Kita berpuasa selama seharian kurang lebih 13 jam dimulai dari waktu fajar hingga adzan Maghrib. Selama itu kita harus menaha lapar dan rasa haus.

Sehingga cairan tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu kita harus banyak minum untuk mencukupi kabutuhan cairan dalam tubuh.

Adalah air putih, minuman yang sangat menyehatkan tubuh. Terdapat banyak sekali manafaat minum air putih ketika berbuka.

Tidak hanya meghilangkan rasa haus, air putih juga membantu dalam proses metabolisme. Mengkonsusmi air putih, bukan hanya saat berbuka puasa saja namun bisa dilakuakn secara berkala.

Yakni sejak berbuka hingga sampai akhir waktu sahur. Maka tubuh akan tetap terasa segar bugar, dan fit hingga siang hari selama berpuasa.

Berikut beberapa manfaat air putih saat berbuka puasa.

1Mengontrol Berat Badan

lifestyle.merahputih.com

Minum air putih saat berbuka puasa ternyata bisa menjaga berat badan tetap ideal. Kita perlu tahu bahwa tidak semua rasa lapar yang dirasakan tubuh adalah rasa lapar yang sebenarnya.

Tubuh kadang menganggap sinyal haus juga ditanggapi sebagai rasa lapar. Maka dari itu, banyak dari kita yang makan padahal tubuh memerlukan minum.

Ketika perut lapar, segera minum segelas air putih. Jika rasa lapar tersebut hilang artinya tubuh sebenarnya haus, ia membutuhkan air .

Akan tetapi jika masih merasa lapar, berarti tubuh benar-benar merasakan lapar. Langkah ini dapat kamu lakukan untuk mengurangi kelebihan berat badan.

2Meningkatkan Kemampuan Otak

aryadi-notes.blogspot.com

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumi air putih secara rutin akan membuat seseorang lebih mudah berpikir dan mengambil tindakan.

3Cairan Tubuh Menjadi Seimbang

pembacamimpi.files.wordpress.com

Tidak diragukan lagi, air putih yang kita konsumsi memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Mengkonsumsi banyak air putih membuat cairan yang ada di dalam tubuh akan menjadi seimbang.

Kita harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, sebab separuh dari bagian tubuh manusia terdiri dari cairan.

Selain itu, dengan minum air putih yang cukup akan melindungi organ tubuh, melancarkan sistem pencernaan dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

4Meurunkan Resiko Serangan Jantung

sehatplan.com

Serangan jantung bisa dicegah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih yang kita minum membuat jantung tetap sehat.

Sebab jantung dapat bekerja dalam memompa darah ke seluruh tubuh dengan lancar.

Begitu sangat bermanfaat minum air putih saat buka puasa. Maka dari itu sebaiknay kita tetap memperhatikan kebutuhan cairah tubuh saat berpuasa.