Salah satu bagian tubuh manusia yang berperan dalam proses pencernaan adalah gigi. Gigi memiliki peranan penting, ia berfungsi untuk ‘menghancurkan’  makanan menjadi partikel yang lebih lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Gigi merupakan aset penting, maka dari itu kita harus senantiasa merawat dan menjaga kebersihannya setiap hari.

Masalah gigi terkadang membuat kita merasakan rasa sakit yang bisa dibilang tidak biasa, seperti gigi berlubang, gigi sensitif, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang mencabut gigi adalah salah satu solusi praktis agar ‘terbebas’dari yang namanya sakit gigi.

Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa mencabut gigi yang benar harus sesuai dengan aturan medis dan dilakukan oleh dokter gigi.

Sebab jika pencabutan gigi dilakukan dengan sembarangan, tidak sesuai dengan prosedur dan anjuran dokter bisa membahayakan kesehatan.

Berikut beberapa kondisi  yang harus kamu perhatikan  sebelum mencabut gigi.

Penderita Diabetes

diabetes
www.nidanhospital.com

Diabates merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam tubuh. Untuk penderita diabtes, pencabutan gigi harus memerlukan perhatian yanglebih serius.

Pada umumnya, pengidap diabetes jika terluka akan sulit sembuh, termasuk luka yang diakibatkan oleh gigi yang telah dicabut.

Sebelum melakukan pencabutan gigi sebaiknay periksa terlebih dahulu kadar gula dalam tubuh. Dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter gigi atau tenaga medis yang ahli dibidangnya.

Hipertensi

dr kiki widyasari
tabloidnova.com

Hipertensi adalah penyakit dengan tekanan darah di atas normal atau tinggi. Hipertensi bisa tejadi kapan saja ketika ada hal yang memicunya. Maka harus berhati-hati terhadap kondisi hipertensi ini.

Pencabutan gigi sebaiknya tidak dilakukan saat tekanan darah sedang tinggi sebab akan mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah meningkat.

Ketika akan melakukan pencabutan gigi pastikan tekanan darahmu normal guna menghindari pendarahan yang berlebihan saat gigi telah selesai dicabut.

Ibu Hamil

ibu hamil
www.sehatfresh.com

Biasanya sebelum gigi dicabut, si pasien diberikan obat bius. Nah, pemberian obat bius pada ibu hamil sebelum tindakan pencabutan gigi dikhawatirkan akan menimbulkan kontraksi pada kehamilan.

Sebaiknya pencabutan gigi dilakuakn pada usia kandungan 4 hingga 6 bulan dan pastikan  kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat.

Namun, alangkah jauh lebih aman dan lebih baik jika kondisi gigi tidak parah, ibu hamil menunda dulu untuk mencabut gigi sampai selesai melahirkan.

Gusi Sedang Bengkak Atau Gigi Sedang Sakit

gigi
www.cepatparamex.com

Kebanyakan orang beranggapan bahwa untuk menghilangkan sakit gigi, lebih baik gigi segera dicabut.

Padahal mencabut gigi dalam keadaan gigi sedang sakit atau gusi sedang bengkak bisa berakibat fatal dan tentunya sangat membahayakan.

Ketika gusi sedang bengkak, ini merupakan tanda-tanda bahwa gigi atau gusi tersebut sedang terkena infeksi.

Jika dipaksakan untuk mencabut gigi, maka kuman dari infekdi bisa masuk ke pembuluh darah yang terbukadi seluruh tubuh. Ditambah lagi jika kondisi pasien tidak fit atau menurun bisa mengakibatkan meninggal dunia.

Apapun kondisimu, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter gigi dulu sebelum melakukan pencabutan gigi. Mari kita jaga kesehatan gigi kita, bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here