Libur panjang akan segera tiba. Berturut libur Maulid Nabi, Libur Natal disusul libur tahun baru. Rencana liburan pun sudah disusun. Cuti akhir tahun pun sudah ditangan.

Tapi pernah ga sih kamu merasakan, selepas liburan panjang lalu kembali masuk kantor atau aktivitas normal rasanya berat sekali.

Inginnya terus nuansa liburan tanpa terganggu interupsi pekerjaan. Saat hari pertama masuk kerja pikiran kita pun kadang masih pikiran santai saat liburan.

Seolah kita perlu waktu untuk restart pikiran agar mulai lagi bisa connect dengan pekerjaan yang bakal kita hadapi sehari-hari.

Jika kamu merasa demikian sehabis liburan, itu sebenarnya wajar. Memang perlu waktu untuk menyesuaikan diri terutama dari segi tingkat kesibukan.

Nah bagi kamu yang ingin segera bisa tune in dengan pekerjaan selepas libur panjang, ada baiknya kamu simak hal-hal berikut ini.

1Istirahat Cukup

valleysleepcenter.com

Pastikan kamu pulang dari liburan tidak mepet waktunya dengan hari pertama masuk kembali ke kantor. Berikat jeda minimal satu hari.

Fungsinya adalah untuk istirahat total. Meski liburan adalah kegiatan menyenangkan, tetap saja menguras tenaga. Apalagi jika liburan kamu menempuh perjalanan panjang seperti dari luar negeri atau luar kota.

Sisakan satu hari untuk istirahat total di rumah. Redakan pikiran dan cobalah memulai aktivitas normal di rumah seperti sarapan, nonton tv, tiduran, baca buku atau bersih-bersih rumah.

2Asupan Gizi

www.infojajan.com

Selain istirahat, pastikan tenaga kamu bisa segera pulih dengan mengonsumsi makanan gizi selepas libur panjang. Jangan lupakan minum banyak air putih.

Jika kamu ada gejala lemas dan lesu, mengonsumsi vitamin c bisa jadi solusi. Setelah itu istirahatlah yang cukup. Jangan sampai malas makan ya meski tubuh kamu sudah sangat lelah.

3Bereskan Pakaian Kotor

www.alternet.org

Pakaian kotor nampaknya menjadi ‘oleh-oleh’ yang dibawa selesai liburan. Kalau melihat pakaian kotor berserakan di rumah setelah liburan justru yang muncul adalah perasaan malas.

Nah agar kamu bisa segera move on, cobalah bereskan pakaian kotor kamu agar mood kamu bisa segera bagus. Paling mudah tentu saja kamu cukup masukkan semua pakaian kotor kamu ke mesin cuci dan beres.

Atau kalau kamu benar-benar malas, segeralah pergi ke laundry dan cucilah baju kotormu agar rumah juga tak kena dampak habis liburan berupa barang berserakan.

4Hitung Pengeluaran

smithmeadows.com

Ini salah satu cara yang cukup efektif agar semangat kamu kembali datang. Hitunglah semua pengeluaran kamu selama liburan.

Biasanya saat liburan kita rela mengeluarkan berapapun biaya tanpa lagi perhitungan. Dampaknya baru terasa setelah kita sampai di rumah.

Pasti reaksi pertama kita adalah, “Kok uang saya tinggal segini?” jika itu yang terjadi reaksi seharusnya adalah kamu mesti kembali semangat bekerja guna kembali mengisi pundi-pundik kantongmu dengan uang yang banyak.

5Tulis Perjalanan di Blog

www.workflowmax.com

Jika kamu punya liburan seru, segera tulis pengalaman kamu dan share di blog dan sosial media.Dengan berbagi pengalaman, tentu akan banyak respons yang datang.

Jika respons yang bagus mengomentari tulisanmu tentu kamu bakal senang dan mood kamu bakal pulih sediakala.

Tak hanya cerita perjalanan, unggah juga foto foto seru kamu selama liburan ke media sosial. Lalu tulislah #latepost atau #throwback yang bermakna masa lalu. Artinya perjalanan liburan kamu kemarin seseru apapun itu sudah bagian dari masa lalu

6Bagi Oleh-oleh

cumibunting.com

Nah ini yang bisa jadi bikin kamu antusias ke kantor. Tidak sabar membagi oleh-oleh di seluruh pegawai kantor.

Tentu bisa berbagi sesuatu akan terasa menyenangkan. Terlebih rekan rekan kantor menikmati oleh-oleh sekaligus cerita seru yang sudah kamu siapkan untuk dibagikan. Rekan kerja senang, semangat kerja datang.

 

SHARE