www.resepkoki.xyz

8 Tips Usaha Kuliner Anak Muda Agar Ramai

Posted on

Kamu tahu berita mengenai pengusaha di Indonesia yang hanya 1,65 persen dari jumlah penduduk saat ini? Agak terdengar miris bukan? Indonesia kalah jauh dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Meski begitu, para pengusaha muda di Indonesia diharapkan terus menggeliat. Terutama pengusaha yang lini bisnisnya menyasar anak muda.

Mengapa terus menggeliat? Karena jumlah anak muda di Indonesia hampir separuh total populasi, Loh! Sehingga pasar untuk kaum muda masih sangat besar.

Nah, kamu masih bingung melakukan bisnis jenis apa? Coba deh merintis bisnis kuliner dengan pangsa pasar kaum muda.

Selain karena bisnis makanan adalah bisnis yang tak pernah sepi -karena kita semua butuh makan- juga karena anak muda rela menggelontorkan uang jajan mereka untuk bisa eksis dan mempertahankan gengsi.

So, jika kamu ingin menggaet pasar kaum muda, coba deh strategi bisni merintis kulinerĀ  di bawah ini

Produk yang Menarik Perhatian

ridwanderful.wordpress.com
ridwanderful.wordpress.com

Kalau kamu ingin terjun ke bisnis kuliner, pilihlah produk yang dapat menarik kaum muda. Jangan produk yang malu-maluin sehingga kaum muda ogah untuk memakannya.

Kamu harus bisa memilih dengan matang baik jenis, konsep dan temanya. Lakukan riset kecil apa saja yang menarik perhatian anak muda saat ini.

Misalnya jika kamu ingin membuka cafe, pilih tema yang gaul sehingga mereka sangat bangga bisa nongkrong di cafemu. Sesuaikan juga makanan dengan tema cafe ya, jangan sampai malah gak nyambung.

Nah yang terpenting, desain produkmu seunik mungkin. Niscaya, mereka tidak akan ragu memposting dan membagikannya ke media sosial. Maka dengan sendirinya, kamu gak perlu mengeluarkan ongkos promosi.

Resep yang Unik

www.caradesain.com
www.caradesain.com

Jangan membuat resep dan panganan yang biasa-biasa saja. Putarlah otakmu untuk menciptakan kudapan andalah yang menarik kaum muda. So, makanan kamu gak hanya sekadar enak tapi bisa menarik mata.

Dengan keunikan tersebut, kaum muda pasti akan dengan mudah mempromosikan kulinermu. Kamu bisa kok mengkombinasikan beberapa resep lama yang memang sedang hits.

Misal, es krim mochi dengan aneka pilihan rasa, cilok isi dengan modifikasi bentuk dan lain-lain. Banyak-banyaklah melakukan riset makanan apa yang sedang digandrungi dan buatlah resepmu sendiri.

Inspirasi Lewat Komik, Film atau Buku

www.hannahdo.com
www.hannahdo.com

Nah, bingung mendapatkan resep unik? Cobalah cari inspirasi dari film, komik maupun buku cerita. Jajanan yang terinspirasi dari komik ini akan langsung menarik perhatian kaum muda.

Kamu pasti tahu blackburger atau burger warna warni kan? Snack ini terinspirasi dari kartun Spongebob. Ada juga kue dorayaki dari Doraemin, snack cocobi yang terinspirasui dari Crayon Shinchan hingga inspirasi dari film-film lainnya.

Dijamin anak muda akan penasaran dan rela mengantri untuk mendapatkan produkmu! So, cobalah cari inspirasi dari manapun agar produkmu semakin laris manis.

Sedia Layanan Pesan Antar

dailysocial.id
dailysocial.id\

Kamu keterbatasan dana untuk membuka toko? Wah, jangan patah semangat. Coba deh putar otak untuk membangun kerajaan bisnismu. Misalnya dengan menyediakan layanan pesan antar.

Kamu tak perlu memiliki gerai sendiri karena anak muda menginginkan sesuatu yang serba praktis. Bisa jadi dengan cara begini, jenis usahamu jadi berbeda dari bisnis kuliner pada umumnya.

Menu Beragam dan Murah

www.b-kyu.com
www.b-kyu.com

Anak muda biasanya mudah bosan. Cobalah membuat menu yang agak beragam sehingga makin banyak pilihan di mata para pembeli. Namun jangan lupakan dengan kantong anak muda terutama mahasiswa.

Jika kudapanmu masih dalam batas wajar, mereka akan terus kembali dan mencoba menu lainnya. Jangan mau ambil untung terlebih dahulu kemudian pelangganmu kabur. Wah, bisnismu bisa layu kalau begitu.

Buat Jadwal Menu

id.aliexpress.com
id.aliexpress.com

Coba deh dengan menjadwal menu pangananmu setiap harinya. Strategi ini dilakukan agar pelanggan terus merasa penasaran. Mereka akan kembali lagi jika panganan yang ditawarkan sebelumnya enak. Wah, bisa laris manis nih daganganmu.

Iklan di Media Sosial

www.wulansari.net
www.wulansari.net

Karena sekarang era digital, kamu mau ngga mau harus aktif berselancar di media sosial. Berikan foto-foto produkmu yang paling ciamik untuk menarik minat pembeli. Kamu tidak akan merugi karena promo di jejaring sosial tak membutuhkan banyak biaya.

Oiya, jangan lupa untuk memberikan diskon atau potongan harga untuk produkmu itu. Kamu juga bisa memberi giveaway untuk pelanggan yang selalu menginformasikan produkmu paling banyak.

Kamu juga dapat memberi potongan harga kepada para pelanggan setelah mereka meregram atau merepost produkmu di media sosial. Dengan begitu, ada keterikatan antara penjual dan pembeli.

Buat Kartu Keanggotaan

indonesian.alibaba.com
indonesian.alibaba.com

Ini salah satu cara agar pelangganmu tidak kabur ke kompetitor. Cobalah untuk memberikan kartu keanggotaan. Kartu ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan gratis pembelian setelah mereka beberapa kali membeli produkmu.

Dijamin hal ini ampuh untuk membuat mereka menjadi pelanggan setia. So, ayo mulai bisnis kulinermu sekarang juga!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *