Sabang merupakan salah satu kota di wilayah Nangroe Aceh Darussalam. Kota ini terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar disana.

Kota paling ujung utara Indonesia ini juga termasuk dalam zona ekonomi bebas Indonesia. Tepatnya di Pulau Rondo.

Secara geografis, kota Sabang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Thailand dan India. Wilayah ini juga dikelilingi oleh lautan seperti Selat Malaka di sebelah utara dan timur serta Samudera Hidia di sebelah selatan dan barat kota Sabang.

puertogalera.org
puertogalera.org

Terdapat lima pulau yang masuk dalam wilayah kota Sabang, yaitu Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Weh.

Kota Sabang terkenal di seantero Indonesia lewat lagu yang cukup terkenal hingga kini. Potongan lirik “Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau” masih fasih dilafadkan oleh orang-orang Indonesia, dari yang masih anak-anak hingga orang tua.

Bagi kamu yang melakukan perjalanan ke Kota Sabang, sangat rugi jika melewatkan tempat-tempat berikut ini.

1Kilometer Nol

webtempatwisata.com

Jika ujung utara Indonesia adalah Kota Sabang, maka ujung utaranya adalah Kota Merauke. Keberadaan kota Sabang sebagai wilayah yang paling ujung ditandai dengan adanya monumen Tugu Kilometer Nol.

Tugu ini berada di area Hutan Wisata Sabang yang tepatnya masuk wilayah Desa Iboih Ujong Ba’u.

Siapapun diantara kamu yang sudah berhasil mengunjungi tempat ini, maka berhak mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu pernah ke wilayah paling ujung utara Indonesia.

Saat berada di hutan wisata ini, bisa saja kamu bertemu dengan monyet-monyet kecil dan babi hutan. Oleh karena itu, tetaplah untuk berhati-hati dan tidak mengganggu mereka. Sehingga mereka pun tidak mengganggumu.

2Pantai Iboih

jayanjayan.com

Dekat dengan Kilometer Nol, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Iboih. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan pantai dan panorama bawah laut. Kamu bisa menyewa alat snorkeling yang sudah disiapkan oleh warga sekitar.

Walaupun dulu terumbu karang di pulau ini sempat diporak-porandakan oleh gelombang tsunami dahsyat. Namun pemandangan lautnya hingga kini masih dapat kamu nikmati.

Jika kamu tidak ingin berbasah-basah dengan snorkeling, kamu bisa menyewa perahu yang dasarnya telah diberi kaca tembus pandang. Sehingga kamu tetap bisa menikmati pemandangan bawah laut dari atas perahu. Biasanya perahu ini akan memiliki rute mengelilingi Pulau Rubiah.

3Pantai Gapang

rentalmobilaceh.co.id

Pantai yang terkenal keindahan panorama kedalaman laut di Sabang, selain Iboih adalah Pantai Gapang. Di sana kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving.

Kamu juga bisa sekedar duduk-duduk santai menikmati semilir angin pantai sembari menikmati hangatnya gorengan yang banyak dijajakan penduduk sekitar. Terkadang kamu akan ditemani oleh anjing setempat yang bersahabat.

4Mie Jalak

feed.id

Tidak asyik rasanya jika melakukan perjalanan jauh tanpa diselingi dengan wisata kuliner. Salah satu makanan terkenal di Kota Sabang adalah Mie Jalak. Sebenarnya ini adalah nama sebuah warung yang berada di salah satu sudut kota Sabang.

Tepatnya berada di Jalan Perdangangan, Mie Jalak menjadi tempat berkumpul banyak warga lokal dan wisatawan. Sesuai dengan namanya, jalan ini memang penuh dengan toko-toko tempat orang menawarkan barang dagangannya.

Jadi setelah kenyang menikmati mie khas Aceh atau martabak di sana, kamu bisa langsung mencari buah tangan alias oleh-oleh untuk orang-orang tercinta. Di sepanjang Jalan Perdagangan banyak penjual souvenir seperti kaos, dodol, pia dan buah tangan lainnya.

Tinggal sesuaikan dengan budget yang telah kamu siapkan sebelumnya.