Bagi kamu yang pernah jadi mahasiswa atau yang sekarang masih berstatus sebagai mahasiswa, pasti pernah ngalamin yang namanya ngantuk di kelas bahkan sampai tertidur. Sekalipun kamu nggak pernah mengalami langsung, namun pastinya kamu pernah lihat dong teman kamu yang tidur saat perkuliahan sedang berlangsung?

Ngomong-ngomong soal ngantuk dan tidur di kelas, kira-kira apa ya yang menyebabkan banyak mahasiswa mengantuk saat kuliah. Padahal kalau dipikir-pikir kan rugi kalau kita tidur di kelas, pertama banyak materi yang pada akhirnya kita nggak ngerti, kedua kita akan malu karena ditegur oleh dosen di depan semua teman-teman, dan yang ketiga kita akan dijuluki tukang tidur oleh teman-teman.

Nah, dengan mempertimbangkan dampak yang begitu merugikan bagi prestasi akademik maupun kredibilitas kita sebagai mahasiswa yang baik, maka sebisa mungkin kita tidak ngantuk di kelas apalagi sampai tertidur.

Untuk mengatasi permasalahan ini, tentunya kita perlu mencari solusinya. Namun sebelum jauh-jauh kita mencari solusi, maka langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah merenungkan penyebab kenapa kita bisa mengantuk dan sampai tertidur.

Back

1. Dosennya Bikin Ngantuk

Kalau kamu mau tau alasan klasik yang bakal disampaikan oleh para mahasiswa yang suka ngantuk di kelas, maka jawabannya karena dosennya bikin ngantuk, materi yang dibawakan kurang menarik, cara penyampaiannya monoton dan masih banyak deretan alasan lainnya.

Padahal kan kesalahan tidak sepenuhnya bisa dilimpahkan kepada dosen. Toh kita juga nggak bisa maksain tuh dosen mengajar dengan cara yang dia nggak bisa kan? Ingat, dosen juga manusia, dibalik kelebihannya, ia pun punya banyak kekurangan. Dan itu nggak bisa jadi alasan untuk menyalahkannya atas apa yang terjadi pada diri kita dalam menyerap pelajaran.

pendidikanindonesia.com
Back