Indeks Prestasi Kumulatif atau yang biasa disingkat dengan IPK adalah hal yang sering kita dengar dan sering menjadi bahan pembicaraan ketika duduk di bangku kuliah.

Mendengar kata IPK mungkin bagi sebagian mahasiswa merupakan hal yang kurang menyenangkan.

Mungkin karena ia malas belajar sehingga banyak nilai yang kurang atau masih meraih IPK yang belum begitu bagus, dan bahkan banyak yang beranggapan bahwa IPK ‘tidak terlalu penting’.

Anggapan bahwa IPK ‘tidak terlalu penting’ sempat terlontar mungkin karena kamu mendengar pengalaman oranglain atau bahkan merasakan sendiri bagi yang kuliah sambil kerja bahwa ketika sudah terjun di dunia kerja ternyata yang lebih banyak dibutuhkan adalah soft skills daripada IPK.

Dari hal itu, kamu pun berpikir bahwa IPK bukanlah segalanya. Yup, memang demikian, akan tetapi coba kamu lihat pada kenyataannya sebenarnya IPK itu juga penting untuk meraih impian di masa depanmu.

Apa saja hal yang menjadikan IPK yang bagus itu ternyata penting buatmu.

1IPK Membantu Lulus Seleksi Tahap Awal Dunia Kerja

kerjayuk.com

Coba kamu lihat syarat-syarat di daftar lowongan kerja, kebanyakan mencantumkan IPK minimal. Memang di dunia kerja soft skills memegang peranan yang penting.

Namun ketika akan memasuki kerja tentunya melalui tahap seleksi yang cukup ketat. Mulanya kita mengirimkan CV yang nantinya akan dinilai oleh HRD. Nah, inilah tahap awal yang bisa dibilang pintu gerbang menuju tahap berikutnya.

Jika IPK mu ‘biasa’ saja atau tidak memenuhui standar perusahaan, bisa saja hal itu menjadi penghalang untuk masuk ke tahap selanjutnya.

Biasanya dalam perekrutan  karyawan, sebuah perusahaan memiliki standar yang harus dimiliki oleh para calon pelamar.

2IPK Berpengaruh Ketika Akan Melanjutkan S2

matagaruda.co.id

Setelah lulus mau lanjut kemana? Ada yang memiliki impian untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi selanjutnya yakni kuliah Megister atau S2.

Jangan dipikir saat akan masuk S2 kita hanya mengikuti tes masuk saja. Nilai IPK ketika kamu S1 menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi, IPK sebaiknya sesuai standar Universitas yang berasangkutan.

Jika IPK mu belum memenuhi standar, maka cukup sulit untuk melanjutkan S2. Atau kamu bisa mencari perguruan tinggi yang lain.

3IPK Menjadi Pertimbangan Meraih Beasiswa

www.theismaili.org

Beasiswa merupakan ‘primadona’ yang banyak dicari oleh banyak orang yang ingin menempuh pendidikan tinggi.

Lagi-lagi IPK menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Terdapat syarat minimal IPK atau standar IPK yang harus dipenuhi apalagi jika kamu ingin meraih beasiswa ke luar negeri.

IPK dengan nilai yang baik akan mmebuka jalanmu untk meraih beasiswa yang kamu inginkan. Tapi kamu juga harus memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup baik.

4IPK Sangat Terasa Ketika Momen Kelulusan Tiba

fib.unand.ac.id

Ketika momen-momen wisuda itu tiba, semua orang duduk di sebuah ruangan termasuk juga orang tua dan keluarga dekatmu.

Kamu akan merasakan euphoria kelulusan itu, biasnya saat itu para wisudawan dan wisudawati dipanggil satu perastu dans aat itu pula dibacakan IPK yang diperoleh.

Jika kamu mendapat IPK yang bagus tentu membanggakan kan? Tidak sia-sia bertahun-tahun menuntut ilmu.

Meskipun momen itu hanya berlangsung beberapa saat tapi paling tidak dengan IPK yang bagus membuat bangga dan bahagia orang-orang yang kamu sayang.

Nah, itulah beberapa hal yang membuat IPK bagus itu ternyata juga penting lho. Apapun itu yang terpenting kita bersungguh-sungguh dalam melakukan segala hal.