Kamu bahagia? Yakin?

Memang susah mendefinisikan arti kebahagiaan sesungguhnya. Apalagi perihal kebahagiaan ini memang termasuk ranah personal yang masing-masing orang menilainya secara subjektif. Konsekuensinya, kebahagiaan tidak bisa disamakan orang per orang.

Karena memang ukuran kebahagiaan seseorang tergantung dari individu orang tersebut. Ada yang bahagia walaupun hanya melakukan hal yang sepele. Namun tidak banyak juga yang menganggap bahagia adalah sesuatu yang besar dan sulit untuk diraih.

Walaupun demikian, para peneliti ini mencoba melakukan pengukuran untuk keperluan riset dengan alat ukur tertentu yang mungkin diluar dugaan kamu.

Dengan menggunakan berbagai metode dan cara yang tidak biasa, mereka membuat sebuah penelitian untuk mengukur kebahagiaan dan menetapkan ukuran kebahagiaan suatu negara.

Berikut ini lima cara mengukur kebahagiaan yang telah berhasil mereka lakukan.

1Status Twitter

bloomberg.com

Twitter merupakan salah satu media sosial yang mempunyai banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Hampir setiap orang memiliki akun jejaring sosial ini.

Atas landasan hal itulah, para peneliti dari sebuah jurnal yang bernama PLOS ONE menggunakan akun sosial media twitter dalam penelitiannya. Mereka menganalisis status twitter para netizen yang berasal dari negara bagian di Amerika.

Apakah kamu tahu apa yang mereka teliti? Tentu saja mereka melakukan penelitian untuk mengukur negera bagian manakah yan paling bahagia di Amerika.

Melalui kata-kata dan geotagging dari status para pengguna twitter. Dan hasilnya adalah Hawaii merupakan negara yang paling bahagia.

2Facebook

eciov.com

Tidak hanya twitter saja akun jejaring sosial media yang pernah digunakan sebagai bahan penelitian untuk menguji kebahagiaan. Akan tetapi juga sosial media karya seorang programer asal New York City, Mark Zuckerberg. Yakni jejaring sosial facebook.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 ini, para peneliti ini menggunakan status facebook dan emoticon yang digunakan para netizen sebagai bahan penelitian mereka, dengan menganalisis status facebook para pengguna akun sosial media ini.

Dan ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa status bahagia di beranda facebook para pengguna sosial media ini sering muncul setiap senin malam.

3Instagram

digitaltrends.com

Jika twitter dan facebook digunakan untuk mengukur kebahagiaan melalui status pada jejaring sosial media tersebut, maka berbeda dengan akun sosial media yang satu ini.

Karena memang pada dasarnya platform sosial media ini lebih dikhususkan untuk mengungah foto. Sehingga para peneliti menggunakan senyuman pada foto yang diupload pada akun instagram para netizen.

Berdasarkan hasil penelitian melalui instagram, Brazil merupakan negara paling bahagia karena banyaknya pengguna yang mengungah foto senyum mereka paling banyak daripada negara bagian yang lain.

4Gross National Happiness (GNH)

happycounts.blogspot.com

Organisasi yang didirikan pada tahun 1972 ini berfungsi untuk mengukur kebahagiaan sebagai agenda pembangunan global. Saat ini GNH digunakan sebagai standart pengukur kebahagiaan yang digunakan oleh beberapa organisasi internasional.

Dengan mempertimbangkan banyak hal untuk menganalisis kebahagiaan seseorang. Mulai dari kesehatan, pendidikan, managemen waktu, budaya, kualitas pemerintah, dan yang lainnya.

5Kronologi Kebahagiaan

kabarsinema.wordpress.com

Untuk mengukur kebahagiaan seseorang tentu saja membutukan sebuah ukuran untuk mendefinisikan kebahagiaan. Karena terlalu seringnya pengertian dan pemahaman dari bahagia yang selalu berubah-ubah, hingga melahirkan pengalaman bahagia yang berbeda juga.

Untuk itu ditetapkan ukuran untuk kebahagian melalui kronologi kebahagiaan seseorang, agar ukuran kebahagiaan menjadi terstandart.

Selain itu, sebuah kajian dalam jurnal personality and social psychologi telah meneliti definisi bahagia di lebih dari 30 negara menggunakan metode ini.