Kamu selalu punya alasan untuk tidak menikmati makan siangmu hari ini? Wah, kebiasaan ini haruslah segera kamu ubah.

Istirahat makan siang memang menjadi sebuah keistimewaan bagi kamu ‘si gila kerja’. Berdasarkan hasil riset, hanya 1 dari 5 orang keluar kantor untuk makan siang dan beristirahat. Jam istirahat pun tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Sebagian dari kita mungkin makan siang dengan cepat. Makan hanya dengan roti lapis atau bahkan tidak makan siang sama sekali. Makan siang seakan tidak terlalu mendapat perhatian.

Makan siang juga semakin tersingkirkan oleh kemajuan teknologi. Di saat makan siang, bukannya istirahat kita malah menghabiskan waktu dengan alat elektronik yang ada di tangan kita.

Makan siang sesungguhnya dapat membuat kita merenung dan mendapat perspektif lain. Kalau kita tenggelam dalam pekerjaan, kita tidak akan bisa berpikir strategis dan meletakkan tugas harian kita dalam konteks yang lebih luas/

Berikut ini 6 alasan mengapa istirahat siang sangatlah penting:

1Hindari Makan Sambil Bekerja di Meja

www.lifestylespirit.com

Sebagian besar dari kamu mungkin memiliki kebiasaan seperti ini. Makan sambil bekerja di meja. Kebiasaan ini memang terkesan membuatmu lebih produktif dalam bekerja.

Namun ternyata, kebiasaan ini akan membuat tubuh dan pikiranmu cepat kehabisan energi. Cobalah untuk menyempatkan diri makan siang dengan menu sehat saat istirahat siangmu, maka kamu akan lebih fokus dalam melanjutkan pekerjaan.

2Ganti Pemandangan

www.dolphinformations.com

Pemandangan kantor membosankan? Cobalah untuk berjalan-jalan sekadar di luar kantor agar kamu tidak bosan.

Dengan mengitari gedung kantor, akan membuat perbedan dalam produktivitas kerja. Biasakan dirimu untuk istirahat secara teratur dan menghirup udara segar. So, kamu akan bisa lebih fokus dalam pekerjaanmu

3Berolahraga Ringan

coachingamericansoccer.com

Dengan bekerja terus menerus, otot-ototmu menjadi kaku. Kamu menjadi cepat lelah dan kehilangan daya fokusmu. Cobalah olahraga ringan agar dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu.

Dengan berolahraga ringan di siang hari, suasana hatimu akan lebih beraura positif dan siap melanjutkan harimu. Cobalah untuk meregangkan badan, berjalan kaki, naik sepeda, bahkan berlari.

4Bersosialisasi

madten.com

Agar tidak membosankan dan mumet dalam menghadapi pekerjaan, cobalah di waktu istirahat kamu bersosialisasi dengan rekan-rekanmu. Dengan bersosialisasi, kita dapat berpikir di luar kotak.

5Tidur Siang

http://helmisyafrizal.blogspot.co.id

Nah, cara yang satu ini mungkin bisa kamu lakukan di istirahat siangmu. Tidur siang dapat mengatasi masalah dalam kekurangan waktu yang dialami orang-orang sibuk.

Dengan tidur hanya 15-20 menit setiap harinya di siang hari, kamu sudah mengatur ulang sistem tubuhmu dan  meningkatkan performa sistem motorik tubuh kamu.

Penulis  Sara C. Mednick, PhD,  menyatakan apabila tidur siang dapat membantu masalah kualitas tidur. Pada saat kalian terbangun oleh tidur, maka otak kalian mampu mengaktifkan fungsi dalam pembuat keputusan, misalnya dalam mengingat kosakata ataupun dalam mengingat arah. Jadi tidur siang sangatlah dianjurkan, agar mengembalikan energi kita yang hilang.

Selain itu, menurut penulis buku Sleep for Success, Rebecca Robbins, PhD, dari NYU School of Medicine mengatakan bahwa meskipun kamu tidur selama delapan jam setiap harinya, tidur siang bisa menjadi bagian dari jadwal tidur yang sehat.

Adapun berdasarkan  penelitian yang dilakukan oleh Casper, 66 persen dari 10 ribu orang akan lebih sering mengambil beberapa waktu kerja mereka untuk tidur siang jika kantor mereka menyediakan area untuk beristirahat.

6Motivasi Menyenangkan

koaladigital.blogspot.com

Dengan membayangkan beragam aktivitas yang menyenangkan bagi kamu lalu paculah produktivitas kamu di pagi hari hingga selesai pekerjaan.

Maka, kamu dapat menikmati istirahatmu dengan penuh. Setelah beristirahat, kamu akan kembali menyelesaikan pekerjaanmu dengan hati yang puas.

Kita semua tahu, tubuh kita akan mengalami sebuah penurunan energi yang mendekati waktu tengah hari, terutama pada saat setelah kalian makan dan juga disebabkan oleh kualitas tidur malam yang tidak cukup.

Pada saat hal ini telah terjadi, cara yang sangat baik untuk dapat mengatasinya ialah dengan cara mengalokasikan waktu kalian untuk  beristirahat walaupun hanya sebentar pada saat siang hari.