Racun bisa tumbuh dari mana saja. Makanan yang kamu makan juga bisa lho jadi sumber racun dalam tubuh. Apalagi jika aktivitas kamu berlebihan, otomatis berpotensi membuat racun menumpuk dari jam ke jam.

Olahraga dan diet belum tentu menuntaskan masalah racun dalam tubuh. Itu sebabnya kamu tetap mudah terserang sakit meskipun telah menjalani pola hidup sehat.

Kamu harus melakukan upaya pengeluaran racun dengan cara detoksifikasi. Ada banyak makanan dan minuman yang dapat membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Kamu bisa pilih yang menurutmu mudah untuk diperoleh.

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah contoh minuman dan makanan yang bisa kamu gunakan untuk detoksifikasi. Baca terus, yuk!

1Buah Lemon

wartakesehatan.co.id

Buah lemon dapat kamu beli di swalayan atau di pasar tradisional. Harganya cukup terjangkau. Ternyata, buah lemon bisa membantu pengeluaran racun-racun ganas dalam tubuh.

Cara menyajikannya pun mudah. Pertama, satu buah lemon diperas dan dicampur dengan satu sendok madu. Lalu seduh perasan lemon dan madu tadi dengan air hangat.

maduaslikalimantan.com
maduaslikalimantan.com

Setelah itu, langsung diminum saat masih hangat. Dengan cara ini racun-racun yang bersembunyi di usus akan luruh bersama feses dan air seni. Lakukan setiap pagi ya, guys, supaya tubuhmu sehat dan kuat.

2Lidah Buaya

flickr.com

Tanaman lidah buaya memang dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Tanaman yang bernama latin Aloe vera ini juga mampu mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh kamu.

Adanya zat antioksidan dalam lidah buaya akan menghancurkan zat kimia beracun yang mengalir di tubuh kamu. Cobalah meminum jus lidah atau es lidah buaya secara rutin.

Sekarang banyak lho penjual es lidah buaya di pinggiran jalan. Terlebih jika kamu berjalan-jalan ke Kalimantan Barat, deretan warung es lidah buaya berjajar di jalanan.

3Bawang Putih

lookup.co.id

Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masak atau penyedap rasa alami. Tapi, kali ini bawang putih dimanfaatkan sebagai media detoksifikasi.

Namun, memakan bawang putih mentah-mentah jarang dilakukan orang-orang. Selain karena aromanya yang menyengat, rasa bawang putih mentah juga sangat tidak disukai.

Padahal, bawang putih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4Sayuran Berserat

rumahwasir.co.id

Serat berfungsi sebagai pendorong kinerja usus untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Kalau tubuh kamu kekurangan serat, maka kotoran-kotoran tersebut akan mengendap dan menjadi racun membahayakan.

Cobalah mengonsumsi sayuran yang mengandung serat secara rutin setiap hari. Contoh sayuran berserat tinggi, diantaranya buncis, kembang kol, daun singkong, kacang-kacangan dan brokoli.

Dengan mengonsumsi sayuran berserat, proses pencernaan dalam tubuh akan lancar dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

5Teh Herbal

alaskaherbalindo.com

Ribuan tahun lalu, teh herbal memang sudah dikenal ampuh mengobati berbagai macam penyakit dan masalah dalam tubuh.

Mulai dari mengatasi kembung, mabuk perjalanan, menambah nafsu makan, untuk diet sampai dengan mengatasi susah tidur atau insomnia.

Ternyata, teh herbal juga bisa untuk detoksifikasi, lho. Jenis teh herbal juniper merupakan teh herbal yang paling ampuh digunakan sebagai media detoksifikasi.

Cara mengonsumsinya sama dengan teh biasa. Kamu hanya perlu minum satu cangkir teh herbal setiap hari. Dalam beberapa hari kamu akan melihat bahwa teh herbal mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara sempurna.

Bagaimana, mudah bukan caranya? Dengan demikian, kamu akan terbebas dari racun yang mengancam tubuh. Selamat mencoba, guys!