Kapan kamu membawa anakmu ke doketr gigi? Apakah hanya ketika gigi sang anak sedang beramasalah?

Memang pada umumnya saat gigi anak sedang sakit atau bermasalah barulah para orang tua memeriksakan gigi anak ke doketr.

Hal tersebut merupakan sebuah pandangan yang keliru, pemerikasaan gigi ke dokter gigi juga perlu dilakukan tidak hanya ketika gigi bermasalah, tak terkecuali bagi bayi.

American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) dan American Dental Association (ADA) mengemukakan bahwa dalam kurun waktu yang tidak lebih dari enam bulan setelah gigi pertama anak  tumbuh,

sebaiknya orangtua sudah membawanya ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan gigi pertamanya.

Dengan melakukan pemeriksaan pertama ke dokter gigi, akan memberikan gambaran secara lengkap tentang kondisi gigi anak sejak ini.

Sehingga kamu akan mendapatkan banyak petunjuk perawatan gigi anak, yang meliputi cara menyikat gigi yang benar, ataupun hal-hal apa saja yang dapat mengancam kesehatan gigi anak.

Yang perlu diketahui bahwa kerusakan gigi dapat terjadi sejak gigi pertama si kecil tumbuh. Maka usahakan untuk melakukan pemerikasaan gigi ketika anak berusia tidak lebih dari satu tahun.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan pemeriksaan pertama gigi anak.

Mencari Dokter Gigi Khusus Anak yang Terpercaya

dokter anak kiki widyasari
http://klinikgspesialisgigianakyogyakarta.blogspot.com

Sebaiknya carilah dokter gigi khusus anak-anak sebab dokter gigi anak memiliki tambahan ilmu daripada  dokter gigi umum yang biasanya untuk orang dewasa.

Tidak hanya itu, ia juga memahami perkembangan anak baik dari segi fisik dan mental. Maka menjadi pilihan yang tepat memilih dokter gigi anak dalam melakukan pemeriksaan gigi anak perdana.

Memilih Tempat dan Waktu Pemeriksaan yang Tepat

baby 1
http://www.mybaby.co.id

Pilihlah tempat yang menyenangkan bagi anak agar tidak merasakan ‘ketakutan’ saat periksa. Misalnya dengan memilih klinik gigi dengan suasana yang menyenangkan.

Bagi beberapa anak ada yang merasa kurang nyaman dengan suasana rumah sakit, dengan berbagai hal di dalamnya seperti terlalu lama antri dalam kondisi yang kurang menyenangkan, banyaknya pasien yang kadang membuat takut, dan lain-lain.

Selain itu, waktu yang pas untuk pemeriksaan adalah saat pagi hari, ketika anak telah mendapatkan sarapan dan istirahat, dokternya pun masih dalam kondisi segar di awal hari.

Bangunlah Sikap Positif Anak Terhadap Dokter Gigi

bayi 3
http://www.healthandfresh.com

Saat akan melakukan pemeriksaan perdana, tanamkan pada anak presepsi positif tentang dokter gigi.

Yakinkan bahwa pemeriksaan gigi bukan pengalaman yang menyakitkan justru dengan memeriksakan gigi dapat menjaga kesehatan gigi.

Caranya, kamu dapat membacakan cerita tentang pengalaman yang menyenangkan ke dokter gigi, atau semacamnya.

Hindari Mengiming-ngimingi dengan Hadiah

bayi hadiah
http://www.solusiproperti.com

Berilah penghargaan pada anak yang telah menjalani pemeriksaann gigi, misal dengan pujian dan beri semangat untuk tidak taku pada dokter gigi.

Jangan langsung memarahi si anak jika hasilnya pemerikasaan kurang baik.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting, sebab segala asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh masuk melalui mulut dan gigi.