Pernikahan adalah sebuah jenjang baru yang sangat berbeda dengan kala seseorang masih single atau lajang dahulu. Jika pada masa lajang seseorang banyak sibuk dengan dirinya sendiri, maka tidak setelah menikah.

Dia akan dihadapkan pada masalah yang dulunya mungkin bisa saja dipermasalahkan agak dalam, namun jika itu dilakukan setelah menikah malah justru akan membuat hubungan dengan pasangan kacau.

Salah satunya adalah mempermasalahkan masa lalu pasangan hidup dalam urusan percintaannya. Jika dulu masih di masa pendekatan sebelum menikah hal tersebut perlu dibahas, maka saat menikah sebaiknya tidak perlu.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut sudah tak ada gunanya lagi dibandingkan banyaknya masalah yang harus segera diselesaikan saat berumah tangga.

Ada masalah anak-anak, masalah keuangan, keluarga, orangtua, pekerjaan, dan masih banyak lagi, sehingga tak perlu berfokus pada hal yang sudah lewat dan sangat sepele macam itu.

Dan 4 alasan ini yang akan semakin menguatkan jawaban mengapa jika sudah menikah itu mengingat atau mencoba terus mempermasalahkan masa lalu percintaan pasangan justru tidak baik:

Semakin Membuat Resah

kata galau kesepian
katagalaubagus.blogspot.com

Semakin kamu berusaha mencari tau atau terus mempermasalahkan masa lalu pasanganmu dalam hal percintaannya, maka semakin kamu akan terus mengalami keresahan.

Kamu akan semakin tak tenang dan kehilangan kepercayaan pada pasangan, karena merasa bahwa pasangan pernah mencintai orang lain sebelum kamu sehingga kita merasa sangat sedih dengan hal tersebut.

Padahal jika kamu melepaskan semuanya dengan ikhlas, maka kamu akan melihat bahwa yang ada di hadapan pasanganmu, yang sangat dicintainya sekarang adalah kamu, maka kamu akan tenang.

Membenci Tanpa Sebab Kepada yang Bersangkutan

benci-tanda-cinta-oleh-Asmara-SegiEmpat
segiempat.com

Sebenarnya apa untungnya juga kita mengetahui siapa-siapa orang yang pernah menjadi masa lalu percintaan pasangan kita? Sama sekali tak ada untungnya.

Karena jika kamu tahu, maka kamu akan berusaha membandingkan dirimu dengannya, bahkan tak segan melakukan itu di hadapan pasangan, dan pastinya justru akan membuat pasangan sedih dan merasa bersalah bukan?

Secara otomatis juga tak bisa dihindari bahwa kamu akan menaruh rasa tidak suka atau bahkan benci pada masa lalu pasangan hidupmu tersebut, padahal dia sama sekali tak tahu apapun.

Bukankah itu sama dengan memutus silaturahim? Hmm…

Membuat Hubungan dengan Pasangan Menjadi Kurang Sehat

Mengapa-Sebaiknya-Diam-Ketika-Bertengkar-dengan-Pasangan
www.kabar-media.com

Pertengkaran dengan pasangan pun bisa jadi akan terseulut ketika kamu terlalu mempermasalahkan masa lalunya dalam hal percintaan. Sebaiknya kamu tak terlalu tahu mendetail apapun yag terjadi dahulu, cukup tahu beberapa saja.

Karena semakin kamu tahu, kamu semakin sakit dan semakin terus mengungkitnya kepada pasangan. Dan hal tersebut akan membuat hubungan kalian semakin ricuh saja.

Membuat Masalah Lain Terbengkalai

laki-laki-depresi-stres
www.dakwatuna.com

Terlalu banyak bertengkar karena masalah sepele justru akan membuat fokusan rumah tangga menjandi terbengkalai. Jangan sampai masalah anak menjadi dikesampingkan karena terlalu banyak mengurusi hal-hal sepele.

Salahs atu hal sepele tersebut adalah masih mempermasalahkan hal-hal yang telah berlalu, atau masa lalu pasangan. Bagaimana pun pasangan di masa lalu, sekarang dia ada di sampingmu.

Sehingga berhentilah menengok masa lalu, dan berjalan lah maju bersamanya untuk menggapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.