Berbicara merupakan sebuah cara yang umum digunakan manusia untuk menyampaikan sebuah pesan komunikasi kepada orang lain. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa berbicara merupakan suatu aktifitas fisik yang menggunakan anggota tubuh yaitu mulut.

Namun tahukah kamu, bahwa sebenarnya untuk menyampaikan pesan tertentu tidak hanya dapat menggunakan mulut saja. Komunikasi secara tersirat melalui postur tubuh, ekspresi wajah, gerakan tangan, dan gerakan alis juga dapat memberikan pesan tertentu kepada orang lain.

Bahasa tubuh justru memberikan prosentase lebih besar untuk memberikan kesan positif kepada orang lain daripada kata-kata yang kita sampaikan menggunakan mulut.

Sebagaimana yang dilansir Askmen, terdapat beberapa rahasia yang dilakukan oleh para tokoh pria berkharisma di dunia yang memanfaatkan bahasa tubuhnya untuk memberikan kesan positif kepada orang di sekitar mereka. Berikut ini penjelasannya.

1Memperhatikan Penampilan

caledonista.com

Penampilan dapat memproyeksikan bahasa tubuh yang positif. Salah satu tokoh yang bisa menjadi contoh bagaimana penampilan begitu penting dalam membentuk kesan positif adalah artis kawakan George Clooney.

Aktor ini memang dikenal sangat memperhatikan penampilannya. Dia selalu bisa menampilkan kesan kharisma dan elegan dalam setiap kesempatannya di dalam dan di luar film.

Bila kamu ingin melakukannya, cobalah untuk selalu memperhatikan pakaian yang kamu kenakan. Pastikan bahwa warna atasan dan bawahanmu serasi. Termasuk alas kaki yang kamu gunakan. Termasuk juga tatanan rambut akan berpengaruh pada kepercayaan diri.

2Gunakan Kontak Sosial

thehulltruth.com

Kontak sosial lebih banyak bisa kamu lihat dari seorang mantan presiden Amerika Serikat, Bill Clinton. Keterampilannya bersosialisasi sebagai politisi berpengalaman tampak dari caranya menepuk bahu orang yang menjadi lawan bicaranya.

Dirinya juga terlihat antusias ketika berjabat tangan. Caranya itu memancarkan energi positif kepada lingkungan di sekitarnya. Bagi kamu yang ingin mencoba hal yang sama, jangan ragu-ragu untuk melakukannya.

3Tersenyum

ambwallpapers.com

Senyuman yang kamu rangkai dapat memberikan pesan lebih banyak daripada bahasa tubuh lainnya. Itulah kenapa, bagi kamu yang ingin tampil berkharisma, penting untuk dapat tersenyum dengan baik.

Seseorang yang pertama kali bertemu denganmu akan langsung tahu bahwa kamu merupakan orang yang santai dan ramah dari senyuman yang kamu berikan padanya. Salah satu senyuman yang kharismatik dapat kamu lihat dari senyum Tom Cruise.

4Berdiri Tegak

thecommittedindian.com

Cara berdiri dengan tegak merupakan elemen penting dari bahasa tubuh. Berdiri tegak sebagaimana yang diperlihatkan oleh mantan pebasket Amerika Serikat, Michael Jordan memberikan kesan seperti seorang pemenang.

Cobalah untuk mengangkat bahu dan dagu ketika berdiri. Usahakan tatapan mata lurus ke depan. Cara ini akan memberi kesan penampilan kharismatik kepada orang lain.