4 Cara Mengajari Anak Untuk Melindungi Diri dari Orang Asing yang ‘Berbahaya’

Posted on

Memilki buah hati yang sudah memasuki masa kanak-kanak membuat orang tua semakin meningkatkan kewaspadaannya.

Apalagi saat mereka memasuki masa balita dan sudah mulai bersekolah. Orang tua tentunya tidak selalu berada di samping anak-anak.

Sedangkan mereka saat bersekolah berada di tengah-tengah orang yang tidak begitu kita kenal. Sekarang ini banyak orang jahat yang berusaha melakukan tindakan kriminal terhadap anak-anak tak berdosa.

Maka dari itu kita harus waspada dan  perlu mengajarkan anak cara melindungi diri dari orang-orang asing sehingga dapat menghindari bahaya.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak cara melindungi diri dari orang-orang yang tak dikenalnya.

Biasakan Untuk Bertanya

1 tanya
agunksulak.blogspot.com

Setiap harinya orang tua dapat membiasakan untuk menanyakan kabar atau cerita si buah hati di sekolah.

Kita dapat bertanya apa yang terjadi hari itu. Kebiasaan tersebut bisa kita pupuk setiap harinya sehingga anak akan terbiasa untuk menceritakan apa saja yang terjadi di sekolah dan hari-hari yang dilaluinya di sekolah.

Saat anak bercerita berilah perhatian penuh padanya dan doronglah dia untuk bercerita lebih banyak.

Hindari pertanyaan yang jawabannya “ya” atau “tidak” sebab hal itu tidak dapat memancing si anak untuk bercerita lebih.

Selidiki Jika Terdapat Tanda-tanda yang Kurang Baik

1 ank murung
masboedi.com

Setelah kita bertanya dan menggali informasi pada si anak, jika ada yang bersikap kasar atau kurang menyenangkan maka bersegeralah untuk mengatasi hal tersebut.

Misal saja sering  anak mengeluh bahwa dia dimarahi oleh gurunya di kelas. Sebagai orang tua kita perlu menyelidikinya.

Apakah memang anak kita yang mengganggu pembelajaran di kelas ataukah ada penyebab lain. Kita bisa menanyakannya kepada guru lebih lanjut untuk menghindari hal tersebut.

Selain itu hubungan terhadap teman-temannya juga perlu diperhatikan. Jika mendengar anak pernah dipukul atau dijaili temannya maka kita juga perlu bertindak, jangan menganggapnya sepele.

Ajarkan Apa yang Pantas

1 anak sopan
kang-isur.blogspot.com

Ajari anak untuk bersikap sopan santun baik dalam tindakan dan ucapan. Selain itu juga dalam hal berpakaian.  Sejak dini ajarkan anak unutk berpakain sopan dan menutup aurat.

Jangan biarkan orang lain melihat atau meyentuh pada bagian tubuh yang tak semestinya dijamah, kecuali saat mereka sedang sakit dan diperiksa oleh dokter.

Beri Tahu Anak Untuk Tidak Malu dalam Mengungkapkan Cerita

1 cerita
psikologan.blogspot.com

Beri tahu si anak untuk tidak perlu malu ataupun takut mengadukan segala hal yang tidak mengenakan atau tidak pantas. Senantiasa ajarkan anak untuk terbuka dan tidak malu dalam mengungkapkan cerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *