21 Manfaat Durian Bagi Kesehatan dan Kecantikan

durian, king of fruit

Siapa yang nggak suka durian? Waaah, rugi berat karena manfaat buah durian buanyaaak banget. Buah yang juga disebut dengan King of Fruit ini baik untuk kesehatan maupun kecantikan, lho Gaes. Apa aja manfaat buah durian? Yuk, baca sampai habis ya.

Aneka manfaat buah durian

1. Anti capek. Cukup campurkan daging durian yang telah matang dengan susu dan madu akan menghilangkan lelah yang kamu rasakan.

2. Mengobati gigitan nyamuk dan luka. Antioksidan yang dikandung vitamin C sangat membantu tubuh manusia dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan bentol yang disebabkan gigitan nyamuk.

3. Anti depresi. Zat tryptophan yang dikandung buah durian mampu menghasilkan zat serotin, zat yang berperan sebagai penangkal depresi pada tubuh. Zat ini akan membuat tubuh terasa lebih santai, memberikan rasa gembira, dan meningkatkan good mood.

4. Nutrisi persendian dan tulang. Vitamin B1, B2, kalium dan kalsium yang dimiliki buah durian berperan untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan persendian dan tulang kamu.

5. Gigi juga akan terjaga jika makan durian karena dia memiliki zat fosfor yang sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi.

www.youtube.com
www.youtube.com

6. Mencegah stroke. Menurut The New England Journal of Medicine, manfaat durian yang tidak kalah penting adalah mengurangi resiko kematian akibat stroke. Caranya adalah dengan mengkonsumsi durian sebagai menu harian.

7. Mencegah penuaan dini. Buah durian dikenal mengandung vitamin C yang tertinggi dibandingkan buah lain yaitu 200 mg untuk setiap 100 gr buah durian. Nah, vitamin C ini yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan dini pada wajah dan kuliat sehingga akan membuat para perempuan lebih awet muda.

8. Pencernaan lebih lancar. Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sulit  buang air besar atau sembelit, kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah durian secara berkala karena buah ini mengandung serat yang cukup tinggi.

9. Berhenti merokok. Efek ketagihan dari zat nikotin yang dikandung rokok dapat ditangkal oleh vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang dikandung buah durian.

10. Penyeimbang kadar gula dalam tubuh. Zat mangan yang dimiliki buah durian memiliki peran menstabilkan kadar gula di dalam darah agar selalu dalam batas normal.

11. Anti anemia. Jika kamu memiliki tanda-tanda kurang darah pada tubuh, coba deh makan buah ini. Salah satu manfaat durian adalah sebagai zat anti anemia karena mengandung zat besi, tembaga, dan float.

12. Anti tumor dan anti kanker. Zat phytosterol memiliki khasiat mencegah pertumbuhan kanker dan memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh. Ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian di State University of New York.

13. Anti penyakit jantung dan anti kanker. Ohio State University juga telah melakukan penelitian terhadap manfaat buah durian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat phytonutrient yang dikandung durian memiliki kemampuan untuk membunuh penyebab kanker.

14. Meningkatkan nafsu makan. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan nafsu makan, cobain deh makan buah durian. Vitamin B1 yang dikandungnya juga berkhasiat melenyapkan rasa malas makan.

15. Mengatasi mual di pagi hari (morning sickness) pada ibu hamil.

www.centrafoods.ca
www.centrafoods.ca

16. Mengurangi nyeri lambung. Efek antacid setelah makan buah durian akan meredakan nyeri lambung.

17. Migrain. Manfaat buah durian lainnya juga adalah dapat menghilangkan penyakit migrain. Khasiat ini dihasilkan dari zat iboflavin dan vitamin B2 yang dikandungnya.

18. Kesehatan tiroid kamu bisa terjaga dengan mengkonsumsi durian karena buah ini mengandung zat tembaga di dalam setiap dagingnya.

19. Mengurangi resiko disfungsional seksual. Duren mengandung zat afrodak yang berfungsi mengurangi infertilitas pada perempuan maupun pria, meningkatkan motilitas sperma, dan menaikkan gairah seksual dan stamina.

20. Meningkatkan kekuatan pikiran. Durian segar kaya akan kalium. Sebuah penelitian terkait hal ini pernah dilakukan terhadap 200 orang murid Twickenham School. Para siswa diberi sarapan berupa buah durian dalam rentang waktu tertentu sebelum ujian. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa memiliki perhatian lebih pada pelajaran daripada hari-hari sebelum diberi sarapan durian.

21. Menyamarkan noda hitam. Caranya sangat mudah. Pisahkan sebutir daging buah durian yang sudah matang dari bijinya. Lalu campurkan dengan 2 sendok madu. Aduk hingga rata. Gunakan ini sebagai masker pada wajah.

Lebih lanjut Hal Menarik Tentang Durian Klik Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here