Bukan hal baru lagi jika segala macam informasi menyebar secepat kilat dalam waktu sekian detik. Pasalnya, sekarang kamu sudah masuk di zaman super canggih. Semua serba digital. Semua orang dapat mengakses informasi dengan mudah.

Sayangnya, kadang-kadang orang tak bertanggung jawab menyalahgunakan segala fasilitas tersebut untuk menyebarkan kabar hoax demi kepentingan pribadi. Cara menangkalnya ya harus dari diri kamu sendiri.

Kamu harus cerdas memilih, mana informasi yang baik dan mana yang hanya hoax saja. Seperti berita berikut ini nih. Sempat membuat gempar orang-orang di seluruh dunia.

Ingin tahu apa saja berita hoax tersebut? Let’s check it, guys!

1Tengkorak Raksasa

kecubungaldara.blogspot.com

Sekitar bulan Maret tahun 2007, netizen sejagad dikejutkan dengan berita yang tersebar di internet. Salah satu media di Negara India melansir berita tentang temuan makam raksasa yang berisi tengkorak dan tulang belulang.

Dalam berita tersebut ditampilkan foto makam yang sedang digali sekaligus tengkorak berukuran raksasa. Foto itu sempat membuat netizen terhenyak dan percaya.

Nama tim National Geography Society tercatut dalam berita tersebut. Sebagaimana lansiran dari media di India, tim National Geography Society bekerja sama dengan tentara India dalam proses penemuan makam.

Berpuluh-puluh media tertarik untuk turut mengangkatnya sebagai berita. Namun, setelah beberapa pihak meneliti lebih lanjut, ada kejanggalan yang tersirat dari foto itu. Ternyata benar, foto-foto yang diunduh hanya hoax belaka.

Tentu saja hal ini membuat para netizen geram karena merasa dibohongi. Sekarang, berita tengkorak raksasa tidak lagi menjadi perhatian netizen.

2Foto Anak Tidur di Makam Orang Tuanya

ngonoo.com

Foto kali ini menampakan seorang anak yang tengah tidur di antara makam ayah dan ibunya. Para netizen dibuat heboh dengan kehadiran foto tersebut di internet.

Pasalnya, berdasarkan cerita beberapa pihak, orang tua sang anak menjadi korban krisis kemanusiaan di Suriah. Tapi, lagi-lagi beritanya hanya hoax semata.

Aslinya, foto tersebut adalah karya seniman Abdul Aziz Al-Otaibi asal Arab Saudi. Sang seniman hanya ingin menggambarkan tentang kebesaran cinta sang anak kepada ayah dan ibunya yang telah tiada.

3Foto Hiu di Jalan

ngonoo.com

Beberapa orang terkadang suka mengambil kesempatan dalam suatu peristiwa. Tujuannya macam-macam, ada yang untuk koleksi pribadi dan ada juga hanya sebagai sensasi.

Begitu juga ketika terjadi badai Sandy di Amerika Serikat di tahun 2012 lalu. Seseorang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Saat itu beredar foto hiu yang berkeliaran di jalan selama badai Sandy terjadi. Netizen pun menjadi heboh dengan adanya foto tersebut.

Bahkan, orang-orang tidak berani keluar rumah gara-gara melihat foto-foto itu. Mereka menyangka foto hiu di jalan adalah nyata. Namun, beberapa waktu kemudian, terkuaklah rahasia, bahwasanya foto hiu di jalan hanyalah trik kamera belaka.

Ada-ada saja ya, guys.

4Foto Pilot Selfie di Udara

panduanwisata.id

Ini foto yang penuh sensasi. Foto seorang pilot yang sedang berfoto selfie diunggah ke internet. Netizen pun heboh. Pasalnya, ia nampak membuka kaca pesawat dan foto selfie ketika berada di ketinggian sekian ribu kaki.

Untuk kesekian kalinya netizen merasa tertipu. Foto ini cuma hoax, guys. Sang pilot memang berfoto saat kaca jendela pesawat terbuka. Tapi, pesawatnya masih di darat bukan di udara.

Kalau nampak seperti di udara, hanya hasil editan photoshop saja. Zaman sekarang, apa sih yang susah?

Bahkan mengedit foto kamu agar dikira foto mesra dengan selebriti tanah air pun bisa. Namun, yang namanya berita hoax ending-nya tetap menyebalkan.

5Selfie di Lokasi Bom Sarinah

ansorjaktim.com

Momen menyedihkan bom Sarinah seakan tidak ketinggalan dijadikan meme di media sosial. Kejadian ini belum lama lho, guys. Baru terjadi tanggal 14 Januari 2016 lalu. Ternyata, ada netizen yang memposting foto selfie seorang wanita berlatar belakang peristiwa.

Wanita tersebut terlihat mengenakan jilbab pink dan tepat di belakangnya ada teroris yang sedang membawa senjata dan bom. Foto ini hanyalah salah satu cara orang Indonesia menanggapi tragedi bom. Foto aslinya sebenarnya seperti ini.

khsblog.net
khsblog.net

Kelihatan hoax kan guys?

SHARE