Tak berlebihan sepertinya, jika menyebut Kota Solo atau Surakarta dengan “The Spirit of Java”. Ya, Kota Solo memang sangat kental sekali dengan budaya Jawa nya.

Selain makanan khas dan budaya yang memang sangat kental dengan Jawa, Kota Solo juga dikenal memiliki penduduk yang bertingkah laku dan bertutur kata halus.

Bahasa yang digunakan juga bahasa Jawa halus atau bahkan beberapa banyak yang menggunakan Boso Kromo Inggil, bahasa Jawa yang paling halus.

Berbicara tentang Kota Solo, bagi kamu yang pernah tinggal di Kota ini, atau penduduk asli Solo namun harus pergi merantau, ada 4 tempat yang pastinya akan membuatmu merindukan Solo.

Mana sajakah itu? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1Pasar Klewer

www.dekamuslim.com

Jika ditanya tentang Kota Solo, pasti jawaban yang akan kamu lontarkan pertama kali adalah Pasar Klewer.

Ya, Pasar Klewer sudah mendarah daging dan identik sekali dengan Kota Solo.

Pasa Klewer merupakan sentra industry tekstil yang sangat besar dan bahkan bisa menjadi rujukan untuk mencari berbagai macam busana.

Mulai dari batik Jawa, baju rumahan, kain-kain, bahkan sampai baju Islami ada di Pasar ini.

Sayangnya setelah sempat mengalami kebakaran, Pasar Klewer harus menempati lahan darurat yang sempat membingungkan beberapa pelanggan yang ingin berbelanja.

2Ngarsopuro

songdongjin.wordpress.com

Sebenarnya Ngarsopuro hanyalah sebuah jalan di Kota Solo. Namun di sekitar Ngarsopuro terdapat banyak spot yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa wisata kuliner dan tempat yang nyaman untuk bersantai di wilayah ini.

Wisata kuliner yang penuh dengan nuansa khas Jawa, ditambah dengan jalanan dan tempat bersantai yang nyaman, membuat malam harimu menyenangkan di Ngarsopuro.

3Kampus UNS

cutatangungun.wordpress.com

Ya walaupun entah kamu pernah mengenyam pendidikan di Kampus ini atau tidak, sepertinya lingkungan kampus UNS merupakan tempat yang cukup menarik untuk dikenang. Hehehe.

Lingkungan belakang kampus yang banyak tempat kulinernya, atau di dalam kampus yang penuh dengan suasana tenang dan asri.

Bagi kamu yang pernah menjadi mahasiswa UNS, kenangan selama menempuh pendidikan di kampus ini pasti akan membuatmu semakin rindu berat dengan Kota Solo dan lingkungan sekitar UNS.

4Terminal Tirtonadi

nuruladilahabdulrahim.blogspot.com

Ada yang ingat dengan Lagu ciptaan Didi Kempot yang berjudul Terminal Tirtonadi?

Lagu itu mengisahkan tentang betapa sedihnya Didi Kempot saat harus berpisah dengan sang Kekasih yang akan pergi dari Solo, dan dilepasnya di Terminal Tirtonadi.

Nah, bagi kamu yang pernah menjadi perantau di Kota Solo, tentu Terminal Tirtonadi akan menjadi tempat tak terlupakan karena kamu sering mendatanginya saat akan pergi atau baru datang ke Solo.

Sekarang Terminal Tirtonadi sudah menjadi lebih bagus setelah dibangun. Dengan nuansa yang mirip dengan bandara, beberapa fasilitasnya juga menjadi lebih baik.

Itulah tadi keempat tempat yang akan paling kamu rindukan dari Kota Solo.

Bagi kamu para perantau yang masih ada di Solo, yakin deh suatu hari setelah kamu pergi dari Solo kamu akan merindukan tempat-tempat tersebut.