Liburan panjang telah usai. Saat-saat bersantai di rumah atau berwisata bersama keluarga pun telah sukses dilalui.

Kamu tentu sudah menyadari bahwa waktu terus berjalan, dan liburan panjangmu telah memasuki masa kadaluarsa alias sudah habis. Hehehe.

Namun hawa malas begitu kuat menggoda, sepertinya liburan panjang masih saja kurang, dan tubuh serta hati terasa sangat berat saat menyadari bahwa hari masuk kerja atau sekolah akan segera tiba.

Tentunya rasa malas tersebut tak boleh kamu turuti, karena mau tak mau kamu harus menjalankan kewajibanmu sekolah atau bekerja dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

Nah, berikut ini adalah 5 cara mudah yang akan membantumu menghilangkan rasa malas saat akan masuk kembali bekerja atau bersekolah, setelah melalui liburan panjang.

1Membuat Daftar Persiapan

www.huffingtonpost.com

Bagi yang masih bersekolah, silahkan kamu tulis apa saja yang kamu butuhkan untuk masuk sekolah esok hari.

Dan bagi yang sudah bekerja, kamu juga perlu mendaftar ulang apa saja kebutuhanmu untuk mulai bekerja lagi besok.

Biasanya sih, setelah liburan panjang, kita akan menjadi orang pelupa mendadak, yang hampir tak ingat lagi sebenarnya kita ini membutuhkan apa saja di aktivitas rutinan tersebut.

Karena ya tentu saja, saat liburan pikiran kita hanya terfokus pada bersenang-senang menikmati liburan. Hehehe.

Dengan membuat daftar tersebut, semangat kita akan ikut kembali bangkit untuk menghadapi hari esok saat kembali beraktivitas di sekolah atau tempat kerja.

Apalagi jika hal-hal yang kita persiapkan adalah barang baru, misal buku tulis baru, tas ransel baru, bahkan laptop baru. Hmm…

2Tidur Lebih Awal

www.bacaislam.com

Jangan pernah nekad begadang saat kamu menyadari bahwa ini malam terakhir liburan panjangmu.

Karena dengan tidur sangat larut, tubuhmu esok hari akan terasa lemah, dan rasa malas akan semakin besar. Selain itu, staminamu juga akan terkuras karena begadang tersebut.

Usahakan tidur lebih awal dan kamu akan lebih mudah bangun pagi di esok hari.

3Olahraga Pagi

lighthouse-indonesia.com

Setelah kamu merasakan bahwa ini adalah pagi pertama kembali masuk sekolah atau bekerja setelah liburan panjang, jangan langsung mengeluh dan kembali tidur.

Segera bereskan tempat tidurmu dan pergilah berolahraga sejenak untuk meningkatkan semangat dan staminamu di pagi hari.

Hirup udara pagi sebanyak-banyaknya dan rasakan bahwa ternyata hari pertama masuk setelah liburan panjang itu tak semenakutkan seperti yang kamu kira sebelumnya. Hehehe.

4Sarapan Pagi

cahselo.com

Nah, setelah kamu cukup merasakan segarnya udara dan suasana pagi hari, segeralah mandi dan rapikan diri semenarik mungkin. Buat dirimu menjadi terlihat menawan dan penuh semangat.

Setelah itu jangan lupa sarapan pagi, agar staminamu tetap terjaga. Eits, jangan terlalu banyak! Jika kekenyangan kamu justru bisa menjadi ngantuk dan malas.

5Tersenyum dan Optimis

osolihin.wordpress.com

Yang terakhir, saat kamu akan melangkahkan kakimu ke tempat kerja atau sekolahanmu, pastikan kamu telah siap dengan senyum termanis dan sikap optimism yang tinggi.

Pandangi wajah dan senyummu di kaca, dan katakana pada dirimu sendiri bahwa “hari ini sangat menyenangkan”.

Jadi, siap kan untuk kembali menjalani rutinitas setelah libur panjang usai? Semoga sukses!