Ikan louhan adalah jenis ikan air tawar yang banyak dipelihara. Ikan ini biasanya hanya membutuhkan aquarium dengan ukuranĀ  200 x 170 x 80 cm untuk ikan yang memiliki panjang sekitar 40 hingga 50 cm.

Ikan louhan adalah spesies hybrid yang artinya perkembangbiakan ikan turunan melalui proses campur tangan manusia. Campur tangan manusia ini biasanya untuk mendapatkan benjolan unik dikepala louhan.

Beberapa jenis ikan louhan asli biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara terutama di Negara Malaysia dan Taiwan. Nah, kalau kamu tertarik memelihara ikan louhan sebagai penghias aquarium, beberapa jenis ikan louhan ini bisa menjadi pilihanmu.

1Ikan Louhan Cencu

duduul.com

Cencu adalah ikan louhan yang paling popular dan diminati oleh pecinta ikan. Mutiara adalah factor utama kenapa ikan ini banyak dicari. Keberadaan mutiara membuat ikan ini disebut sebagai ikan lohan mutiara.

Lohan cencu dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis modern dan klasik. Jenis klasik memiliki warna yang lebih menonjol namun mutiaranya tidak banyak, sedangkan jenis modern memiliki mutiara yang lebih banyak bahkan sampai pada bagian pipi dan kepalanya.

Harga ikan louhan ini biasanya berkisar dari 40-an ribu hingga 1, 2 juta rupiah. Waw!

2Louhan Super Red Dragon

f15louhan.blogspot.com

Eits, bukan judul film kartun ya. Ikan yang satu ini memiliki warna merah yang cukup mencolok. Ikan ini merupakan produk asli Thailand yang telah dikenal diberbagai Negara termasuk Indonesia.

Harga louhan super red dragon biasanya berkisar diangka 2 jutaan namun akan naik jika nong-nongnya semakin menonjol. Jangan coba-coba dicat ya guys. Hehe.

3Louhan Rainbow King

duduul.com

Sesuai dengan namanya, dia adalah raja dalam beberapa kontes louhan internasional. Ikan ini berasal dari Singapura dan mengalahkan kepopuleran jenis ikan louhan lainnya seperti kamfa.

Warna tubuh yang menyererupai pelangi menjadi alasan utama mengapa ikan ini disebut dengan rainbow king.

4Louhan Strom

www.satwapedia.com

Masih banyak yang belum mengetahui seluk beluk hadirnya ikan louhan ini.

Para pecinta ikan percaya bahwa ikan ini merupakan produk kawin silang yag dilakukan oleh pecinta ikan di Thailand sehingga muncul spesies baru dengan marking horizontal dan keberadaan mutiara dikepalanya yang mengingatkan kita terhadap keberadaan texas chiclid.

SHARE