Memiliki suasana rumah yang nyaman dan tentram adalah dambaan bagi setiap orang. Salah satu ciri suasana rumah yang  didatangi malaikat rahmat yakni tenang damai.

Tentu kita mengharapkan kehadiran malaikat rahmat di rumah kita. Rumah yang ada malaikat rahmatnya memiliki ciri lain juga yaitu suasana tentram, meyejukkan hati dan pikiran.

Tidak hanya itu, hubungan antara keluarga juga sangat harmonis, tidak ada kekerasan, suasana terasa akrab dan hangat. Kalaupun ada permasalahan akan diselesaikan dengan hati yang jernih.

Lain halnya dengan rumah tanpa kehadiran malaikat rahmat. Rumah tersebut akan terasa kosong seakan tak berjiwa, hampa, tidak tenang, tidak nyaman. Hubungan antar keluarga pun kurang harmonis, komunikasi yang terjalin tidak menyenangkan.

Penting rasanya untuk menjaga suasana rumah agar malaikat rahmat tetap ada menaungi rumah kita dengan kedamaian.

Agar rumah-rumah kita penuh kehangatan, kebahagaiaan dan ketentraman sebaiknya kita isi dengan penerapan nilai-nilai Islami.

Berikut tips untuk ‘mengundang’ kehadiran malaikat rahmat ke rumah kita.

Ciptakan Rumah Selalu dalam Keadaan Bersih dan Rapi

23 bersihh
konstruksirumah.com

Jika rumah dalam keadaan kotor, berantakan, bau atupun tidak rapi pasti membuat penghuni di dalamnya merasa tidak nyaman, suasana hati dan pikiran  juga tidak jernih, mau melakukan aktivitas di  rumah juga jadi malas.

Begitu juga dengan malaikat, ia tidak akan masuk ke dalam rumah yang kotor, berantakan dan bau. Maka dari itu, kita ciptakan rumah yang bersih dan rapi, biasakan anggota keluarga untuk hidup bersih.

Perbanyak Membaca Al-Qur’an

23 baca
as-shihah.blogspot.sg

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan didatangi malaikat, dijauhi syetan dan akan membanjir pula kebaikannya ke dalamnya, jika dibacakan Al-Qur’an di dalamnya.

Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat dan didatangi syetan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Al-Qur’an.” (HR. Ad-Darimi)

Membaca Al-Qur’an  selain dapat menyejukkan hati dan mendatangkan pahala yang besar, ternyata juga dapat menghadirkan malaikat rahmat ke dalam rumah kita.

Maka, kita biasakan untuk senantiasa membaca Al-Qur’an di dalam rumah, kita hiasi rumah dengan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an.

Banyak Berdzikir

23 dzikir
www.wallpaperislami.com

Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Tidaklah sekali-kali sebuah kaum duduk dengan berdzikir kepada Allah kecuali mereka akan dikelilingi malaikat dan akan disirami rahmat dan akan turun kepada mereka ketenangan. Alla akan menyebutkan tentang mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Kita tahu bhawa malaikat merupakan makhlukyang senantiasa berdzikir dan bersujud kepada Allah dengan tak mengenal lelah, maka malaikat sangat menyukai orang-orang yang banyak berdzikir dan bersujud.

Orang-orang di Dalamnya Berakhlakul Karimah

23 family
keluargabahagia.info

Rumah yang di dalamnya dihuni oleh orang-orang yang memiliki akhlak baik akan terasa nyaman dan damai.

Akhlak baim tersebut antara lain berkata lemah lembut, sopan santun, saling menyayangi dan menghormati, dan lain sebagainya.

Jika para penghuninya adalah orang-orang yang ingkar, suka berkata kasar, tidak sopan, dan lainnya, maka suasana rumah akan terasa panas dan tidak nyaman. Tentu syetan sangat betah berada di dalamnya.

Mari kita perbaiki dan benahi diri serta mengajak anggota keluarga menjaga kebaikan-kebaikan agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah, sehingga malaikat-malaikat akan bertebaran  di rumah memberikan rahmat dan ketenangan.