5 Alasan Naik Kereta ke Bandung Paling Tepat untuk Backpacker

Bandung memang memiliki sejuta pesona yang membuat siapa pun tidak pernah bosan menyambangi kawasan yang kerap disebut sebagai Kota Kembang ini. Bukan hanya jejeran factory outlet yang menawarkan busana-busana  branded berharga miring, nyatanya Bandung dan sekitarnya juga punya seribu panorama cantik yang menjadi daya tarik. Tak ayal, suguhan pemandangan alam ini menjadi incaran para backpacker untuk singgah ke Bandung.

Banyak cara menuju kota yang apik ini. Namun, apabila kamu hendak melakukan backpacking ke Bandung, memilih kereta api sebagai moda transportasi menuju destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang sebagai pilihan terbaik.  Dari cara pembelian tiket kereta api sampai suasana perjalanan di moda transportasi ini akan sangat mendukung perjalananmu yang murah meriah.  Khususnya lagi apabila kamu berangkat dari Jakarta.

Masih tidak percaya bahwa kereta api adalah pilihan transportasi terbaik untuk liburan ala ranselmu menuju Kota Kembang? Berikut ini adalah lima alasan paling kuat yang membuatmu tidak bisa menolak untuk naik jenis transportasi yang satu ini guna acara berpelesiranmu.

  1. Tiketnya Murah dan Tersedia Kapan Saja

Salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih transportasi untuk bepergian adalah seberapa murah dan mudah mendapatkannya. Selama ini, banyak orang berpandangan, moda transportasi termudah untuk didapatkan tiketnya adalah pesawat. Hal ini wajar saja karena banyak agen perjalanan online yang menjual tiket pesawat secara 24 jam non-stop. Sementara itu, masih banyak orang berpikir, jika hendak membeli tiket kereta api, haruslah langsung ke stasiun sehingga hal tersebut dianggap menyilitkan. Kenyataannya, sekarang tiket kereta api bisa dibeli di mana saja, kok! Bahkan Traveloka pun menyediakan pilihan tiket kereta api secara online. Kamu bahkan bisa memesan tiket kereta di Traveloka sejak jauh-jauh hari dari waktu keberangkatan. Kamu cukup lihat jadwal kereta untuk perjalanan kamu di Traveloka yang sesuai dengan jadwal yang sudah kamu rencanakan.

  1. Bebas Macet

Tingginya antusiames masyarakat untuk melancong ke kawasan Bandung—baik ke daerah kota maupun titik-titik wisata yang ada di pinggiran—membuat jalur perjalanan menuju ibu kota Jawa Barat ini selalu padat. Khususnya dari Jakarta, apabila kamu menggunakan bus atau mobil, kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencapai kota yang jaraknya sebenarnya hanya 149 kilometer ini. Bahkan ketika kamu sudah memilih menyingkat perjalanan dengan melewati Tol Cipularang, kamu masih membutuhkan waktu 3—4 jam guna sampai ke Bandung. Jejeran kendaraan di depanmu akan membuat kepalamu kiat penat memikirkan betapa masih panjangnya macet yang mesti dilalui. Namun, kemacetan tersebut tidak akan kamu memilih apabila kamu memilih naik kereta api menuju Bandung. Memiliki jalurnya sendiri, keretamu akan sampai ke tujuan. Jakarta-Bandung sendiri dapat dicapai dengan kereta api dengan waktu sekitar 2,5 jam.

  1. Suguhan Pemandangan Indah

Masih terkait tingkat stress di perjalanan, kamu tidak akan mengalami kepusingan jika naik kereta api. Bukan hanya bebas macet, moda transportasi yang satu ini nyatanya bisa memberimu pengalaman berlibur semenjak masih di dalam kereta api. Bagaimana tidak, jalur kawasan yang dilalui kereta dari Jakarta ke Bandung penuh dengan pesawahan, bukit, hingga rel di antara tebing dua jurang yang eksotis. Bagi para backpacker, suguhan pemandangan indah ini bisa menjadi bonus perjalanan yang tiada terkira, bukan? Ditambah lagi, hijaunya pemandangan yang ditawarkan bisa kamu nikmati secara cuma-cuma, tanpa perlu membayar tiket masuk atau retribusi lainnya. Kurang apa lagi, coba?

  1. Tersedia Toilet yang Nyaman

Dalam setiap perjalanan, keberadaan kamar kecil atau toilet tidak bisa dimungkiri kepentingannya. Apalagi jika perjalanannya cukup jauh, ada tidaknya toilet dalam sebuah moda transportasi ikut menentukan seberapa mantap keinginanmu untuk memilih jenis angkutan tersebut. Tidak terkecuali saat berlibur ke Bandung dari Jakarta, meskipun jaraknya tidak terlalu jauh, bisa saja kamu memerlukan toilet untuk kepentingan buang hajatmu. Dengan naik kereta api, kamu bisa memanfaatkan toilet yang bersih dan nyaman sehingga tidak perlu menahan-nahan jika hendak buang air kecil ataupun besar. Dengan demikian, kesehatanmu selama berlibur akan lebih terjaga.

  1. Lapar? Tinggal ke Kafetaria

Sangat mungkin terjadi perutmu mendadak menyanyikan lagu keroncong ketika di dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Lagi-lagi, apabila kamu memilih kereta api sebagai angkutan perjalananmu, kamu tidak perlu mengambil pusing akan rasa lapar tersebut. Setiap kereta memiliki satu gerbong yang berfungsi sebagai kafetarianya. Kamu bisa memesan makanan yang kamu suka di tempat ini. Tidak perlu khawatir harga makanannya akan membuat dompetmu jebol sebab tersedia banyak makanan dengan beragam pilihan harga yang bersahabat. Mudah, murah, dan tentunya membuatmu cepat kenyang, bukan?

Liburan tidak hanya dimulai dari waktu kamu menjejakkan kaki di kawasan yang kamu incar sebagai tujuan berlibur. Semenjak dalam perjalananmu, sebenarnya liburanmu telah dimulai. Dengan memilih kereta api sebagai moda transportasi yang nyaman, liburanmu pun akan terasa semakin sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here