Kamu gemar membaca buku hingga berlusin-lusin? Berarti kamu harus punya pembatas buku supaya kamu tidak kebingungan ketika membuka kembali buku yang pernah kamu baca.

Pembatas buku merupakan benda yang dipakai untuk memberikan tanda pada halaman di dalam buku yang sedang dibaca. Tapi, pembatas buku hanya berlaku bagi orang-orang yang suka membaca buku cetak bukan buku elektronik.

Berbagai macam bentuk pembatas buku telah bermunculan dengan kreativitas yang lebih menawan di era kekinian. Bahkan ada juga pembatas buku yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma saat membeli buku.

Penggemar buku biasanya memilih pembatas buku yang mereka sukai. Ada pembatas berbentuk penggaris, hati sampai bentuk boneka.

Pada ulasan kali ini, kamu akan belajar bagaimana membuat pembatas buku dengan kertas origami. By the way, kamu pasti tahu tentang seni origami kan?

Seni origami berasal dari Negeri Matahari alias Jepang. Kata origami diambil dari perpaduan kata ori yang artinya lipat dan kami yang bermakna kertas. Secara harfiah, artinya sebuah seni lipat yang bahannya berasal dari kertas.

Kertas yang digunakan biasanya berbentuk persegi. Bisa juga memakai kain persegi. Keduanya sama-sama berpotensi menghasilkan seni origami menakjubkan. Karena pada intinya, hasil origami adalah hasil kerja tangan yang teliti dan halus.

Berdasarkan sejarah, origami pertama kali dipraktekan pada tahun 610 masehi di Jepang. Origami saat itu dipakai untuk keperluan ritual Agama Shinto di Jepang.

Lipatan pada kertasnya melambangkan dewa. Ia digantung di Kuil Agung Imperial (Kota Jingu dan Ise) untuk persembahan.

Kemudian, ketika memasuki zaman pemerintahan Muromachi (1338-1573), origami tidak lagi diperbolehkan menggunakan pisau pemotong kertas. Itulah sebabnya seni origami di era sekarang lebih banyak memaksimalkan kemampuan tangan.

Lalu bagaimana cara menyulap origami menjadi pembatas buku yang cantik? Mungkin kamu bisa menggunakannya untuk memberikan tanda di halaman buku kumal sehingga terlihat tetap cantik.

Kamu cukup melipat-lipat saja tanpa perlu memotong kertas. Pembatas ini asli seni origami murni.

Sedikit pengetahuan buat kamu, bahwasanya seni origami sangat men-tabu-kan pemotongan kertas dan hanya melipat saja. Kalau kamu tidak punya kertas origami, kertas notebook pun dapat kamu pergunakan. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

1Trik Pertama

boredpanda.com

Kamu harus menyediakan kertas notebook berbentuk persegi jika ingin membuat origami. Usahakan tidak dengan memotong kertas ya. Cari saja kertas yang sudah berbentuk persegi.

Langkah pertama, buatlah lipatan kertas ke arah diagonal sehingga membentuk segitiga.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kertas dibuka lagi, lalu dilipat ke arah horizontal.

boredpanda.com
boredpanda.com

Setelah itu, lipat lagi ke arah vertikal. Kemudian, buka kembali kertas tapi jangan semuanya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Buka yang lipatan vertikal saja.

boredpanda.com
boredpanda.com

Selanjutnya, ambil salah satu sisi kertas dan separuh sisi yang lain untuk dikaitkan seperti gambar di bawah di atas.

Kalau kamu berhasil mengaitkan satu sama lain, bentuk yang kamu dapatkan akan seperti gambar berikut ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Terakhir, rapikan hasil lipatanmu sehingga nampak sempurna.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mudah bukan? Selamat mencoba, guys!

2Trik Kedua

boredpanda.com

Ini trik yang kedua. Sama saja sih bentuknya, hanya caranya berbeda.

Pertama, lipat kertas persegi ke arah diagonal. Ketika dibuka, kertas akan membentuk garis diagonal yang memotong dua buah segitiga.

origami-bookmark-paper-folding-24

Langkah kedua, buatlah lipatan dengan membentuk garis horizontal dan vertikal.

boredpanda.com

Saat kamu membuka kertas lagi, maka akan terbentuk empat persegi kecil. Nah, lipatlah salah satu bagian dari persegi menjadi segitiga.

Kemudian, tekuk ke arah vertikal dan kaitkan masing-masing ujungnya seperti cara di bawah ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Sama saja kan hasilnya?

boredpanda.com
boredpanda.com

Selamat selamat berkreasi!

3Inilah Jadinya Pembatas Buku Origami

boredpanda.com

Membuat pembatas buku dengan teknik origami dapat menggunakan bahan dari berbagai macam kertas, seperti kertas kado atau kertas origami asli.

Bahkan ketika segitiga kamu berwarna hitam pun tetap cantik, guys.

Kalau sudah dipakai di buku, beginilah jadinya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Cantik sekali bukan?

SHARE