Bulan suci Ramadhan memang telah berlalu, meninggalkan kita dengan segala momen indahnya selama giat-giatnya kita beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Jangan sampai setelah Ramadhan berlalu justru kita juga ikut melemah secara iman dan takwa. Yang selama Ramadhan semangat sholat berjamaah namun setelah selesai Ramadhan bahkan sholat saja tidak mau.

Begitupun dalam membaca Al Qur’an, jangan sampai waktu bulan Ramadhan kita sangat menyibukkan diri dengan Al Qur’an namun setelah Ramadhan bahkan memegang kitab suci tersebut saja kita seperti enggan.

Nah, memasuki bulan Syawal ini, ternyata selain kita diberikan banyak keberkahan oleh Allah dengan kesucian Idul Fitri serta hari demi harinya yang banyak berkah juga, ada satu amalan yang sayang sekali untuk kita lewatkan.

Walau memang ini amalan sunnah, namun beberapa ulama besar sepakat bahwa amalan ini sunnah yang sangat dianjurkan, mengingat banyak manfaat serta besarnya pahala dan keutamaan yang akan didapatkan si pelakunya.

Amalan ini adalah puasa sunnah Syawal selama 6 hari. Ternyata jika kita melakukannya dengan tuntas secara ikhlas dan sabar, akan kita dapatkan 3 manfaatnya sebagai berikut ini:

Pahala yang Besar

haritsridwan blogspot com
haritsridwan.blogspot.com

Sesuai dengan hadits shahih dari sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).

Coba kita bayangkan jika sehari berpuasa saja pahala kita sudah begitu banyak, apalagi jika setahun penuh bukan? Tak dijelaskan apakah setahun itu setahun perhitungan manusia atau setahun dalam hitungan Allah, karena itu kuasa Allah.

Namun dengan iming-iming pahala seperti itu apakah kita masih akan rela kehilangan kesempatan menjalankannya? Hehehe.

Menjaga dari Kelalaian

pkspalembang or id
pkspalembang.or.id

Seperti disinggung di awal, bahwa sebagian besar umat Muslim setelah kehilangan Ramadhan akan banyak juga yang kehilangan semangat dalam beribadah dan beramal shalih.

Nah, dengan berpuasa enam hari selama bulan Syawal ini, kita bisa menjaga diri ini dari kelalaian karena telah berlalunya Ramadhan tersebut, agar tetap semangat beribadah dan melakukan amal shalih.

Karena sejatinya puasa bisa mendekatkan diri kita kepada Allah dan mendorong semangat kita untuk beribadah lebih khusyu serta beramal shalih, tentunya juga menjaga kita dari berbuat dosa dan maksiat kan?

Baik Bagi Kesehatan

Kebiasaan-Yang-Baik-Membawa-Pola-Hidup-Sehat
solusi-sehat.com

Setelah kita sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, banyak di antara kita yang lalai menjaga kesehatan, makan dan minum sembarangan dan sebanyak-banyaknya seperti balas dendam.

Hal tersebut sangat merugikan kesehatan karena lambung yang biasanya kosong akan sulit beradaptasi dengan cepat jika langsung dipacu dengan kerja keras.

Maka puasa sunnah Syawal bisa menjadi pilihan untuk pelan-pelan memulihkan kondisi tubuh dan lambung agar tak langsung kaget saat kita sudah tak mulai puasa sebulan penuh lagi.

Selain itu juga tentunya menjaga kita agar tak sembarangan dalam menyantap makanan atau minuman seperti sedang membalas dendam karena sudah tak berpuasa Ramadhan lagi.