Cirebon, kota yang kini telah bermetamorfosis menjadi kota modern ini masih saja memiliki pesona wisata impian. Arus metropolis tidak sekonyong-konyong menggugurkan identitas budaya akulturasi Jawa dan Sunda di Cirebon.

Hampir tidak ada kata bosan tatkala berkunjung ke Cirebon. Banyak yang sudah pernah datang lalu datang lagi hingga puluhan kali.

Letak Kota Cirebon tergolong strategis. Dengan posisinya di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, membuat Cirebon menjadi kota yang ramai.

Tidak sedikit turis luar negeri yang tergoda pada keunikan Cirebon.

Dari sisi spiritual, Cirebon adalah mahagurunya para ilmu metafisika dan gaib di negeri ini. selain itu, kuliner empal gentong menjadi pesona tersendiri di Kota Cirebon.

Terlepas dari semua hal tersebut, Cirebon juga masih menyimpan serangkaian destinasi wisata. Sempatkan waktu untuk mampir ke tempat-tempat wisata di bawah ini, ya. Dijamin, kamu tidak akan kecewa.

Simak yuk, destinasi wisata Cirebon yang paling popular di kalangan traveler dan wisatawan.

1Ade Irma Suryani Waterland

bintang.com

Wisata Ade Irma Suryani Waterland termasuk tempat wisata baru di Cirebon. Dengan menyuguhkan dominasi wisata air, Ade Irma Suryani Waterland kini menjadi salah satu destinasi favorit.

Akses menuju ke sana sangat mudah karena terletak di pusat Kota Cirebon. Tepatnya di Jalan Diponegoro.

Ade Irma Suryani Waterland cocok untuk dijadikan destinasi rekreasi di akhir pekan bersama keluarga atau kawan-kawanmu. Panorama malam di sini tidak kalah indah dari tempat wisata lainnya.

2Bukit Gronggong

nomadentraveler.com

Ingin melihat eksotisnya senja? Bukit Gronggong menyajikan panorama cantik tatkala matahari bergulir ke peraduannya.

Saat malam tiba, titik cahaya matahari digantikan gemerlap lampu-lampu jauh di jantung Kota Cirebon.

Letak Bukit Gronggong yang berada di jalur Cirebon-Kuningan, membuat tempat ini makin banyak dikunjungi.

3Keraton Kasepuhan

kebudayaankemendikbud.go.id

Kekentalan budaya Cirebon masih terasa ketika kamu mengunjungi Keraton Kasepuhan. Merupakan satu-satunya keratin yang masih terawat dengan baik.

wikimedia.org
wikimedia.org

Sejarah Cirebon dan segala aspeknya di masa lampau bisa kamu dapatkan di Keraton Kasepuhan.

Di Keraton ini juga masih ada rajanya lho. Silsilah dari awal kerajaan berdiri sampai dengan masa kini juga terpampang lengkap di keraton.

4Gua Sunyaragi

beritadaerah.co.id

Gua Sunyaragi atau taman sari merupakan salah satu wisata andalan di Kota Cirebon. Lokasi tepatnya di Kesambi.

Konon, Gua Sunyaragi adalah tempat bertapa keluarga sultan pada zaman dahulu kala. Nuansa di Gua Sunyaragi sangat tenang dan damai. Cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari kebisingan kota.

Selain menyuguhkan wisata budaya, di Gua Sunyaragi juga punya mitos unik. Menurut kepercayaan beberapa orang, jika kamu memegang batu Perawan Sunti, kamu akan sulit mendapatkan jodoh.

Sebaliknya, di Gua Kelanggengan yang juga berada di komplek Sunyaragi, memiliki mitos enteng jodoh. Maksudnya, kalau kamu masuk ke sana, mitosnya kamu akan dimudahkan jodohnya.

Sayangnya, gua ini seringkali tergenang air jika sedang musim hujan.

5Telaga Remis

totosimandja.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan Gunung Ciremai. Tepat di kaki gunung tersebut ada sebuah telaga yang bening airnya. Namanya Telaga Remis.

Kata Remis berasal dari kata remis yang artinya kerang berwarna kuning. Dinamakan Remis karena di sekitar telaga banyak kerang kuning yang hidup.

Sejuk, nyaman, tenang, dan rindang, itulah kesan suasana di Telaga Remis. Kejernihan airnya menggoda hati agar tidak segera beranjak. Naungan hutan di sekitar telaga membawa nuansa damai tiada duanya.

Itulah tadi serangkaian destinasi wisata di Cirebon yang cukup memikat hati para traveler dan wisatawan. Sangat direkomendasikan sekali untuk kamu jadikan melengangkan kejenuhan mata.