Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan memiliki kekayaan kandungan nutrisi yang begitu banyak. Khususnya vitamin dan mineral. Bersyukurlah bagi kamu yang berada di Indonesia. Di negara ini, varian buah-buahan sangat banyak dan bisa didaptkan dengan cukup mudah.

Namun masalahnya, saking banyak dan mudahnya mendapatkan buah-buahan. Justru tidak sedikit orang Indonesia yang tidak suka untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Mungkin karena bentuknya dan warnanya yang aneh. Rasanya yang kurang familiar atau sebab lainnya.

Barangkali kamu merupakan salah satu orang yang juga tidak menyukai mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Padahal kebiasaan ini justru dapat membuatmu merasa rugi. Mungkin sekarang kamu belum bisa menyadarinya.

Namun ketika kamu diserang suatu penyakit atau saat usia sudah tidak muda lagi kemudian sakit-sakitan. Asupan nutrisi yang selama ini kamu masukkan melalui makanan dan minumanmu lah yang berperan besar sehingga muncul masalah seperti itu.

Oleh karena itu, mulai hari ini kamu disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Dan bagi kamu yang masih enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk buah segar. Bisa mencoba beberapa alternatif membuat olahan buah seperti berikut ini.

1Jus Buah yang Menyegarkan

essenstoria.blogspot.com

Kamu punya blender di rumah? Kamu bisa memanfaatkan alat ini untuk membuat jus buah. Cara ini lebih tepat lagi jika digunakan pada buah yang bertekstur daging keras seperti apel, jambu, pir dan buah lainnya.

Membuat jus buah pun tidak harus hanya menggunakan satu jenis saja. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa buah untuk mendapatkan manfaat berlipat dan rasa yang lain daripada yang lain.

Selain itu, jus buah buatan sendiri lebih terjamin karena kamu tahu sendiri bahan apa saja yang kamu masukkan. Jelas lebih sehat dibandingkan minuman kemasan yang dijajakan di toko-toko yang banyak mengandung bahan pengawet, perasa tambahan dan bahan pewarna.

2Salad Buah

motherandbaby.co.id

Metode yang satu ini juga bisa kamu coba. Khususnya bagi kamu yang tidak memiliki blender. Kamu bisa mengkreasikan beberapa varian buah menjadi hidangan salad buah yang menyegarkan dan tidak kalah nikmatnya dengan jus buah.

Caranya pun sangat mudah. Kamu tinggal memotong-motong buah menjadi ukuran kecil seperti hendak membuat sop. Kemudian campurkan susu atau krim kental manis untuk menambah variasi rasa.  Mudah bukan?

3Rujak Buah

achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id

Menyukai makanan pedas tidak berarti menghalangimu untuk dapat mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Justru jika kamu menyukai rasa pedas, kamu bisa mengkombinasikan bumbu rujak dengan tambahan gula merah yang manis sehingga tercipta hidangan rujak buah.

Tidak berbeda jauh dengan cara membuat salad buah tadi. Kamu hanya tinggal memotong-motong buah menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian kamu campurkan dengan sambal rujak yang telah kamu siapkan sebelumnya.

Membuat sambal rujak buah pun cukup mudah. Campurkan saja sambal kacang dengan gula merah yang telah dicairkan menggunakan kompor atau sejenisnya. Rujak buah lebih nikmat jika ada buah yang rasanya asam seperti mangga muda.

4Manisan Buah

pixabay.com

Manisan buah merupakan olahan buah yang direndam dalam larutan gula dalam waktu yang cukup lama. Produk olahan buah yang satu ini terbagi menjadi dua, yaitu manisan basah dan manisan kering.

Beberapa jenis buah-buahan yang cocok digunakan untuk manisan basah seperti pepaya, ajmbu biji, nangka, dan mangga. Sedangkan untuk manisan kering seperti kedondong, asam jawa, bengkoang, jambu mete, dan semangka.

Cara pembuatannya memang gampang-gampang susah. Pertama kamu harus mencuci dan mengupas terlebih dahulu buah-buahan yang hendak dijadikan manisan. Kemudian potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Setelah itu rendam buah-buahan yang telah dipotong-potong dalam larutan gula dan simpan dalam waktu tertentu. Khusus untuk manisan kering, ada tambahan tahap pengeringan dengan penjemuran di bawah sinar matahari langsung.