Lebaran erat kaitannya dengan yang namanya mudik. Menjelang hari raya lebaran, banyak orang yang beramai-ramai untuk mengunjungi atau pulang  ke kampung halamannya.

Terutama bagi para kaum perantau hal ini menjadi agenda tahunan yang dilakukan. Maka dari itu tidak jarang pada saat lebaran kota-kota besar malah sepi dari penduduk.

Tidak hanya itu, rumah-rumah yang ditingal mudik juga sepi tak ada penghuninya. Kondisi yang demikian bisa ‘dimanfaatkan’ oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab untuk melancarkan kejahatan.

Maka di musim mudik tingkat kejahatan bisa lebih meningkat. Berikut hal-hal yang perlu kamu waspadai pada saat mudik lebaran.

1Maling Rumah Kosong

dimensilain.com

Saat musim mudik lebaran, jalanan dan perumahan di kota-kota besar menjadi lengang. Alasannya beragam, bisa jadi mereka para penghuni rumah memnfaatkan momen ini untuk liburan atau memang pergi ke kampung halaman.

Kondisi seperti itu dapat memicu kejahatan dengan melakukan aksi maling di rumah kosong. Tentu harta sebagai incarannya.

Maka dari itu, bagi kamu yang hendak mudik pastikan keadaan rumah terkunci dengan aman.

2Maraknya Peredaran Uang Palsu

intisari-online.com

Pada saat lebaran, saling bermaaf-maafan dan terdapat pula tradisi sungkeman.

Tidak hanya itu, terdapat juga pembagian THR yang menjadi salah satu tradisi unik saat lebaran. Khususnya bagi anak-anak, mereka sangat senang, para orang tua membagikan  uang pecahan kecil kepada mereka.

Tidak heran, jika menjelang lebaran banyak orang yang menjajakan uang pecahan. Nah, kamu perlu berhati-hati jika hendak menukarkan uang.

Kadang kondisi tersebut disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab yakni dengan mengedarkan pecaha uang palsu.

Hal ini sangat merugikan pemudik yang menukarkan uang pada mereka.

3Penipuan Berkedok Amal

taleofphotos.files.wordpress.com

Berlomba-lomba dalam kebaikan dan meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan banyak dilakukan oleh kaum Muslimin.

Mereka bersuka cita dalam meraih keberkahan di bulan Ramadhan. Selain membayar zakat fitrah, bersedekan merupakan hal yang juga sering dilakukan orang-orang saat Ramadhan.

Namun, kadang hal baik ini dimanfaatkan dengan kurang bijak oleh beberapa kelompok orang yang tidak bertanggungjawab.

Banyak cara yang dilakukan untuk melancarkan aksi ‘penipuan’ berkedok amal.  Misalnya ada yang datang kerumah untuk meminta mengisi kotak amal.

Bisa untuk pembangunan masjid, panti asuhan ataupun perbaikan jalan. Bagaimana jika kotak amal tersebut ternyata bodong?

Kita juga perlu waspada agar niat baik kita tak sia-sia. Kita bisa bersedekah dengan menyerahkan ke lembaga pengelola amal yang sudah jelas kredibilitasnya.

Selain itu jangan lupa keselamatan sangat diperhatikan ketika mudik lebaran. Semoga bermanfaat.

SHARE