur indah yang paling aneh di dunia. Tim Boredpanda menyajikan potret arsitektur bangunan yang membuat kamu terkesan.

Tim Boredpanda mendapatkan potret tersebut berdasarkan vote unik dari 4.520 pengunjung situs. Teratarik untuk menikmati keanehan bangunan? Baca terus, yuk!

1Mind House di Spanyol

architecturendesign.net

Arsitektur rumah ini bentuknya tidak beraturan. Kalau diperhatikan lebih mirip bentuk otak manusia. Mungkin itulah sebabnya disebut Mind House.

2Rumah Bengkok Polandia

architecturendesign.net

Barangkali mulanya kamu berpikir bahwa bangunan tersebut merupakan bangunan tua yang telah rapuh. Namun, sesungguhnya arsitektur bangunan memang sengaja didesain demikian.

3Rumah Batu Portugal

architecturendesign.net

Di Negara Portugal, batu tak sekedar hiasan alam belaka, tapi juga sebagai rumah. Lihatlah gambar di atas! Bagaimana sebuah rumah dibangun pada dua batu raksasa.

4Kuil Lotus di India

architecturendesign.net

Pernah lihat bunga teratai? Biasanya bunga teratai ini berhabitat di air. Tapi, sekarang desain kuncup teratai diadopsi menjadi arsitektur bangunan kuil. Unik bukan?

5Katedral Brasilia

architecturendesign.net

Kamu mungkin hampir tidak percaya bahwa gambar ini benar-benar potret sebuah bangunan. Bentuknya seperti bunga terbalik itu mengecohkan siapa pun yang melihatnya. Tapi, gambar tersebut memang sebuah bangunan unik di Negara Brazil, guys.

6Perpustakaan Kota Kansas, USA

architecturendesign.net

Kalau biasanya buku-buku terdapat di dalam perpustakaan, ini justru ada di pinggiran jalan.

Buku-buku raksasa ini disebut-sebut sebagai perpustakaan di Kota Kansas, USA. Desain bangunan perpustakaan yang unik tersebut sangat menarik untuk dikunjungi.

7Rumah Hutan yang Rendah, UK

architecturendesign.net

Sunyi dan hening, begitulah kira-kira kesan yang muncul dari pancaran aura di rumah pada gambar di atas. Sebuah rumah kecil yang bangunannya rendah dibangun di tengah-tengah hutan tanpa kawan rumah lainnya.

8Menara Rotasi, Dubai

architecturendesign.net

Pernahkah kamu melihat sebuah bangunan yang benar-benar bergerak dan berubah bentuk? Kedengarannya luar biasa kan? Tetapi tidak untuk Dr. David Fisher.

Sungguh menakjubkan gedung unik ini. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari tepat dari kamar tidur kamu.

Saat matahari pulang kembali ke rumahnya, kamu juga akan menjumpainya jika tinggal di gedung tersebut.

Selain unik, bangunan ini ternyata juga menghasilkan energi dari turbin yang dipasang di setiap lantai yang berputar. Jumlah turbin angin mencapai 79 buah yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

9Habitat 67 di Kanada

architecturendesign.net

Bangunan tersebut hampir tidak benar-benar mirip sebuah bangunan. Pasalnya, arsitekturnya sangat berantakan.

Disebut habitat 67 karena bangunan ini disusun dari 67 ruang yang sengaja didesain berantakan. Pemerintah Kanada dengan cerdik meletakan bangunan di tengah kota dan menjadi pusat perhatian banyak orang.

10Nautilus di Meksiko

architecturendesign.net

Apakah kamu mengenal kapal selam bertenaga nuklir pertama yang diluncurkan Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1954?

Bangunan ini didesain mirip sekali dengan kapal selam Nautilus milik Amerika Serikat.

Jika diperhatikan lebih detail, terdapat kombinasi bentuk antara mollusca dengan cephalopoda. Desainnya persis dengan cangkang Nautilus.

11Rumah Cangkang Keong, Meksiko

architecturendesign.net

Rumah ini didesain seperti cangkang keong. Terletak tidak jauh dari pusat keramaian di Kota Meksiko. Cat putih dan bentuk puncak berundak membuat rumah tersebut memang menyerupai cangkang keong raksasa.

12Bangunan Kota Atlantis di Dubai

architecturendesign.net

Kamu ingat mitos Kota Atlantis jutaan tahun lalu? Kota yang dikabarkan tenggelam ditelan samudera itu kini desainnya diadopsi habis-habisan oleh Kota di Dubai.

Memang, secara arsitektur bangunan dan tata kotanya mirip sekali dengan Kota Atlantis di masa lalu. Tapi, ini bukan Kota Atlantis yang sebenarnya. Hanya tata kotanya saja yang sengaja didesain mirip.