Salah satu hal yang dinanti anak sekolah adalah hari libur, apalagi liburan panjang. Salah satu liburan yang bisa dinikmati anak sekolah adalah libur puasa Ramadhan.

Ketika liburan puasa, banyak anak remaja yang menjadi malas, meskipun tidak semuanya bahkan sampai-sampai mengeluh dengan puasanya, harus menahan lapar dan haus.

Mereka biasanya mencari cara untuk menghabiskan waktu agar puasa yang dijalaninya tidak terasa berat.

‘Menghabiskan’ waktu menunggu waktu berbuka puasa biasanya disebut dengan istilah “ngabuburit”.

Agar kamu tidak bosan atau jenuh, ada beberapa hal yang dapat kamu coba ketika ngabuburit supaya Ramadhanmu berkesan dan bermanfaat.

1Tadarus dan Khatam Al-Qur`an

puisiazzet.files.wordpress.com

Sebelum Ramadhan tiba, pastinya kamu memiliki beberapa target yang ingin dicapai. Apakah tadarus atau  mengkahatamkan Al- Qur’an masuk dalam list targetmu?

Well, saat libur puasa Ramadhan merupakan kesempatan bagimu untuk mengkhatamkan 30 Juz Al-Qur’an.

Memang terlihat banyak ya, tapi jika kamu memiliki niat dan kesungguhan semua akan terasa ringan, percayalah.

Kamu bisa melakukannya dengan membaca Al-Qur’an satu atau dua juz perhari, dengan cara mencicilnya, yakni membaca beberapa halaman tiap selesai sholatwajib atau dikala senggang.

2Belajar

www.sekolahinggris.com

Saat liburan kamu memiliki banyak waktu luang, iya kan? Meskipun ketika menjalani puasa kadang badan terasa lemas, tapi semangatmu harus tetap on.

Usahakan jangan mentang-mentang libur sekolah kamu seenaknya malas-malasan. Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar dengan santai.

Akan lebih asyik jika kamu mengajak teman buat belajar kelompok. Namun jika kamu lebih nyaman belajar sendiri dengan gaya belajarmu, it’s ok.

Belajar tidak hanya memulu tentang pelajaran umum seolah tapi juga ilmu agama, apalagi pas puasa, jadi liburanmu juga tidak sia-sia karena banyak ilmu yang kamu peroleh.

3Melakukan Hobi

perfectogift.com

Liburan Ramadhan bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyalurkan hobimu. Mengisi waktu luang dengan melakukan hal positif selain menyenangkan juga mendapat pahala.

Misal kamu bisa mencoba membuat menu buka puasa spesial, mengirim tulisan di berbagai event Ramadhan, atau yang hobi motret kamu bisa melakukannya dengan fun.

4Berbagi

me.unram.ac.id

Ini dia salah satu hal menyenangkan yang bisa kita lakukan saat Ramadhan, yakni berbagi. Apalagi momen ini kamu lakukan bersama dengan teman-temanmu, akan semakin seru tentunya.

Berbagi tidak hanya identik dengan uang, kamu bisa berbagi makanan berbuka, sahur atau takjil saat sore hari.

Kegiatan tersebut menyenangkan dan di dalamnya terdapat berkah dan pahala yang besar jika kita melakukannya ikhlas serta niat karena Allah.

Cara di atas seru dan bermanfaat bukan? Kamu bisa mencobanya, semoga bermanfaat.