Setelah lulus menjadi mahasiswa, keluar dari kampus tercinta, maka gelar alumni akan disandang.

Kehidupan di kampus selama jadi mahasiswa seolah menjadi pembuktian sejauh mana seseorang mampu bertahan di tengah gempuran arus kehidupan pasca kampus.

Kehidupan pasca kampus yang ganas itu bisa dengan mudah diatasi ketika pada beberapa bagiannya dibantu oleh yang namanya komunitas alumni.

Nah, inilah beberapa ikatan alumni universitas yang update dan keren dalam membantu para anggotanya (mahasiswa pasca kampus) untuk bisa survive dengan kehidupan di luar kampus.

HA IPB

miftahfarid.com
miftahfarid.com

Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor ini menjadikan himpunan alumni sebagai rumah yang nyaman dan teduh bagi para alumni untuk mengabdikan diri pada bangsa dan negara.

Kekuatan alumni IPB sekitar 84 ribu orang, semuanya menyebar di seluruh profesi. Diharapkan para alumninya bisa bersatu membangun bangsa.

Hal tersebut dibuktikan dengan HA IPB yang memiliki SDM dan idealisme yang sama-sama kuat.

Agenda penguatan elemen SDM tersebut menjadi cikal bakal kekuatan bangsa yang memang sedang membutuhkan banyak SDM dengan kemampuan intelektual tinggi demi penguatan masyarakat sipil.

Institut yang berada di Bogor ini telah berhasil mempersembahkan alumni yang luar biasa. Alumni IPB ini telah berhasil menjadi bunga bangsa yang harumnya tiada tara.

Misalnya saja, Mantan Presiden SBY. Beliau berkuliah di IPB demi mendapatkan gelar doktornya. Alhasil, pada tanggal 3 Oktober 2004, beliau berhasil meraih gelar doktor (Ph.D.) dalam bidang Ekonomi Pertanian dari IPB.

Ada juga Taufiq Ismail. Seorang penulis dan penyair terkenal Indonesia. Beliau pernah berkuliah di IPB. Tak hanya berkuliah, beliau pun sempat mengajar disana, meskipun akhirnya tidak mengajar di IPB lagi. Namun, nama beliau tetap tak bisa lepas dari IPB.

Selanjutnya, Adhiyaksa Dault, yang dikenal sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada masa Kabinet Indonesia Bersatu jilid pertama. Masa jabatannya adalah dari 21 Oktober 2004 hingga 22 Oktober 2009.

Beliau dikenal sebagai sosok yang ulet. Banyak kebijakan penting yang diambil selama menjabat, salah satunya mengenai kebijakan atlet Indonesia yang berjilbab.

Ternyata, beliau juga lulusan IPB. Pada tahun 2007, beliau meraih gelar doktor (S3) Jurusan Teknik Kelautan.

KAGAMA 

fapet.ugm.ac.id
fapet.ugm.ac.id

Keuarga Alumni Universitas Gadjah Mada ini memiliki visi besar untuk mengoptimalisasi peran jaringan alumni dan almamater dalam rangka penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara,

untuk mensejahterakan rakyat dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Salah satu alumninya yang menjadi tokoh nasional adalah Mahfud MD. Ia yang merupakan mantan menteri pertahanan ini memperoleh gelar sarjana S1 di Fakultas Sasdaya UGM.

Pada tahun 1993, gelar Doktor telah diraihnya dari Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

ILUNI UI

jambisatu.com
jambisatu.com

Salah satu alumninya yang menjadi tokoh nasional yaitu Chandra M. Hamzah. Ialah komisioner KPK termuda yang lahir di Jakarta pada 25 Februari 1967.

Walau masih hijau, alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) tahun 1995 ini langsung dipercaya menjabat Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan serta Bidang Informasi dan Data pada periode jabatan 2007-2011.

Ada lagi Sri Mulyani Indrawati selaku orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini alumni UI lho. Tepatnya Fakultas Ekonomi (FE UI).

IA ITB

rizanovara.wordpress.com
rizanovara.wordpress.com

Pada tahun 2004, Zaky melanjutkan studinya di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung. Di bidang akademis, Zaky sempat mendapat IPK 4.00 di semester pertama.

Selain kegiatan akademis, Zaky tercatat pernah mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di ITB. Ia menjadi salah satu penggagas lahirnya cabang ShARE Global Student Think-Tank di ITB.

Zaky juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Ia pun aktif di Amateur Radio Club (ARC) ITB.

Selama berkuliah, Zaky sering menjuarai beberapa kompetisi tingkat nasional, Salah satunya adalah juara II pada Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Ia membuat perangkat lunak yang disebut MobiSurveyor.

Para Alumni ITB menyadari sepenuhnya, dengan tangan terbuka, menyambut tanggung jawab kemanusiaan yang dipikulkan ke pundaknya.

Suatu perguruan tinggi, berikut para alumninya, wajar menjadi pelopor dari kemajuan kebudayaan manusia dan kemajuan masyarakatnya agar menikmati kehidupan adil, makmur, dan sejahtera.

Kehidupan yang secara layak dirasakan melalui usaha mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni beserta kemanfaatannya.

[td_smart_list_end]