Rezeki merupakan salah satu yang selalu dipikirkan manusia, betapa tidak, tiap hari mereka banting tulang, kerja keras untuk mencari rezeki demi memenuhi dan membahagiakan keluarga tercinta.

Walau hakikat rezeki itu luas, tetap saja sebagian besar manusia memandang rezeki ya harta yang didapat, jadi mereka beranggapan jika tak dapat harta berarti mereka tak dapat rezeki.

Bagi kamu yang merasa rezeki nya kurang lancar, kurang banyak atau kebutuhan kamu soal harta masih saja banyak kekurangan, kamu bisa melakukan 4 amalan dibawah ini.

1Shalat Tahajud

boombastis.com

Shalat tahajud emang luar biasa efeknya, selain membuat kamu dekat dengan ALLAH, membuat tubuh sehat juga dapat melancarkan rezeki. Waktu yang tepat untuk shalat tahajud adalah di sepertiga malam terakhir setelah kamu tidur terlebih dahulu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan.

Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir.

Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari)

Hubungan hadist diatas dengan rezeki adalah jika kamu mempunyai semangat dan hatimu bergembira tentu otak akan berpikir jernih dan lancar, kreatifitas muncul, ide muncul, hal ini lah yang akan mendatangkan rezeki buat kamu.

Prof. Dr. K.H. Didin Hafiduddin, M.Sc membuktikan, salah satu keajaiban shalat tahajud adalah Allah melapangkan rezekinya. “Kita harus yakin bahwa Allah SWT akan mempermudah hamba-hamba-Nya yang selalu ingin dekat dengan-Nya,” tegas beliau

2Doa di Pagi Hari

walgita.wordpress.com

Doa merupakan kekuatan dan senjata seorang muslim, jika kamu berdoa di pagi hari setelah selesai sholat tahajud akan menjadi paket kesatuan yang lengkap. Dan itu menjadi pendukung usaha kamu agar rezeki kamu lancar di hari tersebut.

Tahajud itu saja sudah luar biasa apalagi kamu tambah dengan doa dengan hati yang sesungguhnya serta dengan penuh keyakinan ALLAH akan memperlancar rezeki kamu, maka hari itu hari yang sempurna bagi kamu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, aku akan memperkenankan doanya.

Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

3Sedekah

tabungwakaf.com

Sedekah merupakan salah satu langkah nyata agar rezeki kamu lancar, sedekah bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan saat apa saja, kesempatan bersedekah pun terbuka lebar, jadi jangan ragu sedekah ketika ingin rezeki kamu lancar.

Sedekah yang paling utama yaitu di waktu pagi, karena malaikat juga mendoakan orang yang bersedekah dan orang pelit.

“Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfak”

Sedangkan malaikat yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Ingat guys, doa manusia sering tertolak karena terlalu banyak maksiat yang dilakukan, tapi sangat berbeda dengan doa malaikat

4Shalat Dhuha

ldk.stmik-dci.ac.id

Sedekah merupakan salah satu amalan yang mengundan rezeki, sholat dhuha bisa dilaksanakan di waktu pagi setelah matahari terbit dan sebelum matahari diatas kepala.

Sholat dhuha seperti bersedekah, yaitu bersedekah sendi dalam tubuh manusia, sesuai sabda Rasulullah dibawah ini.

“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?”

Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah.

Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

Itulah 4 amalan yang dapat mengundang rezeki, semoga bermanfaat bagi kamu.