Mendengar kata pohon beringin, pasti akan segera muncul kesan angker di benakmu.

Gambaran pohon besar yang rimbun dengan daunnya yang berwarna hijau tua langsung muncul dengan tegas. Hehehe.

Namun tahu tidak, bahwa pohon yang banyak dimitoskan memiliki “penunggu” dari golongan makhluk ghaib ini ternyata memiliki beberapa manfaat luar biasa, terutama bagi kesehatan?

Ya, beberapa bagian dari pohon yang sering dianggap angker ini, seperti akar dan daunnya, memang bisa dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk obat beberapa penyakit.

Hmm, penasaran? Yuk silahkan dibaca ulasannya berikut ini!

1Sebagai Obat Herbal Panas Kejang

www.nitips.com

Para orangtua pasti pernah mengalami sebuah kejadian dimana anak mereka menderita demam tinggi, kemudian kejang-kejang.

Ya, penyakit tersebut memang sering dialami oleh anak-anak, terutama yang masih berusia balita.

Penanganan yang tidak segera, akan bisa berakibat fatal, bisa jadi penyakit anak semakin parah dan bahkan efek buruknya adalah meninggal dunia.

Namun bagi yang belum bisa membawa anaknya ke rumah sakit karena alasan keuangan atau jauhnya perjalanan, pilihan obat herbal bisa dipakai lho!

Salah satunya dengan memanfaatkan daun pohon beringin. Cara membuat obat herbal untuk menyembuhkan panas kejang pada anak ini juga cukup mudah.

Cukup ambil sebanyak 100 gram daun beringin. Kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 5 liter selama 25 menit.

Air rebusan tersebut kemudian digunakan untuk mandi, dengan dicampur sedikit air dingin agar tidak terlalu panas bagi anak.

2Sebagai Radang Usus Akut dan Disentri

obatin.net

Penyakit radang usus yang akut dan disentri adalah salah satu penyakit yang tergolong parah dan harus segera diobati.

Karena menyerang saluran pencernaan, membuat penderitanya terus menerus diare, tidak selera makan, mual muntah, dan akhirnya bisa menyebabkan lemas sampai dehidrasi.

Selain itu, rasa sakit akibat radang usus dan disentri pada daerah sekitar perut sangat menyiksa penderitanya.

Nah, bagi kamu yang kurang suka memakai pengobatan kimia dengan obat-obatan, serta ingin mencoba pengobatan herbal, daun beringin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cara membuat obat herbal ini juga cukup mudah. Kamu ambil daun beringin segar sebanyak 500 gram.

Setelah dicuci bersih, rebus daun tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa sekitar 1 gelas.

Setelah matang, dinginkan rebusan tersebut, kemudian disaring.

Minum air rebusan itu sebanyak dua kali minum dalam sehari, yaitu di waktu pagi dan sore, masing-masing sebanyak setengah gelas.

3Sebagai Obat Radang Amandel

agenresmijellygamatgoldg.web.id

Radang amandel adalah salah satu penyakit yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh karena langsung menyerang sistem imun, yaitu amandel pada tenggorokan tersebut.

Jika amandel mengalami radang, maka biasanya amandel akan diambil. Padahal jika diambil, tenggorokan akan kehilangan sistem pertahanan yang berasal dari amandel tersebut.

Nah, jika kamu mengalami radang amandel dan tak ingin amandelmu diambil, maka kamu perlu mencoba menyembuhkan radang tersebut dengan obat herbal dari akar beringin.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu ambil sebanyak 180 gram akar beringin, kemudian cuci hingga bersih dan potong-potong seperlunya.

Rebus potongan akar beringin itu dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air rebusan tersebut. tambahkan 1 gelas cuka. Setelah matang kemudian dinginkan.

Setelah larutan tersebut dingin, maka gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam sehari.

4Sebagai Obat Bronkitis Kronis

trend-kesehatan.blogspot.com

Penyakit bronkitis tak hanya menyerang mereka yang merokok, saat ini, dengan kondisi udara yang semakin tak sehat akibat polusi, ancaman bronkitis bisa menyerang siapa saja.

Untuk menghindari atau menyembuhkannya bagi yang telah menderita penyakit tersebut, bisa meggunakan daun beringin segar sebagai ramuan herbalnya.

Cara membuatnya sebagai berikut, kamu ambil sebanyak 75 gram daun beringin segar dan 18 gram kulit jeruk mandarin. Cuci hingga bersih kemudian direbus dalam 3 gelas air.

Setelah matang segera dinginkan, kemudian saring larutan tersebut dan dibagi menjadi tiga kali minum, yaitu waktu pagi, siang, dan malam hari. Lakukan selama 10 hari berturut-turut.

Nah, itulah tadi 4 manfaat bagian “Si Angker” pohon beringin untuk obat bagi beberapa penyakit. Kasiat sebagai obat itu berasal dari zat-zat seperti astrigen, asam amino, fenol, gula, dan asam orange.