Bagi umat Muslim, sudah menjadi sebuah keharusan untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup karena di sana semua aspek kehidupan telah Allah atur dengan sangat baik dan tak terbantahkan.

Selain Al Qur’an, ada lagi pedoman hidup yang turut menyempurnakan jalan umat Muslim dalam menggapai ridho Illahi, yaitu As Sunnah, yang merupakan sunnah Rasulullah, sebagai suri tauladan.

Tidak hanya tentang ibadah, bahkan pada hal-hal terkecil dalam kehidupan yang seringnya umat Muslim anggap sepele ternyata diatur dengan sangat detail oleh Allah di Al Qur’an dan dicontohkan dengan baik oleh Rasulullah dalam sunnah-sunnahnya.

Salah satunya tentang adab melaksanakan resepsi pernikahan, atau walimatul ursy. Tentang bagaimana seharusnya umat Muslim menjalankannya agar uang dan tenaga yang dikeluarkan tak mubadzir justru berbuah pahala, semua diatur dengan detail.

Seperti contoh aplikasinya yang bisa kita tiru adalah 4 inspirasi pernikahan islami berikut ini, dijamin akan membuatmu tenang karena uang dan tenagamu akan mendapatkan pahala dari Allah alias tak sia-sia.

Walaupun Prasmanan, Tetap Menyediakan Kursi dan Meja

venue-pernikahan-Mangiare-Cafe-bogor
alienco.net

Rasulullah sangat membenci seseorang yang makan dan minum dalam kondisi berdiri, selain ternyata juga tidak baik bagi kesehatan, hal tersebut bukan menggambarkan akhlaq seorang Muslim.

Adab makan adalah membaca do’a, perlahan-lahan, tidak berlebihan, dan sambil duduk. Begitupun dengan saat minum.

Sehingga walaupun di pernikahanmu nanti memakai jasa katering prasmanan, namun tetap sediakan kursi dan kalau perlu meja untuk tempat duduk para tamu.

Naluri manusia, ketika ada kursi mereka akan memilih duduk daripada berdiri pada saat mengunyah makanan. Lebih baik lagi jika memang para tamu undanganmu diarahkan untuk duduk dan hanya berdiri saat mengambil makan minum saja.

Hiburan yang Tidak Melenakan

IMG02242-20130819-1408
suarasyuhada.blogspot.com

Musik adalah salah satu hal yang dapat melenakan manusia, itulah mengapa musik dan Al Qur’an tak dapat disatukan.

Bagi seseorang yang ingin menghafal Al Qur’an maka dia harus menghindari terlalu banyak mendengarkan musik, karena hafalannya tak akan masuk.

Jangan sampai di pernikahanmu kamu menyumbangkan dosa dengan melenakan diri dan para tamu undanganmu dari Allah.

Maka jika memang terpaksa harus menyuguhkan musik, berilah musik yang positif seperti nasyid tanpa iringan alat musik (acapela) yang syairnya banyak mengingatkan kepada Allah.

Jika bisa dihindari, maka banyak alternatif hiburan lain, bisa saja mendatangkan motivator, ustadz/ah pengisi kajian, dan banyak hal positif lainnya bukan?

Memisahkan Tamu Laki-laki dan Perempuan

maxresdefault
i1os.com

Mungkin bagi masyarakat Indonesia hal tersebut masih sangat asing, dianggap terlalu fanatik atau sebagainya. Namun sesungguhnya hal tersebut memang sesuai dengan sunnah dari Rasulullah terkait adab walimatul ursy.

Khawatirnya dengan percampuran antara tamu laki-laki dan perempuan akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, apalagi saat pesta kebanyakan selalu berdandan secantik dan setampan mungkin bukan?

Islam begitu luar biasa mengatur dan menghindarkan umatnya dari keburukan sekecil apapun itu. Namun jika hal tersebut belum bisa diterima, kamu bisa mencobanya pelan-pelan.

Misalnya dengan memisahkan meja makan dan minuman prasmanan, khusus laki-laki dan khusus perempuan sendiri, kemudian menyediakan kursinya di dekat meja-meja tersebut.

Maka jika ada kursi yang lebih dekat sedang mereka sedang membawa piring dan gelas, buat apa kan menuju kursi yang lebih jauh? Hehehe.

Pakian Syar’i

Model-Gamis-Pengantin-Syari
nawlaa.com

Bagaimana seseorang pasti dilihat juga dari cara dia berpakaian. Termasuk saat merayakan kebahagiaan di hari pernikahannya.

Tak perlu mubadzir kemudian berpakaian dan berhias secara berlebihan karena hal tersebut justru akan membuat orang tak terlalu suka memandangnya.

Gunakan pakaian yang sesuai identitas kita sebagai Muslim, pengantin wanita dengan jilbab yang menutup dada dan yang laki-laki rapid an tidak terbuka.

Toh sekarang sudah banyak model pakaian pengantin syar’i yang tak kalah cantik dan menarik juga untuk dipandang tanpa harus berlebihan namun tetap tertutup rapi.