Kerja keras siang dan malam demi mendapatkan penghasilan maksimal sebenarnya sah-sah saja. Lalu, bagaimana jika penghasilanmu ternyata hanya numpang lewat? Bahkan kamu belum bisa menyimpan tabungan sepeserpun.

Cobalah merenung sejenak. Mungkin saja ada yang salah dengan cara kamu mengatur keuangan sehingga gaji sering habis sebelum akhir bulan. Padahal, menghemat pengeluaran tidak ada hubungannya dengan besar kecilnya gaji

Akan tetapi, ada beberapa kondisi saat kamu harus memutuskan untuk tidak menabung. Kamu mesti mengalahkan egomu untuk menjadi orang kaya sejenak saja demi kepentingan tertentu. Kepentingan yang sangat wajib kamu jalani.

Memang, menabung merupakan jalan yang paling jelas dan terarah tatkala seseorang ingin menjadi kaya raya dan bergelimangan harta. Beberapa orang memiliki budget lebih sehingga sangat mudah menabung.

Namun, ada juga yang menabung dengan penuh keterpaksaan karena suatu kondisi. Mereka rela menyisihkan sebagian penghasilannya supaya dana simpanan di rekeningnya selalu terisi setiap bulan.

Tipe yang lainnya, saat hidup serba pas-pasan harus mati-matian menyisakan gajinya walaupun mengurangi jatah makan dan keinginannya. Kondisi semacam ini memang lumayan menyiksa.

Tapi, harus dilakukan agar kebutuhan tetap tercukupi. Kurangi jumlah uang saku kamu jika ingin bisa menabung atau kamu tidak akan menabung sama sekali. Jangan paksakan diri untuk menabung kalau keadaan diri kamu seperti berikut ini.

1Penghasilan Ngepas Banget

suksesblog2015.blogspot.com

Jika penghasilan yang kamu dapatkan minimal atau hanya bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk menabung.

Tidak peduli berapa pun gaji yang kamu dapatkan, tapi kalau habis untuk sehari-hari saja, hentikan menyisihkan gaji di tabungan.

Belum lagi apabila kamu menanggung kebutuhan beberapa orang, seperti adik dan orang tua kamu.

Menabung tentu menjadi hal yang mustahil. Situasinya sangat tidak memungkinkan. Kebutuhan keluarga kamu jauh lebih penting dibandingkan dengan menimbun uang di bank demi sebuah kekayaan.

rockgasm.blogspot.com
rockgasm.blogspot.com

Cobalah bersabar dan mencari pekerjaan tambahan jika tetap ingin menabung. Namun, harus diingat, kamu tidak boleh mengorbankan kebutuhan keluargamu demi kepentingan pribadimu.

2Hutang Kamu Menumpuk

denysetyoaji.blogspot.com

Ada pepatah mengatakan bahwa membayar hutang harus didahulukan daripada menyimpan tabungan. Bayarlah hutangmu dahulu sebelum kamu menabung uang.

Berjuanglah untuk mencari penghasilan agar hutangmu terbayarkan. Kalau semuanya sudah lunas, tentunya kamu akan bernapas lega. Selain itu, kamu juga bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung.

bilahizzah.blogspot.com
bilahizzah.blogspot.com

Jangan lupa berinvestasi sebanyak mungkin agar uangmu tidak terbuang sia-sia.

3Mengalami Sakit Keras

gratiscoy.com

Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan ini. Dengan ada kondisi sehat, kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau. Kamu bebas beraktivitas dan berkreasi.

Mungkin, ada beberapa orang yang memaksakan diri untuk mendapatkan uang banyak tapi tidak memperhatikan kesehatannya. Akibatnya, mereka tidak dapat menikmati hasil kerja kerasnya.

Itulah sebabnya, ketika kamu mengalami sakit yang serius, gunakan dulu uangmu untuk menyembuhkan sakitmu. Jangan ragu menggunakan tabungan untuk berobat.

smoothdietindonesia.com
smoothdietindonesia.com

Kalau kamu sudah sembuh, kamu bisa memulai investasi dan menabung lagi dari awal. Lebih baik kamu sakit sekarang, daripada sakit kemudian.

Demikianlah tiga hal yang dapat kamu jadikan alasan untuk tidak menabung. Namun, bukan berarti kamu menjadikan masalah-masalah lainnya menjadi alasan untuk berhenti menabung.

Seburuk apapun situasi keuanganmu, berusahalah untuk menabung, kecuali ketika kamu tertimpa salah satu dari hal di atas. Investasi juga penting agar uang dapat berkembang biak dan tidak stagnan hanya segitu-gitu saja.