Bagi para mahasiswa yang ingin memiliki hunian layaknya rumah sendiri dengan beberapa teman, atau pasangan suami istri yang baru saja menikah, mengontrak adalah pilihan pertama.

Apalagi jika dana untuk membeli rumah baru masih minim, sehingga memang hanya mampu membayar sewa untuk kontrak rumah.

Mengontrak ada beberapa keuntungan, diantaranya bisa menghemat pengeluaran, sehingga uang tabungan bisa dialokasikan untuk kepentingan mendatang.

Namun ada juga kerugiannya, yaitu memang selama apapun mengontrak, rumah tersebut tidak bisa menjadi sebuah investasi masa depan, karena bukan milik pribadi.

Hmm, terlepas dari itu, jika kamu memang memiliki niat akan mengontrak rumah, ada 4 hal penting yang harus kamu perhatikan seperti berikut ini.

1Harga Sewa Kontrak

xmuda.com

Pertama yang perlu kamu perhatikan tentunya masalah budget atau dana sewanya. Apakah sesuai dengan uang yang kamu miliki?

Nah, jika kira-kira penghasilanmu tak mencukupi untuk membayar sewanya, lebih baik urungkan niat untuk mengontrak rumah tersebut.

Carilah rumah yang memiliki budget sewa yang kira-kira bisa kamu bayar dengan penghasilanmu.

2Lokasi Rumah

accsoleh.wordpress.com

Karena kelak kamu akan tinggal di rumah itu, maka yang perlu kamu perhatikan adalah lingkungan sekitar calon rumahmu tersebut.

Pilihlah rumah kontrakan dengan lingkungan masyarakat yang baik, ramah, dan terhindar dari konflik. Serta yang memiliki akses mudah untuk ke pusat kota.

Selain itu, yang perlu kamu perhatikan bahwa lingkungan rumah kontrakanmu itu aman, dan tidak akan membuatmu bersama teman-teman atau keluarga terseret bahaya.

3Fasilitas Rumah

www.ariobimoresidence.com

Bermacam-macam rumah kontrakan yang ditawarkan pasti juga memiliki bermacam-macam fasilitas yang mengikuti di dalamnya.

Misal tentang berapa jumlah kamar tidur dan kamar mandi, ada juga yang menawarkan rumah kontrakan beserta barang-barang isinya, dan sebagainya.

Nah, jika kamu ingin mengontrak rumah, kamu juga harus mempertimbangkan fasilitas rumah kontrakan tersebut, benar-benar sesuai atau tidak dengan kebutuhanmu.

4Surat Perjanjian

www.infostudiluarnegeri.com

Yang perlu kamu perhatikan adalah adanya hitam di atas putih dari perjanjian sewa rumahmu tersebut, yaitu antara kamu dengan pihak yang mengontrakkan rumahnya.

Jangan sampai ada hal yang merugikan salah satu pihak karena kelalaian tidak adanya hitam di atas putih tersebut. Karena bisa berbuntut panjang.

Nah, itulah tadi 4 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengontrak rumah. Karena hal-hal tersebut bisa membantumu untuk mendapatkan kehidupan dan hunian yang nyaman.