katavanti.wordpress.com

4 Macam Bekal Makanan yang Praktis dan Tetap Sehat

Posted on

Membawa bekal makanan mungkin jika di Negara kita, Indonesia, masih terasa sedikit asing. Apalagi jika kamu adalah pegawai kantoran dengan jabatan yang mentereng.

Alternatif makan di restauran mahal atau bagi para karyawan yang makan di kantin kantor bersama dengan teman-teman kerja, selalu menjadi idola di kalangan para pegawai.

Namun tahukah kamu? Di berbagai Negara, terlebih Jepang, alternatif makan siang atau sarapan di luar (entah kantin atau restauran mahal), justru tidak menjadi pilihan utama.

Mereka lebih suka membawa bekal dari rumah, karena pastinya akan terjamin kebersihan, kesehatan, serta rasanya yang sesuai dengan selera.

Nah, walau membawa bekal dari rumah, tapi mereka biasa menyantapnya bersama-sama dengan rekan kerja di kantor. Bukankah suasana kebersamaannya masih terasa?

Agaknya kamu, yang masih sekolah, kuliah, atau bahkan sudah bekerja, harus mulai membuang jauh-jauh persepsi membawa bekal itu sedikit memalukan.

Karena sesungguhnya banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membawa bekal makanan rumah ke tempat kerja atau sekolahmu.

Yuk intip beberapa macam bekal makanan yang sehat dan praktis berikut ini! Siapa tau bisa menjadi inspirasimu.

Yoghurt dan Jus Buah Kemasan

www.necturajuice.com

Bagi kamu yang sedang dalam masa diet pengurusan badan, atau tak ingin gemuk, kamu bisa mengisi tasmu dengan bekal ringan berupa yoghurt dan jus buah kemasan.

Yoghurt sangat baik untuk pencernaan, dia akan membantumu memperlancar buang air besar (BAB) dan juga membuatmu terhindar dari sembelit yang menyiksa.

Jus buah akan memberikan asupan vitamin yang baik bagi tubuhmu. Karena buah-buahan sendiri mengandung banyak asupan gizi dan vitamin.

Dan proses juicing akan membantu zat-zat gizi dan vitamin tersebut mudah tercerna oleh tubuh, karena buah telah berbentuk halus sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

Nah, untuk ritme bekal ini, kamu bisa membawanya dalam jangka waktu dua atau tiga hari sekali. Karena jika setiap hari kamu tidak makan karbohidrat, tubuhmu akan lemas.

Bagi kamu yang kurang menyukai makanan instan, kamu bisa membuat sendiri jus buah dengan memblendernya dan memasukkan ke botol minuman sebagai.

Praktis bukan?

Nasi Putih yang Kaya Sayuran

ratnapohon.blogspot.com

Rasanya anggapan bagi orang Indonesia bahwa belum dikatakan makan jika belum menyantap nasi putih, benar adanya.

Memang masyarakat Indonesia sangat membutuhkan nasi putih dalam kehidupan. Walaupun sedang diet menurunkan berat badan sekalipun, makan nasi putih tetap dilakukan.

Ya, meskipun hanya dua atau tiga sendok dalam sehari.

Nah, sebagai bekal makan siang, memang yang jauh lebih baik kamu membawa nasi putih.

Karena karbohidrat akan membantu mengembalikan tenagamu yang telah sedikit terkuras sejak pagi.

Namun kamu harus pintar-pintar mengakali porsi nasi putih bekalmu tersebut.

Karena jika porsinya kebanyakan, kamu justru akan mengantuk dan pasti akan mengganggu konsentrasi aktivitas belajar atau kerjamu.

Bawalah bekal nasi putih dengan porsi standar, kemudian untuk lauknya kamu bisa membuat tumis sayuran yang kaya akan vitamin.

Goreng tumis tersebut dengan sedikit minyak goreng, agar asupan lemak atau kolesterolnya tak terlalu banyak mengganggu tubuhmu.

Bagi kamu yang memiliki sedikit waktu lebih di pagi hari, sempatkanlah memasak bekal seperti ini ya?

Roti Tawar Gandum dan Roti Tawar Keju

erinyudha.wordpress.com

Bagi kamu yang pagi harinya mungkin tidak sempat memasak nasi atau lauk pauk, alternatif membawa roti gandum dan roti isi keju sepertinya bisa kamu pilih.

Selain praktis, kandungan gandum yang kaya akan karbohidrat pada roti bisa menjadi pemulih tenagamu di siang hari.

Isi keju sebenarnya itu tergantung selaramu saja. Jika kamu menyukai keju kamu bisa mengisikan keju ke dalam rotimu.

Namun jika kamu lebih suka mengisi dengan cokelat, atau telur, atau daging, kamu boleh mencoba alternatif tersebut.

Susu Rendah Lemak dan Salad Sayuran

sabtu-mingguku.blogspot.com

Nah, alternatif bekal yang satu ini lebih cocok untuk sarapan. Susu rendah lemak akan membantumu menjaga berat badan agar tetap ideal, namun tetap tinggi kadar kalsiumnya.

Sedangkan salad buah bisa memberikan banyak asupan gizi dan vitamin bagi tubuhmu, untuk bekerja di pagi hari.

Namun untuk siang hari, kamu harus tetap mengkonsumsi karbohidrat ya?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *