Long Distance Relationship atau LDR memang selalu menjadi monster menakutkan bagi setiap pasangan.

Awalnya, hubungan dijalani selama kuliah dalam satu kota, eh sesudah wisuda malah kerja di kota yang berbeda. Menyakitkan bukan?

Mungkin saja kasusnya begini, kamu dan dia bertemu ketika ada pertemuan di kota yang sama, lalu jatuh cinta dan menjalani hubungan.

Karena tinggal di kota yang beda, terpaksa deh, harus menghadapi hubungan jarak jauh atau LDR. Lebih mengerikan lagi kalau hubungan kamu dan dia harus kandas di tengah jalan.

Jarak antara kamu dan dia mengalahkan cinta yang sudah lama bertahan. Benteng cinta selama bertahun-tahun yang kamu bangun akhirnya runtuh juga.

Tapi, jangan khawatir, cara-cara berikut ini bisa membantu kamu ketika menjalani hubungan jarak jauh. Yuk, simak ulasannya!

1Saling Percaya Satu Sama Lain

rizkynovitasari.wordpress.com

Saling percaya merupakan modal utama yang harus kamu dan dia miliki untuk menjalani LDR. Mengapa demikian? Itu karena kamu dan dia berada di tempat yang berbeda. Kamu tidak akan bisa memastikan sedang apa si dia di sana.

Bertemu pun tidak mungkin karena jarak terlalu jauh memisahkan. Jadi, di sinilah letak pentingnya sebuah kepercayaan.

Kuncinya, kamu dan dia harus saling jujur supaya kepercayaan tersebut tidak meluntur. Memikirkan dia boleh-boleh saja. Tapi, jangan sampai kelewatan, apalagi sampai membuat kamu terlalu resah dan curiga.

Tanamkan dan jaga rasa percaya itu sejauh apapun jaraknya.

2Setia Pada Pasanganmu

junghouse.blogspot.com

Tantangan terberat sepasang kekasih yang saling berjauhan adalah rasa sepi. Semua kegiatan yang kamu lakukan serba sendirian. Mulai dari makan, nonton atau jalan-jalan.

Namun, bukan berarti kamu membiarkan orang lain mengisi kekosongan itu ya. Lebih baik kamu melakukan kegiatan positif, seperti menekuni hobi. Kalau tidak punya hobi khusus, kamu bisa bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang tambahan.

Sekali lagi, jangan coba bermain api dengan membuka hatimu untuk orang lain selagi jauh dari pasanganmu jika ingin sukses LDR.

3Tetap Komunikasi Secara Rutin

lifehack.org

Kesibukan bukan berarti membuat kamu lupa terhadap pasanganmu. Kalau hal itu sampai terjadi, dijamin deh, tiap hari bakal adu mulut. Hasilnya, hubunganmu bisa tambah ruwet.

Sekalipun aktivitasmu seabrek, cobalah luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menyapa si dia. Kualitas komunikasi penting lho, untuk menjaga pertahanan hubungan cinta jarak jauh.

Buatlah kesepakatan antara kamu dan dia. Misalnya, buat peraturan, tiap hari minimal saling memberikan informasi tentang kegiatan hari ini atau sekedar telepon di malam hari saat kamu akan istirahat.

Berceritalah tentang apa yang kamu lakukan dari pagi hingga malam ini. Jangan sampai pasanganmu curiga gara-gara kamu tidak mengabari seharian, ya.

Kata orang, biar rasanya dekat di hati, meskipun nyatanya jauh di mata.

4Manfaatkan Waktu Senggang untuk Bertemu si Dia

keninglebar.com

Singkirkan ponsel, tab atau alat apapun yang berpotensi mengganggu waktu kebersamaanmu dengan dia. Ketika ada waktu untuk bertemu, jadikan momen tersebut sebagai momen paling romantis.

Konflik dalam hubungan memang hal biasa. Tapi, jangan sampai konflik itu membuat pertemuan kamu dan dia jadi tidak menyenangkan. Saling memaafkan adalah kunci mencegah pertengkaran.

androidcentral.com
androidcentral.com

Jika tidak sempat bertemu langsung, gunakan kecanggihan teknologi terkini. Misalnya, chatting pakai webcam atau videocall. Dengan demikian, rasa rindumu tetap tergantikan.

5Beri Kejutan Kecil Untuknya

zona-1000.blogspot.com

Kejutan kecil tidak harus datang ke tempat kekasihmu yang jauh di sana. Kamu bisa memberikan kejutan dengan cara mengirimkan kado. Misalnya saja, dia pernah bercerita ingin membeli sebuah buku. Namun, tidak bisa membeli karena harganya mahal.

Nah, cobalah kamu belikan buku tersebut dan kirimkan ke alamatnya tanpa sepengetahuannya. Dijamin deh, dia akan semakin percaya pada ketulusan cintamu.