Apakah kamu suka telur? Telur merupakan makanan sehat dan bergizi. Telur sangat populer dikalangan masyarakat. Ia memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kandungan nutrisi telur utuh mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya. Satu telur mengandung 6 gram protein dan asam amino esensial.

Vitamin yang terkandung dalam telur begitu banyak antara lain vitamin B2, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E.

Telur terdiri dari dua bagian yaitu putih telur dan kuning telur. Biasanya bagi orang yang sedang diet banyak mengira putih telur adalah yang paling sehat.

Di sisi lain terkadang kita mungkin selama ini juga memberi label kolesterol tinggi pada kuning telur yang akan dimakan.

Kuning telur memang enak rasanya, dibalik rasanya yang enak ternyata warna kuning telur yang tepat memberikan manfaat yang menyehatkan.

Berikut terdapat beberapa fakta tentang warna kuning telur yang menarik untuk kamu ketahui.

1Warna Kuning Telur

themindunleashed.org

Ketika kamu hendak memasak telur taptnya membuat telur dadar, pernahkah kamu menemukan wara kunih telur yang berbeda?

Yup, terdapat tiga macam warna kuning telur yaitu kunig pucat, kuning agak oranye, dan oranye tua. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, kog bisa demikian? Adakah yang salah dengan telur ini?

The Mind Unleashed menyebutkan dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada kuning telur. Hasilnya yakni kuning telur daripeternakan lokal warnanya seringkali lebih kuning matang hingga oranye tua.

Jika dilihat dari segi bentuk, bentuknya lebih besar dan lebih tebal. Tahukah kamu bahwa kuning telur dengan warna tua ternyata lebih bergizi dan menyehatkan.

2“Kuning Telur Berwarna Pekat Lebih Menyehatkan”, Kenapa?

laptopsiunyil.blogdetik.com

Warna kuning telur yang ada dipengaruhi oleh makanan dari ayam. Jika ayam-ayam diberikan pakan lebih banyak jagung maka ia akan memiliki kuning telur dengan warna yang lebih pekat.

Kita tahu bahwa jagung merupakan makanan alami, berbeda dengan pakan ayam dari bahan non-alami seperti yang kita ketahui selama ini.

Jadi dapat diketahui dari segi makanan saja telur ini terbentuk dari pangan yang alami dan hal ini menunjukkan kandungan nutrisi yang labih baik.

Semakin kuning telurnya semakin banyak mengandung karotenoid vitamin A. Perlu kamu ingat juga, sebaiknya jangan mengonsumsi telur terlalu berlebihan. Setidaknya sehari tidak boleh lebih dari 2 telur.

3Kuning Telur yang Lebih Sehat Dimasak Sampai Matang

upload.wikimedia.org

Jika kamu mempunyai masalah rambut seperti rambut rontok atau kurang subur, menggunakan kuning telur adalah salah satu obatnya.

Kuning telur mentah baik digunakan sebagai masker rambut untuk menyuburkan rambut dan menghinadari masalah kebotakan. Gunakanlah pada pangkal rambut dan bilas hingga bersih.

Nah, berbeda ketika hendak dikonsumsi. Manfaatkuning telur yang lebih optimal yakni ketika dimasak hingga matang.

Bakteri di dalamnya tentu sudah berkurang dan kandungan gizinya meningkat hingga 91% dibandingkan yang dimasak setengah matang yaitu hanya 51%.

Semoga informasi di atas bermanfaat.