Kata diet biasanya sangat identik dengan sosok perempuan, keinginan langsing, dan mengurangi makan. Di masyarakat Indonesia bahkan dunia, keidentikan ini terlanjur mengena di masing-masing personal.

Padahal sebenarnya makna diet itu tak hanya sekedar mengurangi asupan makanan atau menguruskan badan saja.

Ada beberapa macam diet yang dilakukan untuk proses penyembuhan atau pencegahan suatu penyakit tertentu, baik yang stadium ringan sampai yang tingkat sangat berbahaya.

Nah, bagi kamu yang masih beranggapan bahwa diet adalah cara mudah mengurangi berat badan dan caranya adalah dengan mengurangi makan nasi, baca deh 5 fakta tentang diet berikut ini.

1Diet Tak Selalu Tentang Keinginan Kurus

id.wikihow.com

Memang banyak orang melakukan diet, maksudnya diet lemak, atau mengurangi makanan mengandung lemak berlebih, demi menjaga kesehatan tubuh agar tidak obesitas atau kegemukan.

Karena memang obesitas atau kegemukan adalah sumber awal dari kondisi dimana penyakit sangat rawan datang dan menyerang tubuh.

Lemak yang terlalu banyak bagi tubuh juga tidak baik, karena lemak jahat atau LDL malah justru bisa menjadi penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Jadi memang sebenarnya diet lemak sendiri tak hanya tentang masalah kurus, tapi lebih menjaga tubuh dari terlalu banyak mengkonsumsi lemak, apalagi lemak yang LDL.

2Diet Tak Selalu Tentang ‘Lemak’

www.sciencenutshell.com

Kalau di poin awal dibahas tentang diet lemak, nah di poin kedua ini, fakta diet berikutnya ternyata tak hanya tentang bagaimana cara mengurangi asupan lemak dalam tubuh.

Namun ada juga diet rendah kalori, bagi para penderita diabetes. Kemudian ada juga diet rendah garam bagi penderita hipertensi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sehingga memang diet itu tak hanya melulu soal ‘lemak’, namun juga beberapa zat gizi lain yang jika banyak dikonsumsi tubuh ternyata dapat membuat seseorang intoleran atau mengalami penolakan.

3Diet Golongan Darah Bagi Kesehatan

www.asliindonesia.net

Nah, untuk diet ternyata bisa disesuaikan dengan golongan darahmu lho! Dan hal ini jauh lebih membuatmu terstruktur dalam menjaga pola makan yang baik.

Salah satu langkah dalam menjalankan pola hidup sehat adalah dengan melakukan pola makan yang sehat.

Karena dengan pola makan sehat, tubuh kita akan lebih banyak menerima asupan gizi seimbang, sehingga kondisi tubuh tetap prima dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4Diet Itu Tentang Imunitas

www.penabiru.com

Selain sebagai sarana menjaga kesehatan, terapi penyembuhan, mengurangi berat badan berlebih atau obesitas, diet juga bisa dikaitkan dengan imunitas, atau pertahanan tubuh melawan penyakit.

Diet tertentu, dengan banyak mengkonsumsi suatu makanan yang kaya akan zat gizi tertentu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Misal bagi seseorang yang baru sembuh dari sakit, disarankan oleh dokter banyak mengkonsumsi vitamin C dan B Kompleks sebagai pertahanan tubuh. Itu juga termasuk diet.

Dalam artian diet dengan mengkonsumsi suatu makanan tertentu dalam jumlah sedikit banyak, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Bisa juga diet imunitas ini dikaitkan dengan suplemen makanan.

5Jadi Memang Diet Itu Bukan Asal Tidak Makan Nasi

www.allianz.co.id

Dan sehingga memang benar, bahwa anggapan diet adalah sama sekali tak makan nasi adalah salah besar!

Karena sumber karbohidrat yang besar adalah dari nasi. Nah untuk mengurangi berat bada, bisa disiasati dengan mengurangi takaran nasi, atau hanya makan nasi saat siang hari saja.

Bisa juga nasi putih diganti dengan nasi merah yang berasal dari beras merah. Intinya memang tetap diusahakan selalu makan nasi, karena itulah sumber kalori bagi tubuh manusia.

Dengan 5 poin tersebut, semoga bisa membuka mata kita, dan membuat kita semua kembali merubah pola pikir tentang diet yang selama ini banyak kelirunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here