Yang muda yang berkarya, istilah tersebut sepertinya kita rasakan di negeri ini. Perekonomian di Indonesia sekarang ini semakin tumbuh, salah satunya yang mendorongnya yakni banyaknya anak muda Indonesia yang terjun ke dalam dunia bisnis atau wirausaha.

Sangat bangga dan salut, banyak bermunculan anak muda yang open minded, berpikiran luas dan maju. Banyak dari mereka yang berpikir untuk berwirausaha atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

Bahkan dari situ mereka bisa memberdayakan orang lain, secara tidak langsung dapat mengurangi angka pengangguran. Berikut beberapa bisnis yang banyak dilirik dan menjadi trend di kalangan anak muda.

Online Shop

kiki widyasari punya online shop
ndisen.com

Saat ini banyak anak muda yang menggeluti bisnis online. Bisnis ini bisa menjadi langkah awal untuk menekuni dunia bisnis dengan mudah.

Kebanyakan online shop tidak memproduksi barang sendiri, akan tetapi barang-barang yang dijual diambil dari produsen/grosir. Tapi ada juga yang sengaja membuat barang sendiri kemudian dijual secara online.

Banyak kita temui anak muda yang menjalankan bisnis ini dan untungnya bisa besar jika ditekuni dengan baik.

Mereka menujual barang melalui berbagai media sosial seperti facebook, line,instagram, dan lain-lain. Barang-barang yang dijual antara lain baju, tas, baju bayi, kosmetik, dan lain sebagainya.

Bisnis Kuliner

9 kuliner
grosirsayuran.wordpress.com

Namanya kuliner tentu berkaitan dengan makanan. Makanan merupakan kebutuhan manusia, maka tidak heran jika bisnis ini dibilang tidak ada matinya dari dulu hingga saat ini.

Namun, diperlukan ketekunan dan keunikan, kuncinya kamu harus mempunyai produk kuliner yang ‘special’ yakni original dan hanya bisa dibeli ditempatmu.

Banyak anak muda yang berkreasai di bisnis kuliner, seperti menjual sambal kemasan, abon jamur atau bahkan membuat tempat makan sendiri yang menjual makanan tertentu.

Industri Kreatif

9 desain
desainrumahkeren.com

Industri kreatif saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. Nah,bagi kamu yang memiliki keahlian tertentu seperti desain grafis, fotografi, multimedia, dan lainnya, kamu bisa membuat tim untuk berwirausaha di bidang kreatif.

Banyak anak muda yang menekuni bisnis ini seperti membuat dekorasi interior dengan cara mendaur ulang sampah menjadi produk-produk yang sangat bagus.

Event Organizer

9 event
www.smart-holiday.com

Sekarang ini jasa Event Organizer (EO) banyak dibutuhkan, ketika akan mengadakan acara kebanyakn orang tidak mau ribet.

Nah, jasa EO lah yang banyak dicari untuk mengurusi segala hal dalam acara. Salah satu contoh anak muda yang sukses membuka jasa EO adalah Putri Indahsari, putri Chairul Tanjung.

Bagi kamu yang berminat membuka jasa EO bisa mengajak teman-temanmu dan untungnya juga lumayan.

Endorser

9 endorser
www.gettyimages.com

Melihat dunia semakin canggih, apa-apa serba digital internet, munculah bisnis Endorser. Endorser sekarang sangat happening di Indonesia.

Dengan menciptakan konten-konten yang menarik jutaan followers, aku seperti instagram, youtuber atau blogger banyak dilirik oleh divisi marketing di berbagai perusahaan untuk mengendorse produk mereka.

Contoh mereka yang sukses di bisnis endorser adalah @dagelan, Bayu Skak, dll.

Itulah beberapa bisnis yang tengah ngetrend di kalangan anak muda dan penghasilannya pun tentunya sangat menjajikan. Mungkin salah satu bisnis di atas bisa kamu coba?

SHARE