www.tipsanakbayi.com

5 Cara Pengobatan Diare Pada Bayi Secara Alami

Posted on

Mengalami sakit perut adalah hal yang tidak mengenakan. Apalagi ketika mengalami yang namanya diare. Telah kita ketahui bahwa normalnya buang air besar sebanyak satu atau dua kali sehari.

Sedangkan diare biasanya ditandai dengan buang air besar lebih sering, lebih dari tiga kali sehari. Bolak-balik ke kamar mandi adalah yang melelahkan.

Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan dehidrasi. Bagaimana dengan diare pada anak bayi?

Frekuensi normal buang air besar bayi  tentu berbeda orang dewasa. Bayi biasanya lebih sering dari orang dewasa.

Bayi usia 0 – 6 bulan (ASI) sehari 1 sampai 7 kali atau bahkan hanya 1 -2 hari sekali, sedangkan yang non ASI sehari 3 – 4 kali atau sampai hanya 1 -2 hari sekali. Pada bayi usia di atas 6 bulan biasanya 3 sampai 4 kali sehari  atau 2 hari sekali.

Diare merupakan BAB dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya. Diare pada bayi dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan benar.

Berikut beberapa solusi sederhana yang alami untuk mengobati masalah diare pada bayi.

Beri Asupan Cairan yang Mencukupi

zaskiadyameccaa.blogspot.com

Diare dapat menyebabkan dehidrasi maka dari itu sebaiknya berikan cairan secara teratur. Jika si bayi masih minum ASI maka berikan ASI secara teratur.

Oralit

caraterbarumengatasi.files.wordpress.com

Campuran air, garam, dan gula merupakan oralit. Jika bayi mengalami diare bisa dibuatkan oralit. Berikan cairan oralit pada bayi untuk menggantikan garam pada tubuh bayi yang hilang pada saat ia mengalami diare.

Berikan Makanan yang Mudah Dicerna

azumiemylilstar.files.wordpress.com

Nasi lembut, pisang, pepaya, atau bubur merupakan makanan mudah dicerna oleh bayi. Makanan tersebut dapat menjadi salah satu sumebr tenaga saat bayi mengalami diare.

Makanan yang halus dapat dengan mudah diserap usus, karena penyebab diare adalah usus tidak dapat menyerap makanan akibat dari makanan yang terlalu besar pada saluran pencernaan.

Pijat Gusi Bayi

pampidos.com

Salah satu penyebab diare terkdadang adalah rasa sakit ketika tumbuh gigi. Dalam kasus ini, berikan mainan yang aman untuk dikunyah bayi.

Atau amannya kamu dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari untuk meringankan rasa sakit tersebut.

Berikan Air

salyaku.blogspot.com

Dengan memberikan air pada bayi dapat meredakan sakit perut dan membuang gas pada perut bayi. Akan tetapi air sebaiknya diberikan untuk bayi yang usianya sudah mencapai enam bulan.

Itulah beberapa cara alami yang dapat diterapkan untuk mengobati diare pada bayi. Membutuhkan waktu 3 hari agar perut bayi menjadi normal.

Namun, jika keadaan bayi masih belum membaik dalam waktu 24 jam dan sering mengeluarkan tinja encer setiap jam segeralah bawa ke dokter.

Untuk pencegahannya sebaiknya para ibu menjaga makanan agar terhindar dari bekteri penyebab diare dan berikan makanan yang mudah dicerna oleh bayi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *