Browser menjadi aplikasi yang sangat penting di era digital saat ini. Aplikasi ini semakin banyak dan berlomba-lomba menarik pengguna.

Browser sangat berguna kehadirannya di dunia internet. Salah satu browser masa depan yang cukup populer adalah Google Chrome. Chrome kini menguasai 45 persen pasar browser secara global. Bisa dibilang, kepopuleran Google yang membuatnya meledak.

Bukan hanya itu, browser ini sangat ciamik dengan kemampuannya membuka banyak laman website, pembaharuan yang rutin, meski tampilannya agak sederhana. Yang tak kalah penting adalah adanya ekstensi menarik atau add-on yang menambah fungsi browse.

Berikut kami kumpulkan beberapa ekstensi Chrome yang menarik dan membantu meningkatkan efektivitas penggunaan peramban sehari-hari.

1The Great Suspender

www.bidnessetc.com

Meskipun Chrome digadang-gadang browser terbaik, namun terdapat masalah pada manahemen tab.

Tidak dibutuhkan waktu yang lama agar penggunaan memori Chrome memakan semua ruang RAM saat kamu membuka tab baru. Meskpun begitu, dengan Extension The Great Suspender semuanya bisa diatasi.

Pada umumnya, ekstensi ini mematikan tab peramban yang terbuka terlalu lama. Sehingga, penggunaan RAM akan jadi lebih efisien.

Ekstensi ini tidaklah mematikan tab peramban seluruhnya. Pasalnya, jika ingin membuka kembali bisa meng-klik reload page dan halaman web akan ada kembali.

Enaknya lagi, kamu bisa memilih berapa lama jeda yang kamu inginkan untuk mematikan tab laman web. Kamu bisa mematikannya mulai dari 20 detik sampai 3 hari. Wah, dengan begini browser kamu nggak akan lelet ya!

2Reedy

alternativeto.net

Ekstensi yang satu ini bisa membantu kamu membaca lebih instan dan mudah. bacaan satu paragraf dapat ditampilkan kata per kata oleh Reedy.

Selain itu, Reedy mampu mengatur kecepatan proses kata per-katanya. Bisa dimulai dari 50 Words per Minut (WPM) hingga 2000 WPM.

Estimasi waktu berdasarkan WPM juga dapat kamu pilih melalui ekstensi ini. Misalnya, satu paragraf pendek dengan kecepatan 300 WPM bisa selesai dibaca dalam kisaran waktu kurang dari 10 detik.

3UpNext

http://www.nyoozee.com

Nah, ekstensi satu ini sangat cocok buat kamu pecinta musik ya. Upnext dapat membuat streaming video musik di Youtube hanya jadi streaming musiknya saja loh. Wah, tentu ini dapat menghemat penggunaan data internet kamu ya.

Upnext menjadi salah satu alternatif dari layanan online streaming musik. Penggunaan extensi ini cukup mudah, kamu cukup mengetik nama artis atau judul lagu pada search box.

Kemudian, Upnext akan mengumpulkannya. Kamu juga bisa memasukkan lagu-lagu favorit ke dalam playlist.Oiya, extensi ini tidak hanya berguna untuk streaming Youtube, tapi bisa juga melalui Soundcloud.

4Google Dictionary

http://browsersaddon.net/

 

Well, extensi ini mungkin paling dicari oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan literatur bahasa inggris yang memusingkan.

Extensi ini sangat membantu mengartikan suatu kata secara real-time. Kamu cukup memblok atau double-click kata, maka definisi kata akan muncul.

Sayangnya, Google Dictionary ini hanya memberikan pengertian kata bahasa Inggris dalam bahasa Inggris.

5Evernote Web Clipper

ipaddiction.blogspot.com

Buat kamu pengguna Evernote, ekstensi ini sangat berfungsi buat kamu. Pada intinya, Evernote Web Clipper berfungsi sebagai alat kliping digital. Kamu bisa menyimpan artikel yang diinginkan dari ekstensi ini.

Semua hasil kliping kamu secara otomatis akan tersimpan ke dalam akun Evernote kamu. Mulai dari laman web, hingga gambarnya. Wah, pekerjaan kantor kamu bisa jadi lebih mudah ya!

6Office Editing for Docs, Sheets, and Slides

googledrive.blogspot.com

Kamu dengan lebih mudah membuka file MS-Office berformat .docx, .pptx, .xlsx yang ada dalam Google Drive dengan ekstensi ini.

Ekstensi ini memiliki tingkat kompabilitas yang tinggi untuk jenis-jenis file tersebut, dibanding menggunakan office suite Google tanpa ekstensi Office Editing.

Selain itu, adanya ekstensi ini memungkinkan kamu membuka file yang bersifat offline atau luring menggunakan peramban Google Chrome-mu.

7Hover Zoom

www.youtube.com

Penggunaan ekstensi ini memungkinkan pengguna Google Chrome melihat gambar thumbnail yang muncul dalam ukuran penuh hanya dengan mengarahkan kursor ke atas gambarnya.

Hover Zoom bisa memproses berbagai gambar yang muncul di laman web. Misalnya mulai dari profile picture sosial media kamu sampai hasil pencarian gambar dari Google.

8Wikiwand

www.blogsdna.com

Pernah melakukan pencarian di Wikipedia dan kamu gak suka tampilannya yang tradisional itu? Cobalah Wikiwand. Ekstensi ini mengubah Wikipedia jadi ramah di mata kamu dengan tampilan yang modern.

Kamu juga dapat mengostumisasi tampilan Wikiwand, mulai dari ukuran font, jenis, hingga warna backgroundnya.

9Improve Tube

www.wikihow.com

Para pecinta streaming di Youtube semestinya tahu ekstensi ini. Pasalnya, Improve Youtube dapat membuat jam nontonmu semakin menyenangkan.

Kamu bisa bebas mengakses Youtube dan mengubah tampila Youtube agar lebih kece dan sesuai yang diinginkan.

Kamu juga bisa mengubah ukuran video default, ukuran frame video player, sampai menghilangkan elemen-elemen yang ada pada Youtube. Improved Tube bisa menghilangkan elemen-elemen mulai dari headings, description, sampai dengan bagian komentar.

10AdBlock

www.androidauthority.com

Terganggu dengan iklan yang sering muncul? Ekstensi ini jawabannya. Adblock mampu memblokir iklan yang ada di website secara otomatis berdasarkan filter database yang sudah disediakan. Kamu juga bisa memblokir iklan secara manual dengan mudah.

Semua ekstensi di atas bisa kamu dapatkan di Google Chrome Web Store. So, Google Chrome kamu mendapat kemampuan baru yang memudahkan kamu. Selamat mencoba.

SHARE