Mengerikan. Mungkin hal itu yang akan kamu rasakan jika melewati sungai-sungai ini. Mulai dari lebar sungainya yang begitu jauh, arus derasnya, hingga hewan yang berada di dalamnya akan membuat bulu kudukmu berdiri.

Berikut 3 sungai terseram di dunia yang berhasil kami rangkum.

1Sungai Amazon

youtube.com

Sungai yang berada di Amerika Selatan ini memiliki panjang hingga 6400 km jauhnya. Lebarnya pun bisa mencapai 1 hingga 6 mil pada sungai utamanya. Karenanya, Amazon masuk dalam sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil.

Sebagian pakar menganggap Sungai Amazon sebagai sungai terkuat di dunia. Hal ini dapat diukur dari jumlah air yang mengalir setiap detiknya.

Debit air tawar yang masuk ke Samudra Atlantik sebagai hilir dari Sungai Amazon dapat mencapai seperlima dari total air tawar yang masuk ke lautan di dunia.

Selain itu, Sungai Amazon juga menjadi habitat hewan-hewan menyeramkan yang menjadikan sungai ini semakin ditakuti oleh masyarakat.

beritau.net.com
beritau.net.com

Contohnya seperti Caiman hitam. Hewan amphibi yang masih satu famili dengan buaya Nil ini dapat mencapai panjang hingga enam meter. Spesies buaya ini bahkan memiliki tengkorak yang lebihberat daripada buaya Nil.

Caiman hitam merupakan predator puncak di Sungai Amazon. Dia menjadikan ikan piranha dan ular anaconda menjadi mangsanya. Bahkan, beberapa kali hewan purba ini menjadikan manusia sebagai mangsa yang mudah ditaklukkan.

lamankongsi.com
lamankongsi.com

Anaconda hijau bisa jadi merupakan hewan kedua menyeramkan yang hidup di Sungai Amazon. Berbeda dengan ular anaconda lainnya. Anaconda hijau dapat berkembang jauh lebih besar dan lebih berat.

Seekor anaconda hijau betina dapat memiliki bobot hingga mencapai 250 kilogram dan dapat tumbuh hingga panjang sembilan meter. Diameternya pun bisa mencapai 30 centimeter. Pantas disebut ular raksasa bukan?

2Sungai Kongo

ardyafani.wordpress.com

Sungai yang sebelumnya dikenal sebagai Sungai Zaire ini merupakan sungai dengan kedalaman tertinggi di dunia. Terletak di Afrika tengah bagian barat. Memiliki panjang hingga 2992 mil atau sekitar 4700 kilometer menjadikannya sungai terbesar kedua di Afrika.

Dengan kedalaman hingga 250 meter menjadikan warna airnya bila dilihat dari permukaannya bukan lagi berwarna hijau atau biru, namun berwarna hitam. Terdapat satu jenis ikan mengerikan yang berhabitat di sungai ini.

freddykrueger17.deviantart.com
freddykrueger17.deviantart.com

Orang menyebutnya dengan Goliath Tiger Fish. Ikan ini melegenda hingga turut diberi gelar sebagai ‘DemonFish’. Ukuran panjangnya bisa mencapai lima meter dengan berat hingga mencapai 70 kilogram.

Sungai Kongo juga memiliki catatan tragedi yang cukup menakutkan. Ratusan penduduk tewas dalam serangkaian peristiwa kecelakaan perahu dan feri.

3Sungai Yangtze

hal-halanehdidunia97.blogspot.com

Sungai terbesar dan terpanjang di Asia ini berada di sepanjang daratan negeri Tiongkok. Memiliki panjang sekitar 3964 mil, Sungai Yangtze bermuara di Laut Cina Timur.

Dikarenakan melewati Gurun Gobi, aliran air sungai ini membawa butiran-butiran pasir gurun sehingga menjadikan warna airnya terlihat kuning keemasan. Maka pantas jika masyarakat dunia juga menyebutnya sebagai sungai emas.

sorsow.com
sorsow.com

Curah hujan yang tinggi sepanjang tahun menjadikan Sungai Yangtze memiliki aliran air yang deras. Ditambah jurang-jurang tinggi di sepanjang daerah aliran sungai dan jeram di banyak titik membuat sungai ini berbahaya.

Beberapa kali pemerintah Tiongkok mencoba untuk membuat bendungan untuk menangkal banjir akibat gelombang pasang sungai. Namun hal ini sia-sia belaka. Gelombang pasangnya jauh lebih kuat dan selalu menyebabkan banjir.