Pada bulan Ramadhan umat Muslim sagat bersuka cita, sebab di bulan ini Allah melimpahkan rehmat, berkah dan ampunannya.

Pintu-pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka dikunci , setan-setanpun dibelenggu. Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Memang bulan suci ini identik dengan memperbanyak ibadah. Tidak hanya ibadah wajib ataupun rutin seperti sholat dan tadarus Al-Qur’an a saja  yang bisa kita lakukan.

Ternyata banyak hal sederhana yang bernilai ibadah  lho dan cara sederhana tersebut bisa dengan mudah kamu lakukan di bulan Ramadhan ini.

1Membeli  Sandal Jepit dan Taruh Di Masjid

www.cepatparamex.com

Adalah hal yang sangat sederhana, kamu bisa membeli sendal jepit dan taruhlah sandal tersebut di musola atau di masjid dekat rumah yang sekiranya membutuhkan alas untuk berwudhu.

Jika setiap kali sandal jepit  itu dipakai maka kamu akan selalu mendapatkan pahala dari sana. Mudah bukan? Kamu bisa menerapkan ide yang belum banyak orang melakukannya ini.

2Memberi Makan Binatang

archive.kaskus.co.id

Cobalah untuk mengamati lingkungan sekitarmu, jika banyak burung-burung kecil yang bertebangan di sekitar rumahmu, maka tidak ada salahnya memberinya makan.

Kamu dapat menaruh segelas air atau makanan kecil di jendela sehingga burung-burung itu dapat memakannya.

Atau jika tidak, kamu dapat memberi makan kucing atau hewan-hewan lainnya. Memberi makanan binatang yang juga merupakan ciptaan Allah juga merupakan ibadah.

3Memberikan Perasaan Gembira Kepada Sesama

nafirikasih.blogspot.com

Perasaan gembira dapat kamu tunjukkan misal dengan memberikan senyuman kepada orang lain. Bukankah senyum itu dalah ibadah?

Dengan menampakkan wajah yang bahagia dan hangat kepada sesama dapat membuat orang lain merasa nyaman dan menandakan bahwa kamu cukup terbuka dengan orang lain.

Kamu juga dapat menghibur teman atau saudaramu yang sedang bersedih. Mendengarkan curahan hati mereka  dan mengajakknya untuk tidak larut dalam kesedihan.

4Membeli Al-Qur’an dan Taruhlah di Masjid

dainusantara.com

Kita tahu bahwa setiap huruf Al-Qur’an  yang dibaca terdapat pahala di sana. Nah, kamu bisa melakukan ide ini yakni memberikan Al-Qur’an ke musola atau masjid agar setiap orang dapat membacanya.

Perbuatan itu sangat bernilai ibadah dan tentunya sumber pahala pula bagi dirimu.

Itulah beberapa hal sederhana yang bernilai ibadah yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

SHARE