kemandirianfinansial.com

5 Alasan Inilah yang Membuat Banyak Orang Memutuskan untuk Menulis

Posted on

Di era digital dan internet cepat seperti sekarang ini, maka kita akan menemukan banyak tulisan beredar di dunia maya, baik itu lewat akun-akun sosial media, maupun lewat blog-blog yang memiliki ruang lebih luas sehingga bisa memuat banyak tulisan serta mengoleksinya.

Dengan banyak tulisan yang beredar, maka kita seperti sedang menemukan sebuah pola atau kebiasaan yang baru di masyarakat, yaitu kebiasaan untuk menulis atau bercerita lewat tulisan. Dengan fenomena ini, tentunya di antara kamu jadi ada yang bertanya-tanya, sebenarnya alasan apa sih yang menjadikan banyak orang memutuskan untuk menulis?

Mengeluarkan Isi Hati

rudicahyo.com
rudicahyo.com

Salah satu alasan yang sering dilontarkan oleh penulis pemula saat ditanya kenapa menulis adalah karena ingin mengeluarkan isi hati. Pasalnya, banyak yang meyakini bahwa ketika kita menuliskan apa yang kita rasakan, maka hati akan merasa lebih tenang, dan beban yang berat pun terasa berkurang.

Benarkah demikan? Wajar saja sih, jika dengan menulis bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang, karena ketika menulis ada proses perenungan yang melibatkan otak untuk berpikir. Nah, ketika otak kita sudah bisa berpikir dan bisa merenung, maka itu tandanya otak kita sudah mulai jernih dan itu tandanya kita sudah mulai tenang dari permasalahan yang dihadapi.

Mengukir Sejarah Kehidupan

alterteguh.wordpress.com
alterteguh.wordpress.com

Salah satu motivasi dari banyak penulis, yaitu karena ingin dikenang oleh sejarah. Karena banyak penulis bukan orang yang sangat kaya dan bukan pula raja, maka menulis adalah jalan yang bisa menjadikannya dikenang oleh sejarah itu sendiri.

Kenapa bisa dikenang dan bisa menjadi sejarah di masa yang akan datang? Ini dikarenakan tulisan-tulisannya masih bisa dibaca oleh generasi yang akan datang. Sehingga ilmu yang disampaikan di dalam tulisannya masih bermanfaat bagi orang lain, walaupun ia sudah tiada.

Menambah Relasi

sesawi.net
sesawi.net

Semakin banyak yang membaca tulisan kita, maka makin banyak pula yang akan mengenal kita. Contohnya saja para penulis kondang, ia jadi banyak dikenal orang, banyak diundang mengisi seminar dan bedah buku serta dimintai tanda tangan. Dengan dikenal seperti ini, maka ia akan memiliki banyak relasi.

Tentunya dengan banyak relasi akan menguntungkan bagi para penulis. Salah satu keuntungannya, yaitu saat ia mengeluarkan buku baru dan menjualnya ke khalayak ramai. Karena namanya yang sudah dikenal dan punya banyak relasi, maka bukunya pun akan segera terjual dan akan segera dicetak ulang.

Menata Ilmu

ruangfreelance.com
ruangfreelance.com

Saat seorang penulis hendak menulis sebuah buku, maka yang akan dilakukannya pertama kali adalah melakukan penelitian. Baik itu dengan turun ke lapangan ataupun dengan membaca banyak buku. Nah, dari hasil penelitian yang didapatkan, maka kemudian mereka akan menata dan merangkai ilmu yang didapat melalui kata-kata menjadi sebuah buku.

Jadi, kalau mau punya banyak ilmu, maka kamu perlu menulis.

Menambah Penghasilan

cakwajir.blogspot.com
cakwajir.blogspot.com

Alasan lainnya yang membuat seseorang memutuskan untuk menulis adalah untuk menambah penghasilan. Bagaimana menulis bisa mendapatkan penghasilan? Supaya penulis bisa mendapatkan penghasilan, maka ia bisa memasukkan tulisannya ke penerbit dan mendapat royalti jika buku diterbitkan, bisa buat skenario film dan dijual ke production house atau bisa juga buat artikel ringan lalu mengirimnya ke media.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *