Bulan puasa tentu kamu akan menahan makan dan minum di siang hari. Hal ini membuat kamu lebih banyak mengkonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Tidak jarang juga kan kamu berlebihan dalam menyantap makanan? Hihi.

Padahal, makanan enak justru berbahaya karena belum tentu bisa mengembalikan energi dan justru bisa mengundang penyakit.

Nah, kira-kira apa saja sih makanan sehat dan sederhana plus mudah untuk dibuat dan yang pasti efektif kembalikan energi ketika hendak berbuka puasa?

Smoothies

 

kiki widyasari smoothies
www.newhealthadvisor.com

Terbiasa minum kolak sebagai takjil saat berbuka? Well, kamu bisa menggantinya denganĀ buah dan sayur. Irisan buah dan sayur yang dipadu dengan yoghurt segar ini bisa mengembalikan energimu seketika.

Bahkan, minuman segar ini bisa membantu menjaga kesehatan badan saat bulan puasa. Pasalnya, vitamin C banyak ditemukan di dalam buah dan bisa membantu badan tetap fit.

Nasi Merah

Diet-2-Minggu-Tanpa-Nasi
caramenjagakesehatan.com

Jika selama ini kamu terbiasa makan nasi putih, sebaiknya kamu menggantinya dengan beras merah. Nasi merah mengandung zat besi yang tinggi sehingga bisa mengembalikan energi di dalam tubuh.

Selain itu, beras merah juga sangat bermanfaat untukmu yang memiliki anemia. Kandungan zat besi di dalam beras merah bisa membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa nantinya.

Es Kelapa

resep-cara-membuat-es-kelapa-muda
infokuliner.com

Sebaiknya, kamu mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka. Kandungan elektrolit yang tinggi di dalam air kelapa muda bisa mengembalikan energi tubuh seketika.

Selain itu, elektrolit juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang saat sedang beraktifitas. Air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh sehingga bisa menghindari dehidrasi. Untuk menambah tenaga dalam waktu singkat, kamu bisa menambahkan air kelapa dengan madu.

Capcay

resep-tumis-capcay-sederhana
resepolahan.wordpress.com

Capcay dengan ragam sayuran ini memang bisa dijadikan andalan saat berbuka. Vitamin dan mineral yang bisa ditemukan di dalam capcay ampuh mengembalikan energi seketika.

Selain itu, sayuran juga bisa memperlancar pencernaan. Sehingga kamu tidak perlu takut mengalami konstipasi karena sedang berpuasa.

Jadi, menu mana yang akan kamu coba untuk berbuka hari ini?

 

 

SHARE